Rukamen Blog https://www.rukamen.com/blog Apartemen Things in Indonesia Thu, 21 Feb 2019 10:18:49 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.7.3 https://www.rukamen.com/blog/wp-content/plugins/squirrly-seo/themes/default/css/sq_feed.css Cara Cepat Jual Tanah Online Tanpa Ribet https://www.rukamen.com/blog/cara-cepat-jual-tanah-online/ https://www.rukamen.com/blog/cara-cepat-jual-tanah-online/#respond Thu, 21 Feb 2019 03:30:42 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10448 Cara Cepat Jual Tanah Online Menjual tanah tidak akan menjadi sulit seperti yang Anda kira, jika Anda tahu cara cepat jual tanah online. Adakah saat ini Anda sedang menjual tanah Anda di internet kepada orang lain? Cara dan metode bagaimana saja yang telah dilakukan untuk menarik minat calon pembeli? Cara online memang lebih praktis dan cepat jika dibandingkan dengan cara …]]> Cara Cepat Jual Tanah Online

Menjual tanah tidak akan menjadi sulit seperti yang Anda kira, jika Anda tahu cara cepat jual tanah online. Adakah saat ini Anda sedang menjual tanah Anda di internet kepada orang lain? Cara dan metode bagaimana saja yang telah dilakukan untuk menarik minat calon pembeli? Cara online memang lebih praktis dan cepat jika dibandingkan dengan cara konvensional atau cara offline. Bila Anda sedang menggunakan cara online untuk mengiklankan tanah Anda, silakan simak tips dari kami berikut untuk memaksimalkan dan mempercepat proses penjualan tanah Anda.

 

Pertimbangkan pasar

Sebelum menjual tanah, cara cepat jual tanah online pertama adalah dengan mengambil beberapa saat untuk mengkalkulasi bagaimana iklim pasar kelak akan berpengaruh kepada listing properti Anda nantinya. Pengaruh ini akan berdampak terutama kepada harga tanah Anda, karena setelah Anda mempertimbangkan hal ini, Anda akan melihat bagaimana properti serupa menaruh harga mereka dan kelebihan apa saja yang ditonjolkan.

 

Pahami Siapa Target Penjualan Anda

Profil pembeli Anda dapat bergantung pada jenis properti yang Anda jual, entah itu apakah tanah sudah dikembangkan, lokasi dan kondisi pasar, dan lain sebagainya. Apakah kemungkinannya Anda mengincar kalangan pembeli sebagai seseorang yang mencari lahan untuk membangun rumah baru? Atau apakah pembeli Anda adalah sebuah pengembang yang mencari tanah untuk proyek mereka berikutnya? Atau apakah pembeli Anda adalah kombinasi keduanya, atau seseorang yang sama sekali berbeda?

Setelah mengidentifikasi kemungkinan pembeli tanah Anda, cara cepat jual tanah online berikutnya adalah dengan mencoba untuk berpikir seperti mereka sehingga Anda dapat memfokuskan pesan Anda untuk menyampaikan apa yang perlu mereka ketahui tentang tanah tersebut. Siapkan informasi tentang tempat dan fasilitas terdekat di sekitar lahan. Untuk lahan yang dapat dikembangkan, Anda dapat menyiapkan informasi zonasi dan wawasan dari otoritas setempat tentang lokasi, kapasitas air dan layanan saluran pembuangan. Setiap tanah memiliki potensi yang berbeda, jadi sesuaikan informasi ini berdasarkan situasi Anda dan pembeli yang ditargetkan.

Jika Anda tidak tahu detail ini, lakukanlah riset. Ketika Anda telah siap dan paham tentang tanah yang akan dijual, Anda dapat membuat proses lebih mudah bagi pembeli potensial dan mendorong mereka untuk membeli setelah Anda memberi mereka jawaban yang solid.

Baca juga: Cari Tahu Cara Membuat Sertifikat Tanah di Sini

 

Cara Cepat Jual Tanah Online

Copyright © Rukamen

 

Siapkan Tanah

Kesan pertama bertahan di pangsa real estate. Setidaknya jangan biarkan tanah Anda terlihat tidak terawat. Potong rumput (atau gulma), buang sampah ke tempatnya, ambil foto pemasaran properti Anda saat itu dan carilah yang terbaik. Beberapa penjual bahkan menanam bunga liar untuk membuat tanah kosong mereka terlihat indah. Sekilas terlihat seperti mementaskan rumah atau apartemen, tetapi di sini effort Anda lebih sedikit dan Anda hanya berurusan dengan sepetak tanah saja.

Cara cepat jual tanah online berikutnya adalah dengan melakukan survei terlebih dahulu dan tandai batas properti Anda. Ini akan memberikan informasi yang berguna dan membantu pembeli melihat potensi di tanah tersebut dan kelak mendorong penjualan Anda.

 

Iklankan rumah Anda untuk dijual di situs jejaring sosial

Ada baiknya Anda menggunakan media sosial untuk mengarahkan calon pembeli ke website listing properti seperti Rukamen. Dengan website listing properti, calon pembeli dapat menemukan daftar penjelasan terperinci mengenai rumah Anda. Anda bisa memasang link siap klik di posting media sosial Anda untuk mempermudah calon pembeli menuju ke website listing properti Anda tersebut.

Pertimbangkan membayar ekstra untuk online listing premium. Langkah berikutnya dalam cara jual rumah online adalah memasang iklan rumah tersebut sebanyak-banyaknya di platform listing online. Untuk menghemat waktu Anda agar tidak memasang listing secara satu-satu dan manual, Anda menggunakan jasa Saleshack. Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran kolektif properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya.

Baca juga: Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Kredit Tanah

 

]]>
https://www.rukamen.com/blog/cara-cepat-jual-tanah-online/feed/ 0
Cara Pasang Iklan di Instagram untuk Properti https://www.rukamen.com/blog/pasang-iklan-di-instagram/ https://www.rukamen.com/blog/pasang-iklan-di-instagram/#respond Wed, 20 Feb 2019 03:30:33 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10434 Pasang Iklan di Instagram Dalam memasarkan properti, Anda dapat menggunakan medium apapun yang dapat memberikan jangkauan lebih kepada banyak orang selama hal itu tidak melanggar hukum dan etika masyarakat. Pernahkah Anda berpikir untuk pasang iklan di Instagram untuk properti Anda saat ini? Salah satu cara memasarkan properti secara online yang paling manjur adalah melalui media sosial. Dan kebanyakan platform …]]> Pasang Iklan di Instagram

Dalam memasarkan properti, Anda dapat menggunakan medium apapun yang dapat memberikan jangkauan lebih kepada banyak orang selama hal itu tidak melanggar hukum dan etika masyarakat. Pernahkah Anda berpikir untuk pasang iklan di Instagram untuk properti Anda saat ini?

Salah satu cara memasarkan properti secara online yang paling manjur adalah melalui media sosial. Dan kebanyakan platform media sosial sudah banyak memberikan fitur tambahan advertisement yang akan muncul di akun media sosial pengguna lain sesuai target pasar Anda. Mau tahu bagaimana caranya? Simak lebih lanjut artikel kami di bawah ini untuk informasi tersebut.

 

Apa itu Media Sosial?

Media sosial adalah teknologi interaktif yang dimediasi komputer untuk memfasilitasi pembagian informasi melalui jaringan virtual. Beberapa fitur umum media sosial adalah penyediaan konten yang dibuat pengguna, seperti posting foto digital atau video, dan penghubungan profil pengguna dengan orang-orang atau kelompok lain.

