Tuesday , July 11 2023
Home / News / Info / Daftar Gerbang Tol Yang Menerapkan Transaksi Non Tunai Mulai Oktober Ini

Daftar Gerbang Tol Yang Menerapkan Transaksi Non Tunai Mulai Oktober Ini

Seperti di artikel kami sebelumnya berjudul Mulai Oktober 2017, Seluruh Gerbang Tol di Indonesia Non-Tunai, PT Jasa Marga mengatakan bahwa peralatan Jasa Marga sudah siap 100%. Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, mengatakan bahwa kesiapan tersebut terlihat dari sudah berlakunya transaksi nontunai di gardu manual di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga.

Sosialisasi pemberlakuan transaksi non tunai ini sudah dilakukan sejak lama, terutama saat mudik 2017 kemarin dengan cara memberikan potongan harga pada saat puncak arus mudik dan arus balik. Dari promosi tersebut, diketahui bahwa transaksi non tunai naik sebanyak lima persen, tadinya 28% sekarang menjadi 33%.

Karena itulah, mulai Oktober 2017, pemerintah akan memberlakukan sistem transaksi nontunai di seluruh gerbang tol yang ada. Hal ini untuk mengurangi tingkat kemacetan yang sering terjadi karena imbas transaksi di pintu tol.

Sejauh ini baru 21 gerbang tol dari delapan ruas tol yang telah memberlakukan sistem pembayaran non tunai, yaitu: Cawang-Tangerang-Cengkareng (GT Cengakreng, GT Cililitan, GT Meruya, GT Halim, GT Kapuk dan GT Tangerang 1 dan 2), GT Bekasi Barat 1 di ruas Tol Jakarta-Cikampek, serta Pondok Rani arah Serpong dan Jakarta di ruas Tol Pondok Aren-Ulujami.

Selanjutnya ruas Jagorawi di GT Cibubur 1 dan 2; Bogor Ring Road di GT Sentul Barat; serta ruas Tangerang-Merak meliputi GT Cikupa 1, GT Balaraja Timur, GT Ciujung, GT Serang Barat, GT Cilegon Timur, GT Cilegon Barat, dan GT Merak.

Terakhir, Makassar Seksi IV pada GT Cambaya dan GT Kaluku Bodoa; serta JORR W2 U di GT Meruya Utama 1.
Rencananya pada Oktober mendatang akan ada 18 GT lain yang juga menerapkan sistem transaksi non tunai. Jumlah tersebut berasal dari empat ruas tol, yaitu JORR S (GT Dukuh 1, GT Pasar Rebo, GT Lenteng Agung 2, GT Fatmawati 2 dan GT Pondok Pinang), lalu ruas tol JORR W2 U (GT Meruya Utama 3, GT Meruya Utara 3, GT Meruya Selatan 1, GT Meuya Selatan 2, GT Joglo 1, GT Joglo 2, GT Ciledug 1, dan GT Ciledug 2), sedangkan ruas Tangerang-Merak, seluruh GT akan memberlakukan sistem transaksi non tunai.

Terakhir, ruas tol Semarang-Solo Seksi I dan II yang meliputi kantor GT Banyumanik, kantor GT Bawen, GT Ungaran dan GT Salatiga.

Rencananya, PT Jasa Marga akan mengimplementasikan konsep pembayaran non tunai di seluruh gerbang yang dikelolanya pada akhir tahun 2017 ini. Ini untuk mengikuti proyeksi Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI dan Bank Indonesia untuk merealisasikan cashless payment di semua ruas jalan tol di Indonesia.

Mulai tahun depan, tidak ada lagi pembayaran tunai di pintu tol. Sisa beberapa bulan ke depan ini akan dilakukan Jasa Marga untuk lebih menggencarkan sosialisasi sistem pembayaran non tunai di jalan tol ke masyarakat.

Ingin jual, beli, atau sewa apartemen? Buka saja Rukamen!

Sumber: Kompas Properti dan Tribun News

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *