Rukamen Blog https://www.rukamen.com/blog Apartemen Things in Indonesia Wed, 21 Feb 2018 11:09:43 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.7.3 https://www.rukamen.com/blog/wp-content/plugins/squirrly-seo/themes/default/css/sq_feed.css Pembangunan Proyek MRT dan LRT Dihentikan Sementara https://www.rukamen.com/blog/pembangunan-proyek-mrt-dan-lrt-dihentikan-sementara/ https://www.rukamen.com/blog/pembangunan-proyek-mrt-dan-lrt-dihentikan-sementara/#respond Wed, 21 Feb 2018 11:09:43 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8686 Pembangunan Proyek MRT dan LRT Dihentikan Sementara Pemerintah melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk menghentikan semua proyek infrastruktur layang yang memerlukan pekerjaan dengan beban berat, seperti pemasangan girder dan pilar (pierhead). Proyek-proyek yang diberhentikan antara lain jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated, Trans Jawa, Tol Trans Sumatera, tol di Sulawesi, tol di Kalimantan, jembatan panjang, MRT, dan LRT. Penghentian ini merupakan …]]> Pembangunan Proyek MRT dan LRT Dihentikan Sementara

Pemerintah melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk menghentikan semua proyek infrastruktur layang yang memerlukan pekerjaan dengan beban berat, seperti pemasangan girder dan pilar (pierhead). Proyek-proyek yang diberhentikan antara lain jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated, Trans Jawa, Tol Trans Sumatera, tol di Sulawesi, tol di Kalimantan, jembatan panjang, MRT, dan LRT.

Penghentian ini merupakan perintah Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi proyek-proyek karena maraknya kecelakaan kerja yang terjadi akhir-akhir ini. Perhentian berlaku mulai kemarin, hari Selasa tanggal 20 Februari 2018. Menteri PUPR, Basuki, menjamin, walaupun diberhentikan, pelaksanaan proyek ini tidak akan mengganggu penyelesaian proyek-proyek tersebut.

Terhadap pembekuan sementara, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar dan Direktur Utama PT Adhi Karya, Budi Harto menanggapinya dengan positif. Mereka menganggap pemberhentian ini bisa dimanfaatkan untuk menyempurnakan sistem kerja.

Baca juga:  Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated Beroperasi Tahun 2019

Kementerian PUPR telah menunjuk konsultan independen yang akan mengevaluasi proyek infrastruktur layang. Hasil evaluasi nantinya akan diserahkan ke Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) untuk diteliti kembali bersama Direktorat Jenderal Bina Marga. Evaluasi ini dilakukan untuk memastikan proyek akan jalan lagi atau tidak.

Perhentian sementara ini bukan moratorium pembangunan infrastruktur, melainkan penghentian sementara pekerjaan yang ada di atas permukaan tanah. Karena itulah, pihak Adhi Karya masih fokus menggarap proyek di bawah tanah yang masih diijinkan pemerintah.

Setelah semuanya selesai, hasil evaluasi akan diserahkan kepada end user, artinya bila proyek berada di bawah koordinasi Kementerian BUMN, maka hasil rekomendasi akan diserahkan ke Menteri BUMN, Rini M Soemarno, untuk ditindaklanjuti. Jika proyek berada di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan, hasil rekomendasi akan diserahkan ke Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga: 3 Apartemen Dekat MRT di Jakarta

 

]]>
https://www.rukamen.com/blog/pembangunan-proyek-mrt-dan-lrt-dihentikan-sementara/feed/ 0
WNI Yang Tinggal di Luar Negeri Bisa Mengajukan KPR https://www.rukamen.com/blog/wni-yang-tinggal-di-luar-negeri-bisa-mengajukan-kpr/ https://www.rukamen.com/blog/wni-yang-tinggal-di-luar-negeri-bisa-mengajukan-kpr/#respond Tue, 20 Feb 2018 10:00:56 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8673 WNI Yang Tinggal di Luar Negeri Bisa Mengajukan KPR Sampai sekarang, investasi properti masih menjadi salah satu instrumen yang dipilih karena dinilai menjadi salah satu yang paling menguntungkan. Bahkan, dengan kondisi ekonomi paling sulit, properti akan tetap menjadi barang yang harganya sulit jatuh. Bahkan, harga properti sering mengalami kenaikan signifikan, terlebih jika properti tersebut berada di kawasan sunrise, atau sedang berkembang. Inilah yang menyebabkan Warga Negara …]]> WNI Yang Tinggal di Luar Negeri Bisa Mengajukan KPR

Sampai sekarang, investasi properti masih menjadi salah satu instrumen yang dipilih karena dinilai menjadi salah satu yang paling menguntungkan. Bahkan, dengan kondisi ekonomi paling sulit, properti akan tetap menjadi barang yang harganya sulit jatuh.

