Rukamen Blog https://www.rukamen.com/blog Apartemen Things in Indonesia Tue, 19 Jun 2018 05:56:49 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.7.3 https://www.rukamen.com/blog/wp-content/plugins/squirrly-seo/themes/default/css/sq_feed.css Tips Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga https://www.rukamen.com/blog/tips-memanfaatkan-ruang-bawah-tangga/ https://www.rukamen.com/blog/tips-memanfaatkan-ruang-bawah-tangga/#respond Tue, 19 Jun 2018 05:56:49 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9527 Tips Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Apakah Anda bingung dengan area di bawah tangga yang memiliki ukuran tanggung? Jika Anda ingin memanfaatkan setiap sentimeter dari sudur rumah Anda, maka Anda bisa mengikuti tips interior berikut dalam mempergunakan sudut bawah tangga di bawah ini Ruang Membaca Bentuk sudut di bawah tangga ideal untuk dijadikan ruang baca yang nyaman. Anda tinggal menambahkan lampu …]]> Tips Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Apakah Anda bingung dengan area di bawah tangga yang memiliki ukuran tanggung? Jika Anda ingin memanfaatkan setiap sentimeter dari sudur rumah Anda, maka Anda bisa mengikuti tips interior berikut dalam mempergunakan sudut bawah tangga di bawah ini

Ruang Membaca

Sumber: redfin

Bentuk sudut di bawah tangga ideal untuk dijadikan ruang baca yang nyaman. Anda tinggal menambahkan lampu baca, sofa atau kasur nyaman untuk Anda bersantai sambil membaca buku.

Rak Buku

Sumber: Cotton Bar Pinterest

Anda bisa menjadi lebih kreatif dan menggunakan area bawah tangga menjadi rak buku. Ciptakan rak buku dengan bentuk unik sehingga area yang tadinya terlihat canggung itu menjadi lebih menarik dengan deretan buku-buku favorit Anda.

Ruang Bermain Anak

Sumber: kidsroomideas

Jika Anda tidak memiliki cukup ruang bagi anak-anak Anda leluasa bermain tanpa Anda takut mereka terluka atau ke bagian-bagian rumah bahaya yang tidak seharusnya dijangkau anak, maka Anda bisa menggunakan area bawah tangga sebagai ruang bermain anak yang lucu dan nyaman.

Ruang Kerja

Sumber: HGTV

Jika tidak memiliki ruang cukup untuk dijadikan ruang kerja, maka Anda bisa menggunakan area bawah tangga sebagai alternatif.

Ruang Untuk Hewan Peliharaan

Sumber: Fallinpets

Ingin perlakuan lebih spesial untuk hewan peliharaan keluarga Anda? Gunakan area bawah tangga dengan cara menutupnya dengan pintu dari besi.

Ruang Rias

Sumber: Godownsize

Tingkatkan fungsi setiap sudut rumah Anda dengan menjadikan area bawah tangga sebagai ruang rias. Anda cukup menambahkan wastafel, cermin, dan Anda bisa dengan mudah menciptakan ruang rias.

Ruang Penyimpanan Minuman

Memiliki koleksi minuman yang banyak? Manfaatkan area bawah tangga dengan cara menggunakan rak-rak unik dan cantik untuk memperlihatkan koleksi minuman Anda tersebut.

Area coffee bar

Sumber: Contemporist

Jika Anda adalah pecinta kopi dan telah berinvestasi pada mesin kopi kesukaan Anda dan memiliki koleksi kopi beragam, maka Anda bisa mendedikasikan area ini sebagai area bar kopi yang dijamin akan secara instan menjadi sudut favorit Anda di rumah.

Ruang Serba Guna

Sumber: Homedit

Anda bisa juga menggunakan area bawah tangga sebagai tempat penyimpanan berbagai keperluan sebelum beranjak pergi (sepatu, jaket, kunci mobil, topi, dll), tempat meletakkan alat-alat bersih, mesin cuci, mesin pengering, dll.

Baca juga: Membuat Sudut Baca di Kamar

]]>
https://www.rukamen.com/blog/tips-memanfaatkan-ruang-bawah-tangga/feed/ 0
Inspirasi Mengorganisasi Pantry di Dapur Anda https://www.rukamen.com/blog/inspirasi-mengorganisasi-pantry-di-dapur-anda/ https://www.rukamen.com/blog/inspirasi-mengorganisasi-pantry-di-dapur-anda/#respond Mon, 18 Jun 2018 09:07:15 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9564 Inspirasi Mengorganisasi Pantry di Dapur Anda Pantry adalah salah satu bagian paling penting dari dapur rumah Anda. Pantry adalah ruangan yang Anda gunakan untuk menyimpan semua bahan-bahan makanan. Karena sangat mempengaruhi kerapian keseluruhan dapur Anda, sangat penting untuk menjaga pantry agar tetap terorganisasi. Anda bisa menciptakan pantry dimanapun juga, bahkan di balik pintu dapur sekalipun. Berikut ini adalah beberapa inspirasi dekorasi dan organisasi pantry seperti yang sering Anda lihat …]]> Inspirasi Mengorganisasi Pantry di Dapur Anda

Pantry adalah salah satu bagian paling penting dari dapur rumah Anda. Pantry adalah ruangan yang Anda gunakan untuk menyimpan semua bahan-bahan makanan. Karena sangat mempengaruhi kerapian keseluruhan dapur Anda, sangat penting untuk menjaga pantry agar tetap terorganisasi.