Di era digital seperti saat ini, Anda pasti mengenal Instagram sebagai salah satu media sosial paling populer di semua kalangan. Sebagai salah satu media sosial yang bisa membantu pengguna pasang iklan di Instagram, Instagram adalah layanan jejaring sosial berbagi foto dan video yang dimiliki oleh Facebook, Inc. Layanan ini dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Semenjak diluncurkan pada tahun 2010, Instagram langsung menjadi populer dengan satu juta pengguna yang terdaftar dalam dua bulan, 10 juta dalam setahun, dan 800 juta pada September 2017.

 

Mulailah dengan Facebook Business Manager

Sebelum memulai pasang iklan di Instagram, Anda sebaiknya mengatur terlebih dahulu sebuah Facebook Business Manager sebagai power editor atau dashboard yang kelak akan dipakai untuk mengatur iklan di Facebook dan Instagram. Mulailah dengan mendaftar di www.facebook.com/business, dan setelah itu hubungkan profil Instagram ke akun Facebook Business Manager.

Baca juga: Jangan Bingung Lagi, Ini Cara Menjual Rumah KPR

 

Pasang Iklan di Instagram

Copyright © Rukamen

 

Akun Instagram

Jika akun Facebook Bussines Manager Anda sudah siap, selanjutnya adalah claim untuk beriklan di Instagram. Karena fitur itu terhitung yang masih baru, beberapa akun harus menunggu beberapa saat terlebih dahulu.

Pada tahap ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk tab business settings lalu pilih Instagram accounts.

Klik tombol claim new Instagram account, hal ini digunakan untuk memasukan akun Instagram Anda ke dalam Facebook Bussines Manager.

Lalu login dengan akun Instagram Anda, dan kemudian assign ad accounts ke akun Instagram. Kemudian ad accounts dan akun Anda sudah siap untuk pasang iklan di Instagram.

 

Fanpage Facebook

Anda dapat membuat dulu fanpage di Facebook yang mempromosikan properti Anda tersebut. Fanpage Facebook akan terkoneksi dengan akun Instagram, sehingga nantinya Anda tidak hanya beriklan di Instagram saja tetapi juga Facebook. Cara menghubungkan akun Instagram dengan Fanpage Facebook dapat dilakukan dengan mengatur setting ini di akun Instagram Business. Ingat, selalu maksimalkan eksposur pemasaran properti Anda melalui beragam media sosial lainnya.

Baca juga: Ingin Apartemen Cepat Laku? Begini Cara Memasarkan Apartemen yang Efektif

 

Demikian cara pasang iklan di Instagram yang dapat Anda ikuti jika memang ingin memasang iklan properti di media sosial seperti Instagram. Anda juga dapat menaruh listing properti Anda dengan Saleshack yang telah jelas kredibilitas dan reputasinya. Seperti biasa, selalu gunakan jasa Saleshack untuk mempermudah effort Anda di sini. Saleshack adalah jasa mengiklankan dan memasarkan properti yang murah dan efisien. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net.

Saat ini, Saleshack telah memiliki 15.3 ribu follower di Instagram, dan setiap harinya ada banyak listing konsumen yang dipasarkan melalui jasa kami.

Sumber: Hero Soft Media, International Design School

 

]]>
https://www.rukamen.com/blog/pasang-iklan-di-instagram/feed/ 0
Cari Tahu Cara Membuat Sertifikat Tanah di Sini https://www.rukamen.com/blog/cara-membuat-sertifikat-tanah/ https://www.rukamen.com/blog/cara-membuat-sertifikat-tanah/#respond Tue, 19 Feb 2019 03:30:47 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10430 Cara Membuat Sertifikat Tanah Apa tanah Anda sudah dibekali dengan sertifikat legal yang menyatakan kepemilikannya? Bila Anda belum memiliki sertifikat tanah, sudah saatnya Anda memulai dari memahami cara membuat sertifikat tanah. Sertifikat tanah menyatakan dengan sah bahwa lahan tersebut milik Anda dan tidak ada pihak lain yang dapat mengambilnya dari Anda kecuali jika Anda mengizikannya.   Pemilihan Prosedur Ada …]]> Cara Membuat Sertifikat Tanah

Apa tanah Anda sudah dibekali dengan sertifikat legal yang menyatakan kepemilikannya? Bila Anda belum memiliki sertifikat tanah, sudah saatnya Anda memulai dari memahami cara membuat sertifikat tanah. Sertifikat tanah menyatakan dengan sah bahwa lahan tersebut milik Anda dan tidak ada pihak lain yang dapat mengambilnya dari Anda kecuali jika Anda mengizikannya.

 

Pemilihan Prosedur

Ada dua jenis prosedur yang bisa ditempuh dalam proses mendapatkan sertifikat tanah. Anda dapat mengajukan sendiri atau dengan bantuan notaris, atau Anda dapat mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang telah dikoordinir pemerintah tanpa dipungut biaya.

Perbedaan antara sistem pensertifikatan secara individu dan PTSL hanya berbeda di sisi biaya. Bila dalam prosedur individu pengaju perlu mengeluarkan uang administrasi sesuai dengan luas lahan yang dimiliki, para pengaju dari program PTSL tidak dipungut biaya sepeserpun.

 

Persiapan Dokumen

Perlu Anda ketahui, membuat sertifikat tanah adalah proses yang memakan waktu. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mulai melakukannya dari sedini mungkin. Jika memungkinkan, Anda sebagai pemilik lahan sebaiknya mengurus sendiri sertifikat tanah tersebut agar lebih fleksibel dan sekaligus menekan biaya pengeluaran. Namun, jika Anda tidak familiar dengan cara membuat sertifikat tanah atau takut terlalu sibuk dalam mengurus dokumennya secara langsung, Anda dapat meminta bantuan notaris.

Dokumen penunjang yang harus dilengkapi pengaju dibedakan berdasarkan jenis lahan yang akan disertifikatkan. Ada dua jenis sistem sertifikat ada dua jenis tanah yang bisa diproses untuk sertifikat yaitu tanah negara dan tanah adat atau tanah perorangan.

Kelengkapan dokumen untuk tanah negara:

  1. KTP asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
  2. Kartu Keluarga
  3. Bukti pembayaran pajak bumi bangunan (PBB) tahun berjalan
  4. Kartu kavling
  5. Advis planning
  6. Izin mendirikan bangunan (IMB)
  7. Akta jual beli
  8. Surat Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)
  9. Pajak Penghasilan (PPH)

 

Kelengkapan dokumen untuk tahan girik milik adat:

  1. KTP asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
  2. Kartu keluarga
  3. Bukti pembayaran pajak bumi bangunan (PBB) tahun berjalan
  4. Surat riwayat tanah
  5. Leter C atau girik
  6. Surat pernyataan tidak sengketa
  7. Akta jual beli
  8. Surat Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)
  9. Pajak Penghasilan (PPH).

Setelah dokumen lengkap, pemohon bisa langsung mengajukan untuk didaftarkan kemudian diberikan surat tanda terima (STT).

Baca juga: Cari Tahu Cara Menjual Tanah Agar Cepat Laku di Sini

 

Cara Membuat Sertifikat Tanah

Copyright © Rukamen

 

Mengunjungi Kantor BPN

Cara membuat sertifikat tanah berikutnya adalah dengan mendatangi lokasi BPN sesuai dengan wilayah lahan berada. Di BPN, belilah formulir pendaftaran. Anda akan mendapatkan map dengan warna biru dan kuning. Buatlah janji dengan petugas untuk mengukur tanah.