Bahkan, harga properti sering mengalami kenaikan signifikan, terlebih jika properti tersebut berada di kawasan sunrise, atau sedang berkembang. Inilah yang menyebabkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di luar negeri tetap memilih properti sebagai bentuk investasi idaman.

Sebenarnya, bisakan WNI yang bermukim di luar negri bisa membeli properti dengan menggunakan fasilitas KPR di Indonesia?

Selama masih berstatus WNI dan belum pernah berpindah kewarganegaraan, investasi properti bisa dilakukan, asal memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan bank-bank peneydia KPR di Indonesia.

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang harus dimiliki WNI yang tinggal di luar negeri dan ingin menggunakan fasilitas KPR:

  • Fotokopi KTP Suami/Istri
  • Fotokopi Kartu keluarga (C1) dan Surat Nikah
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Pas foto Suami/Istri ukuran 3×4 cm
  • Copy SK Terakhir/Surat keterangan kerja Asli
  • Copy Buku Tabungan/Rekening Koran 3 bulan terakhir
  • Slip Gaji (asli, dengan stempel kantor/perusahaan)
  • Surat Keterangan Penghasilan (jika diperlukan)

Setelah syarat mengajukan KPR serta dokumen telah dilengkapi dan telah diberikan kepada pihak bank yang Anda pilih untuk mengajukan KPR, bank akan melakukan pengecekan kelayakan pengajuan KPR Anda. Jika KPR Anda disetujui, maka tahap selanjutnya adalah tahap akad. Pada tahap akad, maka pemohon akan diwajibkan melakukan hal-hal berikut:

  • Melunasi BPHTB (Bea Peralihan Hak Atas Tanah dan Bangunan) 5% dari harga jual rumah.
  • membayar asuransi
  • Provisi Kredit
  • Membayar asuransi properti
  • Membayar biaya notaris untuk pengikatan jual beli

Baca juga: Inilah Syarat Mengajukan KPR Wajib Diketahui

]]>
https://www.rukamen.com/blog/wni-yang-tinggal-di-luar-negeri-bisa-mengajukan-kpr/feed/ 0
Hasil Survei Bank Indonesia: Harga Rumah Akan Terus Naik Tahun Ini https://www.rukamen.com/blog/hasil-survei-bank-indonesia-harga-rumah-akan-terus-naik-tahun-ini/ https://www.rukamen.com/blog/hasil-survei-bank-indonesia-harga-rumah-akan-terus-naik-tahun-ini/#respond Mon, 19 Feb 2018 09:52:20 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8655 Hasil Survei Bank Indonesia: Harga Rumah Akan Terus Naik Tahun Ini Bank Indonesia mengeluarkan hasil Survei Harga Properti Residensial Kuartal IV 2017 akhir minggu lalu. Dalam survei tersebut, dinyatakan bahwa kenaikan harga rumah akan terus berlanjut di kuartal pertama tahun ini. Menurut survei tersebut, indeks harga properti residensial pada kuartal IV 2017 naik 0,55% dibanding kuartal sebelumnya. Di kuartal pertama 2018, diperkirakan kenaikan per kuartal (qtq) akan …]]> Hasil Survei Bank Indonesia: Harga Rumah Akan Terus Naik Tahun Ini

Bank Indonesia mengeluarkan hasil Survei Harga Properti Residensial Kuartal IV 2017 akhir minggu lalu. Dalam survei tersebut, dinyatakan bahwa kenaikan harga rumah akan terus berlanjut di kuartal pertama tahun ini.

Menurut survei tersebut, indeks harga properti residensial pada kuartal IV 2017 naik 0,55% dibanding kuartal sebelumnya. Di kuartal pertama 2018, diperkirakan kenaikan per kuartal (qtq) akan terjadi lebih tinggi, yaitu 0,72 persen.