Anda bisa menciptakan pantry dimanapun juga, bahkan di balik pintu dapur sekalipun. Berikut ini adalah beberapa inspirasi dekorasi dan organisasi pantry seperti yang sering Anda lihat di website Pinterest dari situs favorit kami The Home Edit

Baca juga: Tips Memaksimalkan Penyimpanan di Dapur Kecil

Sumber: Magnolia Lane


]]>
https://www.rukamen.com/blog/inspirasi-mengorganisasi-pantry-di-dapur-anda/feed/ 0
Program Sejuta Rumah Jokowi Diminati Negara Asing https://www.rukamen.com/blog/program-sejuta-rumah-jokowi-diminati-negara-asing/ https://www.rukamen.com/blog/program-sejuta-rumah-jokowi-diminati-negara-asing/#respond Sun, 17 Jun 2018 04:02:38 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9647 Program Sejuta Rumah Jokowi Diminati Negara Asing Pemerintah Indonesia sedang menjalankan program pembangunan sejuta rumah sejak akhir April 2015. Program ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan hunian layak bagi semua kalangan masyarakat. Program yang menargetkan masyarakat berpenghasilan rendah ini memberikan kemudahan-kemudahan dalam membeli rumah, baik secara tunai maupun kredit. Beberapa contoh kemudahan yang diberikan antara lain adalah pembebasan uang muka dan PPn, …]]> Program Sejuta Rumah Jokowi Diminati Negara Asing

Pemerintah Indonesia sedang menjalankan program pembangunan sejuta rumah sejak akhir April 2015. Program ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan hunian layak bagi semua kalangan masyarakat. Program yang menargetkan masyarakat berpenghasilan rendah ini memberikan kemudahan-kemudahan dalam membeli rumah, baik secara tunai maupun kredit.

Beberapa contoh kemudahan yang diberikan antara lain adalah pembebasan uang muka dan PPn, pemberian subsidi bunga kredit, serta tenor kredit mencapai 20 tahun. Semuanya ini juga didukung oleh pengembang, baik BUMN maupun pengembang swasta.

Selain disambut baik oleh kalangan masyarakat Indonesia, program sejuta rumah ini ternyata juga diminati oleh banyak negara lain. Negara-negara tetangga banyak yang meminta penjelasan tentang penyediaan rumah murah bagi masyarakat seperti yang sudah ada di Indonesia. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI), Soelaeman Soemawinata.

Diketahui bahwa dari 68 negara yang bergabung di FIABCI, Indonesia diperkirakan menjadi satu-satunya negara yang pemerintahnya membuat konsep rumah terjangkau dengan mengedepankan peran swasta di dalamnya. FIABCI adalah bahasa Prancis “Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers”, yang artinya adalah “Federasi Real Estat Internasional”.

Beberapa negara yang tertarik untuk mengikuti program affordable housing seperti di Indonesia antara lain adalah Mesir, Taiwan, dan Amerika Serikat (di state Hawaii).

Menurut Soelaeman, beberapa alasan banyak negara tertarik menerapkan program sejuta rumah adalah karena dengan rumah murah, banyak masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa mendapatkan rumah yang layak. Ini sangat menarik minat negara-negara, khususnya negara-negara berkembang.

Kedua, hanya Indonesia yang menyediakan hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan melakukan kolaborasi dengan swasta. Indonesia juga satu-satunya negara yang pemerintahnya mengedepankan regulasi dalam membangun rumah murah. Ini menjadi role model sehingga banyak yang tertarik.