 

Penerbitan Sertifikat Tanah Hak Milik

Setelah tanah diukur, Anda akan mendapatkan data Surat Ukur Tanah. Serahkanlah untuk melengkapi dokumen yang telah ada. Anda akan dibebankan BEA Perolehan Hak Atas Tanah (BPHTB) sembari menunggu sertifikat Anda terbit. Lama waktu penerbitan ini kurang lebih setengah hingga satu tahun lamanya. Kadangkala, Anda perlu memastikan kepada petugas BPN kapan sertifikat Anda jadi dan dapat diambil.

Baca juga: Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah Lagi, Bagaimanakah Cara Ikut PTSL?

 

Mengurus Sertifikat Tanah Girik

Untuk cara membuat sertifikat tanah girik, Anda dapat mengurusnya di kantor kelurahan dan kemudian di kantor pertanahan.

 

Kelurahan Setempat

  1. Surat Keterangan Tidak Sengketa

Anda perlu memastikan bahwa lahan yang diurus bukan merupakan lahan sengketa. Lampirkan surat keterangan tidak sengketa perlu mencantumkan tanda tangan saksi-saksi (pejabat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat).

  1. Surat Keterangan Riwayat Tanah

Berikutnya, Anda perlu membuat Surat Keterangan Riwayat Tanah untuk menerangkan secara tertulis riwayat penguasaan lahan awal mula pencatatan di kelurahan sampai dengan penguasaan sekarang ini.

  1. Surat Keterangan Penguasaan Tanah Secara Sporadik

Surat Keterangan Penguasaan Tanah Secara Sporadik ini mencantumkan tanggal perolehan atau penguasaan tanah.

 

Kantor Pertanahan

  1. Mengajukan Permohonan Sertifikat

Lampirkan dokumen-dokumen yang diurus di kelurahan, dan lengkapi dengan fotokopi KTP dan KK pemohon, fotokopi PBB tahun berjalan, dan dokumen-dokumen lain yang disyaratkan oleh undang-undang.

  1. Pengukuran ke Lokasi

Pengukuran dilakukan oleh petugas dengan ditunjukkan batas-batas oleh pemohon atau kuasanya.

  1. Pengesahan Surat Ukur

Hasil pengukuran di lokasi akan dicetak dan dipetakan di BPN.

  1. Penelitian oleh Petugas Panitia A

Setelah Surat Ukur ditandatangani dilanjutkan dengan proses Panitia A yang dilakukan di Sub Seksi Pemberian Hak Tanah. Anggota Panitia A terdiri dari petugas dari BPN dan lurah setempat.

  1. Pengumuman Data Yuridis di Kelurahan dan BPN

Data yuridis permohonan hak lahan tersebut diumumkan di kantor kelurahan dan BPN selama enam puluh hari.

  1. Terbitnya SK Hak Atas Tanah

Setelah jangka waktu pengumuman terpenuhi, dilanjutkan dengan penerbitan SK hak atas tanah.

  1. Pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah (BPHTB)

BPHTB dibayarkan sesuai dengan luas lahan yang dimohonkan seperti yang tercantum dalam Surat Ukur. Pendaftaran SK Hak untuk diterbitkan sertifikat

  1. Pengambilan Sertifikat

 

Sumber: Cermati, Detik Finance

Baca juga: Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Kredit Tanah

 

Begitulah cara membuat sertifikat tanah yang dapat Anda jadikan referensi ke depannya. Bila Anda juga berencana untuk menjual kembali tanah tersebut di kemudian hari, gunakanlah jasa Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/cara-membuat-sertifikat-tanah/feed/ 0
Jangan Bingung Lagi, Ini Cara Menjual Rumah KPR https://www.rukamen.com/blog/cara-menjual-rumah-kpr/ https://www.rukamen.com/blog/cara-menjual-rumah-kpr/#respond Thu, 14 Feb 2019 03:30:53 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10390 Cara Menjual Rumah KPR Menjual rumah terkadang menjadi persoalan sulit tersendiri. Bila rumah Anda masih berada dalam sistem KPR dan belum selesai tetapi sudah mencari cara menjual rumah KPR untuk menjualnya kembali, Anda tidak perlu khawatir jika memikirkan bahwa rumah tersebut tidak akan laku. Ada juga calon konsumen yang tertarik dengan rumah KPR, karena KPR membantu seseorang memiliki rumah …]]> Cara Menjual Rumah KPR

Menjual rumah terkadang menjadi persoalan sulit tersendiri. Bila rumah Anda masih berada dalam sistem KPR dan belum selesai tetapi sudah mencari cara menjual rumah KPR untuk menjualnya kembali, Anda tidak perlu khawatir jika memikirkan bahwa rumah tersebut tidak akan laku. Ada juga calon konsumen yang tertarik dengan rumah KPR, karena KPR membantu seseorang memiliki rumah tanpa harus menunggu lama. Hanya saja, proses penjualannya harus didampingi oleh prosedur tertentu yang seringkali terlihat ribet jika Anda belum mengerti lebih dalam. Padahal, menjual rumah KPR sangatlah mungkin untuk dilakukan.

 

Cara Menjual Rumah KPR

Anda dapat memikirkan konsepnya seperti ini: rumah yang telah Anda beli dengan KPR pada dasarnya adalah milik Anda selaku pemohon KPR. Bank atau perusahaan pembiayaan membantu mendanai pembayaran rumah dengan memberikan pinjaman dalam bentuk cicilan, sehinga Sertifikat Hak Milik (SHM) rumah masih dipegang oleh pihak-pihak ini sebagai jaminan. Oleh karena itu, bila Anda belum atau tidak menyelesaikan pelunasan cicilan, bank atau perusahaan pembiayaan berhak melakukan penyitaan atas rumah tersebut.

Meskipun demikian, kenyataannya Anda selaku pemilik rumah diperbolehkan menjual rumah yang masih dalam fasilitas KPR tersebut, selama Anda tidak melanggar ketentuan atau prosedur tertentu yang menghambat kemungkinan Anda untuk melakukan ini.

 

  1. Melakukan Pelunasan Terlebih Dahulu (Lebih Awal)

Cara menjual rumah KPR yang pertama adalah termasuk yang paling mudah sebenarnya. Bila Anda melunasi lebih awal, Anda dapat mendapatkan SHM rumah dan bisa menjual rumah tersebut langsung kepada pihak lain tanpa ada prosedur tambahan. Kendati demikian, kemungkinan Anda akan dikenakan sejumlah denda/penalti akibat pelunasan sebelum tenor yang telah disepakati sejak awal. Pada umumnya, jumlah denda ini akan lebih kecil daripada sisa bunga pinjaman yang masih harus dilunasi dalam waktu cicilan normal (sesuai tenor awal). Sebab biasanya denda ini akan dihitung berdasarkan persentase tertentu dari sisa jumlah pokok utang yang Anda miliki. Namun dari segi praktis atau tidak, langkah ini bisa Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

 

  1. Informasikan kepada Calon Pembeli mengenai Status Rumah Anda

Bila tidak memungkinkan untuk menjalankan langkah pertama, maka Anda dapat memberitahu situasi dan rencana Anda kepada calon pembeli. Anda bisa menawarkan mereka dua pilihan skenario. Pertama, pembeli melakukan pelunasan kepada pihak bank secara langsung, atau kedua, pembeli membayarkan sejumlah dana kepada Anda selaku penjual untuk dibayarkan dalam pelunasan KPR. Semua tujuan skenario ini sama: SHM nantinya akan diambil dan diserahkan kepada pembeli. Sementara sisa dana tersebut akan menjadi hak Anda selaku penjual. Kelak setelah KPR dilunasi, dan Anda telah mendapatkan pembayaran untuk penjualan yang telah Anda bayarkan cicilannya, Anda dan pihak pembeli harus menyelesaikan akad jual beli di hadapan notaris.