Meski demikian, kenaikan indeks harga per kuartal itu tetap masih lebih rendah dibanding kenaikan yang terjadi antara kuartal IV 2016 dengan kuartal I 2017 yang mencapai 1,23%. Pada saat itu, kenaikan terbesar terjadi pada tipe rumah kecil (1,84%) sedangkan pada kuartal ini kenaikan harga terbesar terjadi pada rumah tipe menengah (0,79%). Sementara, kenaikan harga rumah tipe kecil di kuartal akhir 2017 justru melambat 0,43% dibanding kenaikan di kuartal sebelumnya yang 0,61%.

Bank Indonesia memproyeksikan kenaikan kuartal pertama 2018 akan terjadi kenaikan terbesar pada tipe rumah kecil, yaitu 1,22%. Harga rumah tipe besar juga diproyeksikan akan naik, tapi hanya 0,52%, sedangkan rumah menengah kenaikannya melambat menjadi 0,42%.

Melihat grafik pertumbuhan harga secara tahunan (yoy), tren peningkatan kenaikan harga sudah terjadi. Penurunan yang terjadi sejak akhir kuartal III 2013 sudah mencapai titik terendah di kuartal akhir 2016, walaupun kenaikan harga juga masih cukup lambat.

Tren peningkatan pertumbuhan penjualan juga sudah terlihat pada kwartal akhir 2017, tercatat 3,05 persen (qtq). Sementara itu,p ada kuartal sebelumnya, penjualan cenderung terus menurun, walaupun sepanjang 2016 sudah terlihat kenaikan dimana pada kuartal IV 2016 sempat mencapai 5,06 persen (qtq). Secara umum, pertumbuhan penjualan rumah tersebut juga masih di bawah rata-rata pertumbuhan dalam tiga tahun terakhir (mencapai sembilan persen).

Survei juga memperlihatkan bahwa faktor penghambat pertumbuhan penjualan masih sama: bunga KPR yang tinggi, besarnya persyaratan uang muka, pajak, pengurusan izin yang lama, dan kenaikan harga bangunan. Suku bunga KPR rata-rata pada kuartal IV 2017 tercatat 9,64% hingga 12,52%, lebih tinggi dibanding kuartal IV 2016 yang 8%-12%.

Meskipun bunganya masih tinggi, mayoritas konsumen (sebanyak 75,93%) masih memanfaatkan KPR sebagai sumber pembiayaan pembelian rumah. Cara bayar tunai bertahap yang makin panjang tenornya dari developer juga menjadi alternatif cara bayar bagi konsumen, mencapai 16,77%.

Baca juga: Riset Suplai Apartemen Tahun 2017 Berdasarkan Colliers International Indonesia

Sumber: Housing Estate

]]>
https://www.rukamen.com/blog/hasil-survei-bank-indonesia-harga-rumah-akan-terus-naik-tahun-ini/feed/ 0
Rumah Terkecil di Dunia Dengan Luas 7 Meter Persegi https://www.rukamen.com/blog/rumah-terkecil-di-dunia-dengan-luas-7-meter-persegi/ https://www.rukamen.com/blog/rumah-terkecil-di-dunia-dengan-luas-7-meter-persegi/#respond Sun, 18 Feb 2018 06:05:16 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8640 Rumah Terkecil di Dunia Dengan Luas 7 Meter Persegi Penasaran dengan rumah paling kecil di dunia? Rumah di Boston dengan luas 7 meter persegi yang dibangun oelh Jeff Smith, seorang pematung dan pembuat film ini bisa memberikan Anda sebuah ide. Ia sudah lama membayangkan rumah terkecil di dunia. Meskipun tidak mungkin ada orang yang bisa tinggal di rumah mungil seperti ini selamanya, Jeff berharap …]]> Rumah Terkecil di Dunia Dengan Luas 7 Meter Persegi

Penasaran dengan rumah paling kecil di dunia? Rumah di Boston dengan luas 7 meter persegi yang dibangun oelh Jeff Smith, seorang pematung dan pembuat film ini bisa memberikan Anda sebuah ide. Ia sudah lama membayangkan rumah terkecil di dunia. Meskipun tidak mungkin ada orang yang bisa tinggal di rumah mungil seperti ini selamanya, Jeff berharap orang bisa mencoba merasakannya sekali-sekali.