Baca juga: Pemerintah Turunkan Target Sejuta Rumah Tahun Ini

Sumber: Republika, Okezone

]]>
https://www.rukamen.com/blog/program-sejuta-rumah-jokowi-diminati-negara-asing/feed/ 0
Inilah Perbedaan Notaris dan PPAT https://www.rukamen.com/blog/inilah-perbedaan-notaris-dan-ppat/ https://www.rukamen.com/blog/inilah-perbedaan-notaris-dan-ppat/#respond Sat, 16 Jun 2018 04:25:54 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9630 Inilah Perbedaan Notaris dan PPAT Banyak orang masih bingung dengan perbedaan Notaris dan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). Padahal, dari segi tugas dan fungsi sangatlah berbeda. Begitu pula dengan kewenangannya. Memang, banyak notaris yang merangkap profesinya sebagai PPAT, tetapi tahukah Anda bahwa keduanya berbeda? Secara umum, notaris adalah pejabat umum yang berwenang membuat akta otentik dan kewenangan lainnya sebagaimana dituliskan …]]> Inilah Perbedaan Notaris dan PPAT

Banyak orang masih bingung dengan perbedaan Notaris dan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah). Padahal, dari segi tugas dan fungsi sangatlah berbeda. Begitu pula dengan kewenangannya. Memang, banyak notaris yang merangkap profesinya sebagai PPAT, tetapi tahukah Anda bahwa keduanya berbeda?

Secara umum, notaris adalah pejabat umum yang berwenang membuat akta otentik dan kewenangan lainnya sebagaimana dituliskan dalam Undang-Undang Pasal 1 angka 1 UUJN. Sedangkan PPAT adalah pejabat umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta-akta otentik yang berhubungan dengan perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun (Pasal 1 angka 1 PP 37/1998).

Wewenang notaris

Berikut ini adalah wewenang notaris:

  1. Mengesahkan tanda tangan dan menetapkan kepastian tanggal surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus (legalisasi)
  2. Membukukan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus (waarmerking)
  3. Membuat akta otentik tentang perjanjian ataupun ketetapan
  4. Melakukan pengesahan kecocokan fotokopi dengan surat aslinya
  5. Memberikan penyuluhan hukum sehubungan dengan pembuatan akta
  6. Membuat akta jual beli dan sertifikat tanah

Wewenang PPAT

Sementara wewenang yang dapat dilakukan PPAT meliputi urusan pertanahan mulai dari:

  1. Jual beli
  2. Tukar menukar
  3. Hibah
  4. Pemasukan ke dalam perusahaan (inbreng)
  5. Pembagian hak bersama
  6. Pemberian Hak Guna Bangunan/Hak Pakai atas Tanah Hak Milik
  7. Pemberian Hak Tanggungan
  8. Pemberian Kuasa membebankan Hak Tanggungan.

Kewenangan Wilayah Kerja

Jadi, jika Anda memiliki tanah dan bangunan yang akan disewa atau dijual kepada orang lain, maka Anda bisa mengurus surat-surat dan akta perjanjian melalui kantor notaris yang berada di sekitar tempat tinggal. Anda tidak perlu mendatangi kantor notaris terdekat sesuai dengan area properti tersebut.

Contohnya, jika Anda ingin menjual rumah di Bandung kepada pembeli/penyewa yang menetap di Jakarta, maka untuk penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) nya, Anda dan pembeli/penyewa tidak perlu mengunjungi kantor notaris yang berada di Bandung, cukup di wilayah Bogor.

Sumber: Liputan6

]]>
https://www.rukamen.com/blog/inilah-perbedaan-notaris-dan-ppat/feed/ 0
Seperti Ini Apartemen Carrie Bradshaw di Tahun 2018 https://www.rukamen.com/blog/seperti-ini-apartemen-carrie-bradshaw-di-tahun-2018/ https://www.rukamen.com/blog/seperti-ini-apartemen-carrie-bradshaw-di-tahun-2018/#respond Fri, 15 Jun 2018 05:06:19 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9651 Seperti Ini Apartemen Carrie Bradshaw di Tahun 2018 Film seri favorit di tahun 90-an, Sex and the City mulai tayang 20 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 6 Juni 1998. Serial ini membuat para wanita bermimpi ingin tinggal di New York. Bagaimana kira-kira apartemen milik karakter di serial ini di tahun 2018? Perusahaan desain interior Modsy membuat render untuk membayangkan bagaimana kira-kira apartemen milik Carrie, …]]> Seperti Ini Apartemen Carrie Bradshaw di Tahun 2018

Film seri favorit di tahun 90-an, Sex and the City mulai tayang 20 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 6 Juni 1998. Serial ini membuat para wanita bermimpi ingin tinggal di New York. Bagaimana kira-kira apartemen milik karakter di serial ini di tahun 2018? Perusahaan desain interior Modsy membuat render untuk membayangkan bagaimana kira-kira apartemen milik Carrie, Samantha, Miranda, dan Charlotte akan terlihat di tahun 2018.

Berikut ini adalah foto-fotonya

Apartemen Carrie

Modsy membayangkan apartemen Carrie akan modern dengan perabotan-perabotan berani, seperti sofa dengan warna biru terang.

Apartemen Samantha

Modsy membuat apartemen Samantha dengan kesan seksi dan berkelas, merefleksikan karakter Samantha yang sebenarnya. Bersihn dan minimal, apartemen ini memiliki kesan dramatis dan berani.