Baca juga: Tiga Ciri Penting Ketika Mencari Bank KPR Yang Tepat Untuk Anda

 

Cara Menjual Rumah KPR

Copyright © Rukamen

 

  1. Melakukan Over Kredit KPR

Cara menjual rumah KPR yang berikutnya adalah dengan melakukan over kredit KPR ke pihak pembeli. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan:

  • Mengambil alih KPR di bank yang sama di mana pembeli akan melanjutkan pinjaman di bank yang sama.
  • Menggunakan KPR Takeover pembeli untuk melanjutkan pinjaman di bank yang berbeda dari sebelumnya.

Tanyakan kepada pihak bank baik-baik mengenai prosedur over kredit ini, dan apakah ada biaya tambahan yang akan dibebankan kepada Anda dan calon pembeli saat pelaksanaannya.

 

  1. Yang Harus Diperhatikan

Selalu hitung sisa cicilan KPR dengan teliti dan cermat. Anda dapat menghitungnya sendiri atau dibantu oleh pihak bank atau perusahaan pembiayaan. Tentukan nilai appraisal sewajar dan sekompetitif mungkin, karena harga jual yang terlalu tinggi atau terlalu rendah tidak akan memberikan keuntungan apa-apa bagi Anda. Komunikasi dengan calon pembeli mengenai status rumah yang masih KPR, sehingga mereka tahu konsekuensi dan risiko yang akan ditanggungnya atas pembelian tersebut.

Baca juga: Inilah Skema Pembiayaan Hunian Dengan KPR Syariah

Sumber: Cermati.com

 

Itulah cara menjual rumah KPR bagi Anda yang masih belum mengerti tetapi ingin menjual rumah KPR Anda. Untuk pemasaran properti yang lebih maksimal, sudah saatnya Anda juga menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

]]>
https://www.rukamen.com/blog/cara-menjual-rumah-kpr/feed/ 0
Prosedur dan Cara Menjual Rumah Melalui Bank https://www.rukamen.com/blog/cara-menjual-rumah-melalui-bank/ https://www.rukamen.com/blog/cara-menjual-rumah-melalui-bank/#respond Wed, 13 Feb 2019 03:30:37 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10386 Cara Menjual Rumah Melalui Bank Apa saat ini Anda sedang mencoba menjual rumah yang Anda miliki? Metode apa yang sudah Anda gunakan? Promosi offline atau online, bila Anda mungkin tertarik untuk mencari alternatif lain, ada juga cara menjual rumah melalui bank yang bisa Anda pelajari juga. Kebanyakan orang tidak memilih untuk menjual rumah melalui bank karena prosedurnya yang dianggap rumit. …]]> Cara Menjual Rumah Melalui Bank

Apa saat ini Anda sedang mencoba menjual rumah yang Anda miliki? Metode apa yang sudah Anda gunakan? Promosi offline atau online, bila Anda mungkin tertarik untuk mencari alternatif lain, ada juga cara menjual rumah melalui bank yang bisa Anda pelajari juga. Kebanyakan orang tidak memilih untuk menjual rumah melalui bank karena prosedurnya yang dianggap rumit. Bagi yang tidak familiar, tentunya akan merasa kesulitan dalam memiliki pegangan saat memulai prosedur ini, dan takutnya Anda malah mendapatkan masalah jika salah mengikuti prosedur. Simak prosedur dan cara yang telah kami rangkum dalam menjual rumah melalui bank berikut ini.

 

Menjual Rumah Melalui Bank

Sebagai sebuah institusi dan pihak yang terpercaya dalam urusan finansial, bank dapat menjadi solusi dengan memfasilitasi segala proses penjualan properti konsumen. Anda akan dibantu dari segi promosi hingga mencari calon pembeli. Ada beberapa bank yang dapat menjual rumah tersebut dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) (baca artikel kami lebih lanjut tentang KPR). Jika Anda tertarik untuk mendapatkan layanan ini, konsultasikanlah terlebih dahulu apakah bank yang ingin Anda tuju memilikinya atau tidak.

Menjalankan cara menjual rumah melalui bank menawarkan kemudahan karena Anda dapat menjual rumah secara online tanpa ribet dan mengeluarkan waktu dan uang banyak. Pembeli yang membeli rumah dari bank juga tentunya sudah diverifikasi informasinya, dan mereka tidak perlu khawatir dengan rumah yang dijual oleh pihak bank.

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Menjual Rumah Cepat Laku

 

Cara Menjual Rumah Melalui Bank

Copyright © Rukamen

 

Tahap Menjual Rumah Melalui bank

Selain kelengkapan dokumen dari rumah yang akan dijual, berikutnya Anda dapat:

  1. Memilih bank yang akan diajak kerjasama

Saat ini, hampir seluruh bank memiliki fasilitas pelayanan penjualan rumah. Lakukan survei pemilihan bank yang akan Anda percayai dalam penanganan proses penjualan rumah, dan teliti bagaimana prosedur, track record di bidang KPR dan profesionalisme staf-nya. Bila pertanyaan-pertanyaan Anda dijawab dengan baik oleh setiap consultant-nya, bisa jadi itu adalah bank yang terjamin kualitasnya. Tanyakan bagaimana cara menjual rumah melalui bank dan apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum menjualnya. Ingat bahwa meskipun prosedur demikian terlihat umum, pada dasarnya setiap bank memiliki prosedur serta ketentuan yang berbeda-beda.

 

  1. Ikuti instruksi dari pihak bank

Bank biasanya akan memerlukan kelengkapan dokumen rumah yang akan dijual untuk membuat bank maupun calon pembeli lebih percaya terhadap Anda. Ingatlah untuk selalu memeriksa kelengkapannya, dan jika Anda menemukan dokumen yang kurang atau sudah outdated, sudah saatnya Anda perbarui dan notarisasi.

 

  1. Hitung biaya yang telah dikeluarkan

Bila Anda bingung dalam menetapkan harga untuk rumah tersebut, kalkulasikan biaya yang telah Anda keluarkan untuk perawatan rumah, dan apabila pembayaran rumah belum lunas, jumlah cicilan yang telah dibayar juga dapat ditambahkan. Hasil perhitungan dapat menjadi gambaran Anda untuk masalah tersebut, tetapi Anda juga dapat meminta bantuan pihak-pihak yang memang telah memiliki pengalaman atau telah cukup berkompeten untuk melakukannya seperti appraiser dari bank, agen properti, atau appraiser independen yang telah memperoleh sertifikasi. Selain lebih mudah, nilai appraisal (nilai suatu properti) juga akan lebih tepat sasaran jika dibantu ditafsirkan oleh orang yang sudah paham mengenai seluk-beluk bidang properti. Harga jual sebaiknya tidak terlalu tinggi hingga menyulitkan Anda dalam menarik calon pembeli, tetapi jangan terlalu rendah juga agar Anda akan mengalami kerugian.