Rumah ini memiliki roda di bagian bawahnya sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan. Rumah ini hanya memiliki ukuran 2×1 meter ini benar-benar dibuat sekecil mungkin agar mudah transportasinya. Tinggi atapnya hanya cukup untuk orang duduk di dalamnya.

Di dalam rumah, terdapat sebuah ruangan tanpa sekat yang dibuat dari bahan daur ulang. Selain itu terdapat wastafel dan toilet. Sebagai tempat tidur, Anda bisa memanfaatkan lantai rumah tersebut, tinggal menggunakan selimut dan bantal.

Fitur rumah yang menarik adalah bahwa atapnya bisa dibuka. Jika ingin merasakan sinar matahari, maka Anda bisa membuka atap tersebut, tetapi jika ingin privasi, Anda tinggal menutup atap tersebut.

Meski bentuknya seperti peti mati futuristik, rumah ini terdapat kamar mandi. Anda tinggal menarik tutupnya ke atas dan menyalakan air yang akan menyeprotkannya ke seluruh tubuh Anda. Tapi, Anda tidak bisa mandi lama-lama karena air yang tersedia hanya 1 liter.

Warna hijau di bagian eksterior digunakan agar rumah terlihat lebih segar dan alami. Tertarik untuk mencoba menginap di rumah terkecil di dunia ini?

Baca juga: Apartemen Mikro Pertama di New York

Sumber: Realtor.com

]]>
https://www.rukamen.com/blog/rumah-terkecil-di-dunia-dengan-luas-7-meter-persegi/feed/ 0
Melihat Ke Dalam Rumah LeBron James di LA https://www.rukamen.com/blog/melihat-ke-dalam-rumah-lebron-james-di-la/ https://www.rukamen.com/blog/melihat-ke-dalam-rumah-lebron-james-di-la/#respond Sat, 17 Feb 2018 05:38:53 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8609 Melihat Ke Dalam Rumah LeBron James di LA Salah satu pemain basket terbaik dunia yang sekarang sedang bermain untuk Ohio, LeBron James baru saja membeli sebuah rumah di Los Angeles seharga $23 juta (Rp 314 miliar). Rumah tiga lantai di area Brentwood ini baru selesai dibangun. Dengan total luas 1.472 meter persegi, rumah ini dilapisi dengan keramik marmer putih. Rumah ini memiliki delapan …]]> Melihat Ke Dalam Rumah LeBron James di LA

Salah satu pemain basket terbaik dunia yang sekarang sedang bermain untuk Ohio, LeBron James baru saja membeli sebuah rumah di Los Angeles seharga $23 juta (Rp 314 miliar). Rumah tiga lantai di area Brentwood ini baru selesai dibangun.

Dengan total luas 1.472 meter persegi, rumah ini dilapisi dengan keramik marmer putih. Rumah ini memiliki delapan kamar tidur, dimana empat dari delapan tersebut memiliki kamar mandi di dalam. Fasilitas mewah lainnya antara lain teater, ruang pijat, gym, garasi mewah yang bernama galeri auto, sauna, ruangan wine, dan ruangan cerutu. Teras atapnya memperlihatkan taman dan kolam renang yang bisa dicapai dengan menggunakan lift.

Mari lihat ke dalam rumah mewah ini


Baca juga: Melihat Ke Dalam Apartemen NY Yang Disewa Leonardo Di Caprio

Sumber: Time

Foto: Trulia

]]>
https://www.rukamen.com/blog/melihat-ke-dalam-rumah-lebron-james-di-la/feed/ 0
Pasangan Ini Tinggal Bersama Bayi di Rumah 19 Meter Persegi https://www.rukamen.com/blog/pasangan-ini-tinggal-bersama-bayi-di-rumah-19-meter-persegi/ https://www.rukamen.com/blog/pasangan-ini-tinggal-bersama-bayi-di-rumah-19-meter-persegi/#respond Fri, 16 Feb 2018 07:45:19 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8626

Bagaimana rasanya tinggal di apartemen dengan luas hanya 19 meter persegi dengan seorang anak bayi? Samantha dan Robert Garlow dari SHEDsistence mencobanya dan membagikan cerita mereka. Setelah membangun dan merancang rumah mungil mereka di Yakima, Washington, Amerika Serikat, pasangan ini pindah ke rumah tersebut dengan kucing mereka pada awal tahun 2016.

Tahun lalu akhirnya mereka mendapatkan seorang anak bernama Aubrin dan memutuskan untuk tetap tinggal di rumah mungil tersebut. Mereka melakukan renovasi rumah kecil mereka selama 14 bulan lebih, dengan bekerja kebanyakan pada akhir minggu, dan kemudian mereka pindah kembali pada 31 Januari 2016.

Rumah berukuran panjang 7,3 meter dan lebar 2,6 meter dan tinggi 4,1 meter ini memiliki ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan sebuah loft yang berisi tempat tidur pasanfan dan bayi. Tangga untuk menuju ke loft difungsikan sebagai tempat penyimpanan, dan mereka juga memiliki sebuah ruang gudang di bagian depan rumah dengan ukuran 2,2 meter.

Menurut mereka, desain yang bagus membuat banyak perbedaan. Desain yang kustom dan hati-hati, dibuat menurut ergonomikal penghuninya, keperluan, dan estetika sangat penting agar rumah kecil bisa berfungsi secara penuh bagi sebuah keluarga. Pastikan semuanya memiliki tempatnya dan fungsinya.

Nasehat yang diberikan oleh pasangan ini adalah bahwa Anda harus berkomitmen dalam mencari sesuatu yang baru. Rumah mungil memiliki banyak hack atau rahasia yang memudahkan hidup Anda. Mereka juga merekomendasikan agar Anda memilih desain yang dibuat secara khusus untuk rumah dan hidup Anda. Jika mungkin, bangun rumah tersebut sendiri, karena selain menghemat banyak uang, Anda mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru selama proses berlangsung.

Mari melihat ke dalam rumah mungil ini

Baca juga: Apartemen Mikro di London oleh Arsitek CIAO

Sumber: Inhabitat

]]>
https://www.rukamen.com/blog/pasangan-ini-tinggal-bersama-bayi-di-rumah-19-meter-persegi/feed/ 0
Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang https://www.rukamen.com/blog/keuntungan-mencicil-langsung-ke-pengembang/ https://www.rukamen.com/blog/keuntungan-mencicil-langsung-ke-pengembang/#respond Thu, 15 Feb 2018 07:46:38 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8638 Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang Apakah Anda berniat untuk membeli properti baru dengan cara mencicil langsung ke pengambang tanpa perantaraan bank? Apa saja keuntungannya dan bagaimana agar tetap aman dalam mencicilnya? Berikut ini penjelasannya. Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang Tidak memerlukan DP Karena mencicil langsung ke pengembang, Anda hanya perlu membayar booking fee sebagai tanda keseriusan Anda dalam membeli unit tersebut Tidak …]]> Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang

Apakah Anda berniat untuk membeli properti baru dengan cara mencicil langsung ke pengambang tanpa perantaraan bank? Apa saja keuntungannya dan bagaimana agar tetap aman dalam mencicilnya? Berikut ini penjelasannya.

Keuntungan Mencicil Langsung ke Pengembang

  1. Tidak memerlukan DP
    Karena mencicil langsung ke pengembang, Anda hanya perlu membayar booking fee sebagai tanda keseriusan Anda dalam membeli unit tersebut
  2. Tidak ada bunga
    Tanpa perantaraan bank, artinya cicilan tidak dikenakan bunga. Ingatlah bahwa developer bukanlah bank, karena itu mereka dilarang memungut bunga.
  3. Proses lebih cepat dan mudah
    Dengan mencicil ke pengembang, maka yang dilibatkan hanya pembeli dan pengembang saja. Ini artinya prosedurnya juga lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu mengikuti proses screening dll karena tidak melibatkan pihak ketiga.
  4. Lebih hemat biaya
    Jika menggunakan cicilan KPR, Anda akan dikenakan biaya-biaya tambahan selain bunga dan cicilan itu sendiri, mulai dari biaya provisi, biaya survei, biaya appraisal, dll. Dengan mencicil langsung ke pengembang, Anda tidak dikenakan biaya apapun.
  5. Bisa menegosiasikan jangka waktu cicilan
    Anda bisa mendapatkan jangka cicilan lebih panjang jika Anda mau bernegosiasi. Mencicil ke pengembang berarti Anda seperti ‘mengontrak’ unit properti tersebut ke pengembang dalam jangka waktu pendek. Ketika angsuran selesai, maka rumah tersebut menjadi hak milik Anda dan sertifikatnya juga langsung diberikan. Dalam proses mencicil langsung ke pengembang, biasanya proses serah-terima rumah bisa dilakukan setelah pembayarannya sudah di atas 80% dari harga rumah.