Baca juga: Beli Rumah, Lebih Baik KPR atau Cash?

 

Demikianlah cara menjual rumah melalui bank yang dapat menjadi panduan Anda seandainya memang tertarik untuk menggunakan metode demikian. Jika Anda ingin menyewakan atau menjual properti Anda tersebut, Anda dapat menaruh listing properti Anda dengan Saleshack yang telah jelas kredibilitas dan reputasinya. Seperti biasa, selalu gunakan jasa Saleshack untuk mempermudah effort Anda di sini. Saleshack adalah jasa mengiklankan dan memasarkan properti yang murah dan efisien. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/cara-menjual-rumah-melalui-bank/feed/ 0
Berapa Kisaran Biaya Notaris AJB ke SHM? https://www.rukamen.com/blog/biaya-notaris-ajb-ke-shm/ https://www.rukamen.com/blog/biaya-notaris-ajb-ke-shm/#respond Mon, 11 Feb 2019 09:48:20 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10372 Biaya Notaris AJB ke SHM Dalam kepengurusan sertifikat tanah, Anda perlu memperhatikan banyak hal agar prosesnya berjalan dengan lancar. Untuk mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM) dan biaya-biayanya seperti biaya notaris AJB ke SHM, ada banyak prosedur dan biaya yang harus Anda persiapkan. Dengan memegang SHM, Anda sebagai pemegang hak memiliki kepemilikan penuh atas tanah dan hak turun-temurun yang hanya dapat …]]> Biaya Notaris AJB ke SHM

Dalam kepengurusan sertifikat tanah, Anda perlu memperhatikan banyak hal agar prosesnya berjalan dengan lancar. Untuk mengurus Sertifikat Hak Milik (SHM) dan biaya-biayanya seperti biaya notaris AJB ke SHM, ada banyak prosedur dan biaya yang harus Anda persiapkan. Dengan memegang SHM, Anda sebagai pemegang hak memiliki kepemilikan penuh atas tanah dan hak turun-temurun yang hanya dapat dimiliki oleh warga Negara Indonesia. Bila Anda ingin tahu lebih lanjut, silakan simak artikel kami di bawah ini.

 

Prosedur Pengurusan Sertifikat Tanah

Anda dapat mengurus SHM dari Hak Guna Bangunan sendiri. Mulailah dengan membeli dan mengisi formulir permohonan serta mempersiapkan Sertifikat Hak Atas Tanah (HP/HGB), IMB atau surat keterangan dari kelurahan yang menyatakan bahwa rumah tersebut digunakan untuk rumah tinggal. Bawalah identitas pemohon KTP, KK, WNI, Ganti Nama (jika perorangan), akta pendirian  atau akta perubahan (jika badan hukum), PBB tahun berjalan (fotokopi dengan menunjukkan aslinya), dan Surat pernyataan tidak memiliki tanah perumahan lebih dari 5 (lima) bidang dengan luas tanah keseluruhan tidak lebih 5.000 m2. Surat pernyataan dari pemegang hak tanggungan, apabila tanah tersebut dibebani, Hak Tanggungan pernyataan dari pemohon, Surat pernyataan dari pemohon dan jangan lupa untuk membayar tarif atas jenis penerimaan bukan pajak, untuk pelayanan pendaftaran tanah.

Baca juga: Jokowi Bagikan Sertifikat Tanah Lagi, Bagaimanakah Cara Ikut PTSL?

 

Tarif Mengurus Sertifikat Tanah

Tarif resminya sesuai PP 46/2002: {2% x (NPT-NPTTKUP)} – {(Sisa HGB/Jangka Waktu HGB) x UP HGB x 50%}

Keterangan:

  1. NPT = Nilai Perolehan Tanah
  2. NPTTKUP = Nilai Perolehan Tanah Tidak Kena Uang Pemasukkan
  3. NPT & NPTTKUP bisa dilihat di SPT PBB
  4. NPT = NJOP Tanah
  5. NPTTKUP = NJOPTKP
  6. Jangka waktu HGB bisa dilihat di sertifikat tanah
  7. UP HGB = Uang Pemasukan HGB
  8. Jangka waktu 30 tahun: 1% x (NPT-NPTTKUP)
  9. Kurang dari 30 tahun: (Jangka Waktu HGB yang diberikan/30) x {1% x (NPT-NPTTKUP)}
  10. Rumus: [Luas tanah x (NJOP-NJOPTKP) ] x 5% + biaya notaris
  11. Biaya notaris antara Rp750.000 s/d Rp2.500.000

 

Biaya Notaris AJB ke SHM

Copyright © Rukamen

 

Tentang Biaya Notaris

Biaya notaris seperti biaya notaris AJB ke SHM biasanya ditanggung oleh pembeli, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa pembeli dapat bernegosiasi dengan penjual dalam pembayaran biaya notaris ini untuk dilakukan secara bersama-sama. Selain mencari notaris PPAT yang terjamin dan murah, Anda sebaiknya juga bersiap-siap untuk menawarkan harga terbaik ke notarisnya dan kemudian membandingkan penawaran mana yang terbaik. Bila Anda bahkan dapat bernegosiasi kepada pihak yang lebih berwenang di atas notaris tersebut, bukan tidak mungkin bahwa akan ada potongan harga khusus.

Lakukan validasi pajak untuk memastikan apakah pajak sudah atau belum dibayar. Periksa bukti pembayaran juga. Biaya akta jual beli (AJB) dapat dikategorikan sebagai biaya pengurusan setiap berkas hingga selesai, dan Anda hanya menandatangani bersama si penjual semua berkas-berkas dan perjanjian jual beli.

Baca juga: Punya Properti? Anda Perlu Memahami PPJB, PJB dan AJB Terlebih Dahulu

 

AJB ke SHM

Ketika mengurus sertifikat kepemilikan rumah, biaya notaris AJB ke SHM merupakan salah satu hal yang sering dicari tahu oleh orang. AJB merupakan salah satu akta atau dokumen otentik yang menjadi bukti sah peralihan hak atas tanah dan bangunan dan dibuat oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) yang diangkat oleh kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) RI. Dokumen AJB nantinya akan dipakai dalam prosedur peralihan sertifikat dari pemilik lama ke yang baru.

Penjual:

  1. Salinan Kartu Tanda Penduduk (suami/istri)
  2. Salinan Kartu Keluarga (KK)
  3. Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT)
  4. Surat bukti hak atas tanah
  5. Keterangan dari Kepala Desa atau Camat
  6. Surat tanda terima setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Pembeli:

  1. Salinan Kartu Tanda Penduduk (suami/istri)
  2. Salinan Kartu Keluarga (KK)
  3. Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

 

Pengurusan dan biaya notaris AJB ke SHM akan memerlukan berkas-berkas untuk diserahkan ke kantor BPN.