Tips Aman Mencicil Langsung ke Pengembang

Berikut ini adalah tips aman kredit rumah tanpa perantaraan bank dan langsung ke pengembang:

  1. Komunikasikan semua kesepakatan Anda dengan pengembang, terutama mengenai kejelasan serah terima rumah. Bila perlu, cantumkan poin tersebut dalam Perjanjian Jual Beli yang disahkan notaris. Ini agar Anda memiliki jaminan hukum bahwa unit properti yang Anda beli bisa segera Anda gunakan.
  2. Sebagai tanda jadi, pengembang akan meminta Anda untuk membayar booking fee, tetapi di beberapa kondisi pengembang mensyaratkan Anda membayar uang muka yang besarannya bisa dinegosiasikan.

Baca juga: Cara Memilih Jangka Waktu KPR Yang Tepat Untuk Anda

]]>
https://www.rukamen.com/blog/keuntungan-mencicil-langsung-ke-pengembang/feed/ 0
Tips Membersihkan Lemari Baju Dalam Satu Jam https://www.rukamen.com/blog/tips-membersihkan-lemari-baju-dalam-satu-jam/ https://www.rukamen.com/blog/tips-membersihkan-lemari-baju-dalam-satu-jam/#respond Wed, 14 Feb 2018 10:47:52 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8575 Tips Membersihkan Lemari Baju Dalam Satu Jam Apakah resolusi tahun baru Anda ingin rumah selalu rapi? Salah satu cara untuk mencapai resolusi tersebut adalah dengan cara melakukan sistem mikro-solusi, yaitu melakukan perubahan-perubahan kecil yang bisa dilakukan selama setahun. Daripada membersihkan rumah dalam satu hari, cobalah gunakan sistem baru dengan cara menjadi lebih terorganisir di rumah. Salah satunya adalah membersihkan lemari baju dalam …]]> Tips Membersihkan Lemari Baju Dalam Satu Jam

Apakah resolusi tahun baru Anda ingin rumah selalu rapi? Salah satu cara untuk mencapai resolusi tersebut adalah dengan cara melakukan sistem mikro-solusi, yaitu melakukan perubahan-perubahan kecil yang bisa dilakukan selama setahun. Daripada membersihkan rumah dalam satu hari, cobalah gunakan sistem baru dengan cara menjadi lebih terorganisir di rumah. Salah satunya adalah membersihkan lemari baju dalam satu jam.

Berikut ini adalah salah satu tips dari situs HGTV dalam membersihkan lemari baju dalam satu jam hanya dalam tiga tahap mudah

Menit ke satu hingga 15

Gunakan 15 menit pertama dalam proses bersih-bersih Anda untuk mengeluarkan semua barangyang ada di lemari Anda. Pisahkan baju-baju, sepatu, tas, dan koper di tumpukan-tumpukan berbeda. Jangan panik jika Anda melihat kamar Anda menjadi berantakan dengan barang-barang berserakan dimana-mana

Menit ke 15 hingga 45

Tahap kedua adalah untuk mengambil tiga kantong besar agar Anda bisa memisahkan barang-barang yang akan disumbangkan, barang yang akan dibuang, dan barang-barang yang masih dalam pertimbangan. Cara mudah adalah dengan cara memisahkan barang-barang yang masih ingin Anda simpan dari tumpukan-tumpukan yang berantakan itu. Lalu, lihat sisa barang-barangnya, cari yang masih layak digunakan tetapi sudah tidak Anda perlukan lagi, masukkan ke kantong donasi.