  1. Formulir permohonan yang sudah diisi dan ditandatangani pemohon atau kuasanya di atas meterai cukup.
  2. Pembuatan surat bebas sengketa yang menyatakan bahwa tanah yang dimaksud tidak dalam keadaan sengketa, serta ditandatangani oleh RT, RW, dan disahkan oleh kelurahan setempat.
  3. Akta Jual Beli dari PPAT
  4. Sertifikat Hak Atas Tanah
  5. Fotokopi KTP penjual dan pembeli
  6. Bukti lunas pembayaran PPh dan BPHTB

Sebagai contoh, untuk sebuah tanah di Provinsi DKI Jakarta seluas 1.000 meter persegi, rincian biayanya dapat diterangkan menjadi:

Biaya Pengukuran: Rp340.000
Biaya Panitia: Rp390.000
Biaya Pendaftaran: Rp50.000

Total Biaya: Rp780.000

Untuk contoh provinsi lain di Indonesia, Anda dapat langsung mengeceknya melalui link situs BPN: 

Baca juga: Apa Saja yang Termasuk ke dalam Biaya Jual Beli Rumah?

Sumber: Rumah.com, Cermati.com

 

Demikianlah informasi tentang biaya notaris AJB ke SHM dari kami yang bisa Anda jadikan referensi. Bila Anda pada akhirnya memutuskan untuk menginvestasikan properti tersebut dengan menjualnya kembali atau menyewakannya kepada orang lain, jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa Saleshack! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/biaya-notaris-ajb-ke-shm/feed/ 0
Inilah 3 Apartemen di Yogyakarta untuk Pelajar/Mahasiswa https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-yogyakarta/ https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-yogyakarta/#respond Thu, 07 Feb 2019 07:15:29 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10361 Apartemen di Yogyakarta Yogyakarta semakin menunjukkan keunggulannya dalam bidang properti, apalagi dengan target pasar seperti pelajar atau mahasiswa yang terus meningkat setiap tahunnya. Melihat fenomena ini, banyak pengembang properti yang membangun apartemen di Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan spesifik ini. Kenapa Yogyakarta sendiri sangat terkenal di kalangan demikian? Sebagai informasi Anda, Yogyakarta adalah rumah bagi lebih dari 100 lembaga …]]> Apartemen di Yogyakarta

Yogyakarta semakin menunjukkan keunggulannya dalam bidang properti, apalagi dengan target pasar seperti pelajar atau mahasiswa yang terus meningkat setiap tahunnya. Melihat fenomena ini, banyak pengembang properti yang membangun apartemen di Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan spesifik ini. Kenapa Yogyakarta sendiri sangat terkenal di kalangan demikian?

Sebagai informasi Anda, Yogyakarta adalah rumah bagi lebih dari 100 lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, di mana angka ini termasuk jumlah tertinggi lembaga pendidikan tinggi jika dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia. Oleh karena itu, Yogyakarta mendapat julukan “Kota Pelajar” (Kota Pelajar). Yogyakarta juga merupakan rumah dari universitas negeri pertama yang didirikan di Indonesia, Universitas Gadjah Mada. Universitas Islam Indonesia yang didirikan pada tahun 1945 juga merupakan universitas swasta pertama di sini. Universitas besar lainnya termasuk Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

 

Source: jogja.tribunnews.com

Apartemen Hadiningrat Terrace

Apartemen di Yogyakarta yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa pertama adalah Apartemen Hadiningrat Terrace. Apartemen ini adalah sebuah properti apartemen yang beralamat di Jalan Prof DR Sardjito, Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta. Dengan lokasinya yang berada di jantung kota pelajar, apartemen ini dikelilingi oleh universitas ternama seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Apartemen ini hanya berjarak 500 meter dari kampus UGM dan 700 meter dari Rumah Sakit Sardjito dan hanya 1 (satu) KM dari kampus-kampus besar seperti Universitas Negeri Jogjakarta, Universitas Kristen Duta Wacana serta berjarak hanya 1 (satu) KM dari tugu Jogjakarta. Pasar yang dibidik adalah pasar memengah ke atas seperti eksekutif muda, dosen, atau mahasiswa karena letaknya di sekitar kampus Universitas Gajah Mada. Dengan demikian untuk mengoptimalkan penjualan, perusahaan sering mengadakan pameran saat acara kampus, seperti kelulusan dan lainnya.

 

Apartemen di Yogyakarta

 

Source: booking.com

Apartemen Student Castle

Apartemen di Yogyakarta yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa kedua adalah Apartemen Student Castle. Seperti namanya, Student Castle merupakan apartemen yang berlokasi di Kota Pelajar, Yogyakarta. Apartemen ini dikeliling oleh kampus-kampus ternama di kawasan tersebut, seperti YKPN, UPN, ATMA, UNY, UII, SANATA DARMA, UNPRO, BATAN, dan lainnya. Selain itu, lokasi ini juga strategis karena memiliki akses langsung ke tiga jalan, yaitu Senturan, Babarsari, dan Kledokan. Apartemen Student Castle bisa menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa dan mahasiswi perantauan yang jauh dari rumah. Apalagi, fasilitasnya cukup lengkap seperti toko buku, pusat kebugaran, kafe, kolam renang, dan mini market.

 

Source: rukamen.com

Apartemen Taman Melati Sinduadi

Apartemen di Yogyakarta yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa terakhir adalah Apartemen Taman Melati Sinduadi. Apartemen ini merupakan sebuah hunian vertikal yang tepat untuk keperluan para pelajar dari dalam dan luar Yogyakarta yang melanjutkan studi di jantung Kota Pelajar. Lokasi Apartemen Taman Melati Sinduadi ini terletak hanya 50 meter dari Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, di mana universitas ini adalah salah satu universitas negeri terbaik dan terkemuka di Indonesia. Selain itu apartemen ini juga dikelilingi beberapa kampus ternama lainnya seperti diantaranya Universtias Negeri Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, STIE YKPN, Universitas Sanata Dharma, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Baca lebih lanjut: Daftar Apartemen di Yogyakarta

 

Bagi Anda yang berstatus pelajar atau mahasiswa atau memiliki kerabat keluarga yang sedang mengenyam pendidikan tinggi di Yogyakarta, pilihan apartemen di area Yogyakarta barusan dapat menjadi referensi Anda. Dengan banyaknya program hunian murah di sini, diharapkan Anda yang masih kesulitan menemukan tempat tinggal dapat terbantu di kemudian hari. Bagi Anda yang memiliki properti lain berupa rumah atau tanah selain apartemen untuk disewakan, cobalah jasa Saleshack yang mudah, murah dan cepat. Saleshack adalah jasa pemasaran properti yang hanya dengan IDR 399,000.00 nett saja, properti Anda sudah ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-yogyakarta/feed/ 0
Rumah MBR Plus, Solusi Punya Rumah dengan Gaji UMR https://www.rukamen.com/blog/rumah-mbr-plus/ https://www.rukamen.com/blog/rumah-mbr-plus/#respond Wed, 06 Feb 2019 03:30:20 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10346 Rumah MBR Plus Pernahkah Anda mendengar soal program rumah MBR plus? Salah satu program yang memfokuskan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tempat tinggal berupa rumah tapak. Selain jumlahnya mulai terbatas karena kelangkaan lahan, harganya juga semakin mahal setiap tahun. Sejumlah asosiasi pengembang di ibukota pun berharap akan adanya peraturan pembangunan perumahan dan pembiayaan untuk masyarakat berpenghasilan di …]]> Rumah MBR Plus

Pernahkah Anda mendengar soal program rumah MBR plus? Salah satu program yang memfokuskan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tempat tinggal berupa rumah tapak. Selain jumlahnya mulai terbatas karena kelangkaan lahan, harganya juga semakin mahal setiap tahun. Sejumlah asosiasi pengembang di ibukota pun berharap akan adanya peraturan pembangunan perumahan dan pembiayaan untuk masyarakat berpenghasilan di atas ketentuan masyarakat berpenghasilan rendah, yaitu MBR Plus, segera direalisasikan. Program penting ini bisa jadi membantu Anda juga yang mungkin kesulitan mendapatkan rumah karena kendala penghasilan bulanan, sehingga kami rangkum informasinya di sini.

 

Apa itu Rumah MBR Plus?

Dilansir dari Kompas, Sekretaris Jenderal DPP Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida menyampaikan bahwa program ini ditujukan untuk menyediakan rumah tapak bagi masyarakat dengan penghasilan di kisaran antara 4 hingga 7 juta (yang termasuk dalam kalangan masyarakat berpendapatan sedikit di atas ketentuan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)). Dengan kemampuan membeli rumah tapak dengan jarak maksimal 20 kilometer dari kota, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memiliki rumah tapak yang diringankan pembiayaannya juga, di mana pembelinya hanya membayar bunga dari selisih harga antara rumah MBR dan MBR Plus.

Harga rumah MBR Plus adalah satu sampai dua kali rumah MBR, selisih dari rumah MBR yang dibayar pajak penuh. Usulan program ini telah diajukan ke pemerintah pusat, termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta kementerian terkait, dalam hal ini Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR. Diharapkan, program ini membantu masyarakat kelas menengah ke bawah untuk memiliki rumah subsidi di pusat kota yang dapat menjangkau lebih banyak fasilitas umum untuk keperluan sehari-hari. Program ini juga tentunya dapat dijadikan pertimbangan bagi kaum milenial agar mau membeli rumah walaupun gaji pekerjaan setelah lulus pendidikan tinggi belum terlalu besar. Oleh karena itu, target pembangunannya diperkirakan akan dikalkulasi hingga 10% dari keseluruhan jumlah milenial yang ada di Indonesia saat ini.

Sembari menunggu keluarnya surat keputusan, harga rumah subsidi untuk sementara masih menggunakan harga yang berlaku pada 2018. Adapun angka kenaikan harga rumah subsidi berbeda-beda di setiap daerah. Ada beberapa faktor yang membuat perbedaan harga, di antaranya harga material dan tanah di masing-masing daerah. Diharapkan skema untuk Rumah MBR Plus diharapkan dapat terealisasi tahun ini.

Baca juga: Rumah DP 0 Rupiah, Bagaimanakah Kelanjutan Program Ini Sekarang?

 

Rumah MBR Plus

Copyright © Rukamen

 

Perkembangan Program Ini

Dilansir dari Suara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang mengembangkan proyek kawasan Kota Baru mandiri di Maja, Kabupaten Lebak, Banten. Program ini termasuk ke dalam inisiatif pemerintah dalam mendukung berkembangnya kawasan ekonomi untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Sebanyak 1.000 unit rumah MBR bersubsidi akan dibangun pada tahun 2018 dengan menggunakan skema pembiayaan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Sementara pada tahun 2017, sudah terdapat 10.000 unit rumah, di mana 8.000 unit ditujukan kepada MBR non subsidi. Adapun harga rumah MBR bersubsidi dijual dengan harga Rp 130 Juta.

Fasilitas umum seperti Ecoplaza, Waterpark Pasar Modern, sarana Ibadah dan sekolah sedang berada dalam proses MoU, dan nantinya semua ini akan dikembangkan menjadi fasilitas skala kota.

Termasuk dalam 10 proyek kota baru mandiri yang akan dikembangkan secara bertahap oleh pemerintah, kawasan Kota Baru Maja direncanakan dapat menampung hingga 1,2 juta jiwa saat rampung. Kota lainnya adalah Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, dan Banjarbaru.

Sumber: Kompas.com, Bisnis.com, Suara.com

Baca juga: Tips Investasi Rumah Untuk Kaum Milenial

 

Demikianlah informasi tentang rumah MBR plus dari kami yang bisa Anda jadikan referensi. Bila Anda pada akhirnya memutuskan untuk menginvestasikan properti tersebut dengan menjualnya kembali atau menyewakannya kepada orang lain, jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa Saleshack! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/rumah-mbr-plus/feed/ 0
Kenali Perbedaan Rusunawa dan Rusunami Lebih Jauh https://www.rukamen.com/blog/rusunawa-dan-rusunami/ https://www.rukamen.com/blog/rusunawa-dan-rusunami/#respond Mon, 04 Feb 2019 03:30:19 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10344 Rusunawa dan Rusunami Di saat harga properti seperti rumah tapak dan apartemen mulai melambung, kepemilikan terhadap tempat tinggal layak dengan harga terjangkau nampaknya mulai terasa sulit untuk didapat. Tetapi, pemerintah Indonesia masih berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang satu ini melalui ketersediaan rusunawa dan rusunami. Apa arti kedua istilah tersebut? Bagi yang masih awam dan belum mengerti, kami …]]> Rusunawa dan Rusunami

Di saat harga properti seperti rumah tapak dan apartemen mulai melambung, kepemilikan terhadap tempat tinggal layak dengan harga terjangkau nampaknya mulai terasa sulit untuk didapat. Tetapi, pemerintah Indonesia masih berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang satu ini melalui ketersediaan rusunawa dan rusunami. Apa arti kedua istilah tersebut? Bagi yang masih awam dan belum mengerti, kami sajikan informasinya lebih jauh di sini, karena siapa tahu alternatif dua tempat tinggal ini dapat dijadikan pertimbangan untuk Anda.

 

Rusun

Rusunawa adalah kepanjangan dari Rumah Susun Sederhana Sewa, sementara Rusunami adalah kepanjangan dari Rumah Susun Sederhana Milik. Sebelum memahami rusunawa dan rusunami lebih lanjut, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu rumah susun.  adalah singkatan dari rumah susun. Anda dapat menganggap rumah susun sebagai versi sederhananya apartemen, dan tujuan dibangunnya rusun pada utamanya adalah memberi kebutuhan hunian tambahan di kota-kota besar yang sudah dipadati oleh penduduk seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Kehadiran rusun juga dapat membantu mengurangi kawasan kumuh, membuat tampilan kota menjadi rapi, dan tidak menutup kemungkinan adanya pertambahan ruang terbuka hijau. Karena struktur gedung rumah susun yang bertingkat dan terdiri dari banyak unit, rumah susun dapat dihuni oleh ratusan keluarga yang tergolong menengah ke bawah. Harganya memang lebih terjangkau dari rumah tapak dan apartemen, dan ada dua jenis rusun, yaitu rusunawa dan rusunami.

Spesifikasi umum sebuah rusun adalah ukuran standar unitnya yang minimal adalah 18 m2 dengan lebar minimal 3 meter. Unit rusun juga terdiri dari satu ruang utama (kamar tidur) dan ruang penunjang lain di dalam dan/atau di luar ruang utama dan dilengkapi dengan sistem ventilasi dan pencahayaan buatan yang cukup, daya listrik yang cukup, serta sistem pemompaan air. Batas pemilikan satuan rumah susun dapat berupa ruang tertutup dan/atau sebagian terbuka dan/atau ruang terbuka.