Lalu, ambil barang-barang yang sudah tidak layak pakai, masukkan ke dalam kantong yang akan dibuang atau di recycle. Sisanya masukkan ke kantong ketiga, yaitu kantong dimana Anda masih ingin mempertimbangkannya. Jika dalam satu bulan Anda masih memikirkan barang yang ada di kantong tersebut, maka Anda bisa menggunakan kembali, tapi jika tidak, donasikan barang-barang tersebut.

Menit ke 45 hingga 60

Proses membersihkan lemari baju Anda hampir selesai. Waktunya untuk memasukkan kembali semua barang-barang yang Anda akan simpan ke dalam lemari. Mulailah dari barang-barang yang bisa diletakkan di rak-rak, baru gantung barang-barang yang bisa digantung.

Terakhir, letakkan barang-barang yang Anda masih belum yakin di lokasi yang tersembunyi dan putuskan waktu untuk menyumbangnya.

Sumber: HGTV

]]>
https://www.rukamen.com/blog/tips-membersihkan-lemari-baju-dalam-satu-jam/feed/ 0
Ini Dia Lima Pengembang Terkaya di Indonesia https://www.rukamen.com/blog/ini-dia-lima-pengembang-terkaya-di-indonesia/ https://www.rukamen.com/blog/ini-dia-lima-pengembang-terkaya-di-indonesia/#respond Tue, 13 Feb 2018 13:47:59 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8585 Ini Dia Lima Pengembang Terkaya di Indonesia Sekarang ini banyak sekali pengembang baru yang muncul di tanah air. Kompas berusaha mencari nilai kapitalisasi pasar para pengembang papan atas sekaligus melakukan perbandingan pencapaian mereka tahun 2017. Berikut ini adalah daftar pengembang yang memiliki nilai kapitalisasi terbesar di Indonesia menurut Kompas. Tapi perlu diketahui, karena dua tahun terakhir ini sektor properti mengalami perlambatan, hanya …]]> Ini Dia Lima Pengembang Terkaya di Indonesia

Sekarang ini banyak sekali pengembang baru yang muncul di tanah air. Kompas berusaha mencari nilai kapitalisasi pasar para pengembang papan atas sekaligus melakukan perbandingan pencapaian mereka tahun 2017.

Berikut ini adalah daftar pengembang yang memiliki nilai kapitalisasi terbesar di Indonesia menurut Kompas. Tapi perlu diketahui, karena dua tahun terakhir ini sektor properti mengalami perlambatan, hanya satu dari lima pengembang yang mampu meningkatkan kapitalisasinya.

1. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

Di tahun 2017, PT Bumi Serpong Damai mencatatkan nilai kapitalisasi Rp 34,06 triliun. Jika dibandingkan dengan Januari 2017, nilai ini mengalami penurunan meskipun tidak terlalu signifikan, yaitu Rp 1,3 triliun. Berdasarkan nilai kapitalisasi ini, PT Bumi Serpong Damai Tbk merupakan pengembang terkaya di Indonesia.

PT BSDE memiliki berbagai proyek perumahan, area komersial, dan pusat pameran ICE (Indonesia Convention and Exhibition) yang berskala internasional. Tidak hanya di Serpong, BSDE juga memiliki proyek yang tersebar di Surabaya, Semarang, Balikpapan, dan Batam.

2. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

PWON merupakan satu-satunya pengembang nasional yang mengalami peningkatan nilai kapitalisasi di dalam daftar ini. Tahun lalu, kapitalisasinya sebesar Rp 28.18 triliun dan saat ini meningkat menjadi Rp 32,03 triliun.

PWON memiliki banyak proyek properti, mulai dari ritel, residensial, komersial, dan rumah sakit yang tersebar di Jakarta dan Surabaya.

3. PT Ciputra Development Tbk (CTRA)

CTRA juga tercatat memiliki penurunan nilai kapitalisasi. Tahun ini, CTRA memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp 23,38 triliun sedangkan tahun lalu berada di angka Rp 24,5 triliun.

Saat ini, CTRA banyak menggarap proyek kelas menengah bahkan menengah ke bawah. Salah satu proyek tersebut adalah Citra Maja Raya yang telah dilansir sejak 2014. Untuk kelas menengah, CTRA sedang memasarkan CitraLand Cibubur dengan bekerjasama dengan PT Panasia Griya Mekarasri.