Baca juga: Perkiraan Harga Rusun dan Rusunami Berbasis TOD

 

Rusunawa dan Rusunami

Copyright © Rukamen

 

Rusunawa dan Rusunami

Rumah Susun Sederhana Sewa pada umumnya memiliki tampilan yang kurang lebih sama dengan rusunami. Hanya saja, konsumen menyewa rusun tersebut dari pemerintah (yang mana menjelaskan kepanjangannya). Biasanya, pemerintah daerah bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat dalam membangun rusunawa. Sementara itu, Rumah Susun Sederhana Milik dikembangkan oleh sebuah pengembang, dan rusunami lebih sering dirujuk ke istilah apartemen bersubsidi karena konotasi negatif yang melekat. Pemberian kata “bersubsidi” dilakukan berkat subsidi yang diberikan pemerintah terhadap konsumen yang memenuhi syarat. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat tetap dapat membeli rusunami walau tanpa mendapatkan subsidi. Subsidi ini sendiri ada jenis-jenisnya, seperti Subsidi Selisih Bunga hingga maksimum 5% (sesuai golongan), Bantuan Uang Muka hingga maksimum 7 juta (sesuai golongan) dan Bebas PPN.

Syarat mendapatkan subsidi untuk rusunami seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor: 7/PERMEN/M/2007 adalah:

  1. Keluarga/rumah tangga yang baru pertama kali memiliki rumah dan baru pertama kali menerima subsidi perumahan (dibuktikan oleh surat pengantar dari kelurahan)
  2. Gaji pokok pemohon atau pendapatan pokok pemohon perbulan maksimum 4,5 juta
  3. Memiliki NPWP
  4. Harga untuk apartemen dibawah Rp. 144 jt dan rumah dibawah Rp. 55jt

Rusunawa memiliki tampilan yang sama dengan rusunami, walaupun rusunami lebih dirancang untuk memiliki tinggi lebih dari 8 lantai (sehingga mirip apartemen).

Baca juga: Inilah Penjelasannya bagi Yang Belum Tahu Apa Itu Rusunami

 

Itulah informasi dari kami mengenai rusunawa dan rusunami untuk Anda. Bila Anda masih berada dalam kompetisi memasarkan properti Anda kepada orang lain dan masih belum mendapat calon pembeli yang tertarik, Anda bisa menggunakan jasa pengiklanan properti paling baik di Indonesia, Saleshack. Bagi Anda yang belum tahu, Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan properti dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/rusunawa-dan-rusunami/feed/ 0
5 Apartemen di Semarang yang Strategis dan Berfasilitas Lengkap https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-semarang/ https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-semarang/#respond Fri, 01 Feb 2019 03:30:53 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=10321 Apartemen di Semarang Sedang berjalan-jalan ke Semarang atau malah berniat ingin pindah? Semarang memang termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang juga menjadi banyak tujuan pelancong dan pebisnis dari luar kota. Jika investasi Anda ingin disalurkan ke bidang properti, kami punya 5 rekomendasi apartemen di Semarang yang berlokasi strategis dan berfasilitas lengkap. Keindahan kota ini telah terkenal …]]> Apartemen di Semarang

Sedang berjalan-jalan ke Semarang atau malah berniat ingin pindah? Semarang memang termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang juga menjadi banyak tujuan pelancong dan pebisnis dari luar kota. Jika investasi Anda ingin disalurkan ke bidang properti, kami punya 5 rekomendasi apartemen di Semarang yang berlokasi strategis dan berfasilitas lengkap. Keindahan kota ini telah terkenal luas, dan tidak sedikit yang menjadikan kota ini sebagai destinasi tempat tinggal sementara atau investasi jangka panjang.

 

Source: rukamen.com

Apartemen Beverly Hills Semarang

Beverly Hills Apartment berlokasi di pusat kota Semarang sehingga memudahkan aktifitas penghuninya. Apartemen ini dikelilingi oleh berbagai restoran, perkantoran serta pusat perbelanjaan. Selain itu, hunian ini hanya berjarak 30 menit dari stasiun kereta dan bandar udara. Apartemen ini juga memiliki berbagai fasilitas untuk memanjakan penghuninya, termasuk kolam renang, restoran, kafe, sauna dan spa, food court, pusat perbelanjaan, lahan parkir yang memadai serta keamanan 24 jam.

 

Source: rumahdijual.com

Apartemen Sentraland Semarang

Lokasi apartemen di Semarang yang satu ini sangatlah strategis karena berada di tengah kota Semarang. Apartemen ini dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, universitas, pusat perbelanjaan, restaurant, dan masih banyak lagi. Adapun fasilitas yang bisa dinikmati penghuni dan pengunjung apartemen antara lain adalah jogging track, taman bermain anak- anak, restaurant, cafe, gym, pusat kebugaran, ATM, mini market, area parkir luas yang dapat memuat 475 mobil, ruang serbaguna, kartu akses, dan keamanan 24 jam.

 

Apartemen di Semarang

 

Source: rumah.com

Apartemen Marquis De Lafayette

Marquis De Lafayette merupakan salah satu proyek apartemen di Semarang yang dikerjakan oleh Pollux Properties Indonesia. Lokasinya tepat berada di tengah Kota Semarang, yang dikenal sebagai kota industri. Apartemen ini dekat ke berbagai infrakstruktur umum seperti rumah sakit, sekolah dan universitas, pusat perbelanjaan (Paragon Mall) restoran, serta bank. Untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan penghuni, Marquis De Lafayette menyediakan berbagai fasilitas. Antara lain, pusat kebugaran, kolam renang, taman bermain anak, ruang serbaguna, jogging track, area CCTV, keamanan 24 jam, dan masih banyak lagi.

 

Source: seputarsemarang.com

Apartemen The Pinnacle 

The Pinnacle adalah salah satu kompleks hunian mewah yang terdiri dari apartemen dan kondotel, yang berada di Segitiga Emas Kota Semarang. Lokasi ini sangat strategis karena berdekatan dengan area perkantoran (Menara Suara Merdeka) dan perdagangan (Paragon Mall dan DP Mall). Selain itu, apartemen ini dekat dari Simpang Lima, Bandara Ahmad Yani, dan Stasiun Kereta Api. Untuk fasilitas, Anda dapat menemukan pusat kebugaran, kolam renang (skypool), jogging track, lapangan tenis, gym, sauna, spa, taman bermain anak- anak, ruang serbaguna, laundry, restaurant, cafe, mini market, CCTV, kartu akses, dan keamanan 24 jam di sini.

 

Source: seputarsemarang.com

Apartemen Warhol Residence

Apartemen di Semarang yang satu ini berdekatan dengan letak Simpang Lima Semarang. Lokasi Apartemen Warhol Residence juga dapat dikatakan strategis karena berada di pusat kota Semarang dan memiliki akses jalan yang mudah menuju jalan Ahmad Yani yang merupakan area utama bisnis di kota Semarang. Letak apartemen ini hanya 50 m dari Simpang Lima dan 1 km dari Tugu Muda.

Penghuni dan pengunjung pun dimanjakan oleh skypool di rooftop gedung apartemen ini. Selain itu, penghuni dan pengunjung juga dapat menikmati jogging track, kolam renang, dan tempat kebugaran setiap hari untuk sarana berolahraga. Apartemen juga menyediakan fasilitas lainnya seperti restoran, sauna, jacuzzi, aula, BBQ area, ruang pertemuan, dan taman bermain untuk anak-anak.

Baca lebih lanjut di Daftar Apartemen di Area Semarang.

 

Demikianlah apartemen di Semarang berlokasi strategis dan berfasilitas lengkap yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Bila Anda memiliki properti di Semarang yang dapat disewakan kepada orang lain, sudah saatnya Anda mencoba untuk menggunakan Saleshack! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-semarang/feed/ 0