4. PT Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Summarecon mengalami penurunan nilai kapitalisasi yang cukup signifikan. Tahun lalu nilai kapitalisasinya sebesar Rp 19,54 triliun dan tahun ini sebesar Rp 16,15 triliun. Saat ini selain di Jakarta, SMRA menggarap proyek di Serpong, Bekasi, Bandung, dan Karawang.

5. PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

LPKR berhasil menggeser PT PP Properti Tbk yang tahun lalu mengisi posisi lima dalam daftar pengembang dengan kapitalisasi terbesar. Tahun ini,  sister company nya, PT Lippo Cikarang TBK (LPCK) memiliki nilai kapitalisasi sebesar Rp 11,88 triliun.

Selain proyek baru, LPKR juga mendapatkan pendapatan berulang dari sektor rumah sakit di bawah bendera Siloam.

02180646900 – 0 –

Baca juga: Ini Dia 11 Taipan Properti Paling Tajir di Indonesia

Sumber: Kompas Properti

]]>
https://www.rukamen.com/blog/ini-dia-lima-pengembang-terkaya-di-indonesia/feed/ 0
Ini Cara Membersihkan Rumah Yang Benar https://www.rukamen.com/blog/ini-cara-membersihkan-rumah-yang-benar/ https://www.rukamen.com/blog/ini-cara-membersihkan-rumah-yang-benar/#respond Mon, 12 Feb 2018 11:01:07 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=8573 Ini Cara Membersihkan Rumah Yang Benar Pernahkah Anda merasa kesal karena rumah langsung kotor segera setelah baru selesai bersih-bersih rumah? Ternyata, urutan membersihkan rumah juga harus benar agar rumah tidak cepat kotor lagi. Jika Anda merasa rumah selalu kotor padahal baru dibersihkan, artinya ada yang salah dalam proses pembersihan rumah. Berikut ini adalah tahap membersihkan rumah yang benar. Bereskan barang terlebih dahulu …]]> Ini Cara Membersihkan Rumah Yang Benar

Pernahkah Anda merasa kesal karena rumah langsung kotor segera setelah baru selesai bersih-bersih rumah? Ternyata, urutan membersihkan rumah juga harus benar agar rumah tidak cepat kotor lagi. Jika Anda merasa rumah selalu kotor padahal baru dibersihkan, artinya ada yang salah dalam proses pembersihan rumah. Berikut ini adalah tahap membersihkan rumah yang benar.

  1. Bereskan barang terlebih dahulu
    Sebelum menyapu atau mengepel lantai, sebaiknya bereskan terlebih dahulu barang-barang yang berantakan. Buang sampah-sampah yang tidak digunakan ke tempat sampah. Dengan begitu, sisa-sisa debu atau kotoran kecil-kecil bisa disapu setelahnya.
  2. Bersihkan debu-debu yang menempel
    Proses selanjutnya bukan menyapu, tetapi membersihkan debu-debu yang menempel di permukaan-permukaan perabotan, mulai dari meja, lemari, kursi, jendela, dll. Jika sedang melakukan pembersihan rumah yang dalam, Anda bisa juga membersihkan debu-debu yang menempel di dinding dan langit-langit rumah.
  3. Menyapu lantai
    Setelah semuanya selesai, barulah Anda mulai menyapu lantai. Dengan begitu, semua sampah-sampah, debu-debu, dan mikropartikel yang jatuh ke lantai bisa langsung disapu.
  4. Mengepel lantai
    Setelah semua sampah dan debu disapu, maka inilah saatnya untuk mengepel lantai. Mulai dari bagian depan, seperti teras, ruang tamu, kamar-kamar, lalu berakhir di kamar mandi. Pastikan bahwa lantai sudah kering sebelum Anda menginjaknya.
  5. Menyapu lantai lagi
    Yang sering dilupakan orang ketika membersihkan rumah adalah lap pel dan debu yang masih tersisa di lantai membuat lantai menjadi kotor. Walaupun sudah dipel, masih ada debu yang tetap menjadi kotoran di lantai. Agar lantai benar-benar bersih, setelah dipel dan sudah kering, Anda bisa menyapu lantai sekali lagi.

Baca juga: Ini Dia Delapan Penyebab Banjir di Jakarta

]]>
https://www.rukamen.com/blog/ini-cara-membersihkan-rumah-yang-benar/feed/ 0