Apartemen Charlotte

Modsy menggunakan kesan klasik dengan menambahkan minimalisme di apartemen Charlotte, serta menggunakan warna-warna yang konservatif. Modsy membayangkan bahwa apartemen Charlotte akan menjadi tempat yang nyaman untuk menghibur tamu, mulai dari menikmati secangkir kopi, atau nonton bersama-sama.

Apartemen Miranda

Untuk apartemen Miranda, Modsy menggunakan konsem kontemporer minimalis, sesuai dengan karakter Miranda yang ingin semuanya serba praktis.

Baca juga: Rumah Ellen Degeneres di Beverly Hills Ini Dijual

Sumber: Modsy

]]>
https://www.rukamen.com/blog/seperti-ini-apartemen-carrie-bradshaw-di-tahun-2018/feed/ 0
Tips Mengumpulkan Uang DP Bagi Pasangan Muda https://www.rukamen.com/blog/tips-mengumpulkan-uang-dp-bagi-pasangan-muda/ https://www.rukamen.com/blog/tips-mengumpulkan-uang-dp-bagi-pasangan-muda/#respond Thu, 14 Jun 2018 10:26:10 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9621 Tips Mengumpulkan Uang DP Bagi Pasangan Muda Jika Anda adalah pasangan muda yang bermimpi ingin membeli hunian pertama, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti mengurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif dan mulai menyisihkannya untuk menabung. Tapi, menabung bukanlah hal yang mudah, apalagi pengeluaran bulanan semakin mahal. Berikut ini adalah tips bagi pasangan muda yang sedang berjuang dalam mengumpulkan uang DP rumah …]]> Tips Mengumpulkan Uang DP Bagi Pasangan Muda

Jika Anda adalah pasangan muda yang bermimpi ingin membeli hunian pertama, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti mengurangi pengeluaran yang bersifat konsumtif dan mulai menyisihkannya untuk menabung. Tapi, menabung bukanlah hal yang mudah, apalagi pengeluaran bulanan semakin mahal. Berikut ini adalah tips bagi pasangan muda yang sedang berjuang dalam mengumpulkan uang DP rumah atau apartemen.

Lakukan Kencan Gratis

Ada banyak aktifitas seru yang bisa dilakukan pasangan mudah tanpa menghabiskan banyak uang, di antaranya adalah dengan mengunjungi museum, festival budaya, melihat pameran lukisan terbuka, atau menonton pertunjukan band lokal. Anda juga bisa makan malam romantis di rumah dengan memasak masakan favorit berdua.

Mendaftar Program Loyalitas Konsumen

Memang pasti banyak dari antara Anda yang tidak berminat mendengar tentang program loyalitas konsumen. Padahal, meski terlihat sepele, menjadi anggota program loyalitas konsumen bisa menghemat pengeluaran bulanan. Dengan menggunakan promo yang ada, Anda bisa mendapatkan diskon atau promosi menarik.

Buat Daftar Belanja Bulanan

Dengan mencatat apa saja yang Anda butuhkan, Anda akan terhindar dari pembelian impulsif dimana Anda membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Tapi, jika supermarket sedang mengadakan diskon, Anda bisa juga memanfaatkannya untuk membeli stok.

Lakukan Liburan Ekonomis

Bekerja setiap hari memang bisa membuat stress dan bosan. Anda bisa mengusir rasa penat dan stress tersebut dengan menyisihkan waktu berlibur. Berlibur tidak harus mahal, Anda bisa memanfaatkan promo voucher hotel atau memilih tempat liburan yang lokasinya tidak jauh dan tidak memakan biaya banyak.

Baca juga: Inilah Rumah Idaman Generasi Millenial

]]>
https://www.rukamen.com/blog/tips-mengumpulkan-uang-dp-bagi-pasangan-muda/feed/ 0
Inilah Skema Pembiayaan Hunian Dengan KPR Syariah https://www.rukamen.com/blog/inilah-skema-pembiayaan-hunian-dengan-kpr-syariah/ https://www.rukamen.com/blog/inilah-skema-pembiayaan-hunian-dengan-kpr-syariah/#respond Wed, 13 Jun 2018 05:55:55 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9521 Inilah Skema Pembiayaan Hunian Dengan KPR Syariah Banyak orang memilih KPR Syariah dibanding KPR konvensional. Beberapa alasannya diantaranya sebagai berikut: Karena menggunakan prinsip jual-beli syariah atau murabahah, proses transaksi bukan berupa transaksi uang seperti di KPR Konvensional, tetapi dalam bentuk barang sehingga nilai cicilan sudah ditentukan dari awal dan tidak ada bunga. Tidak bergantung pada suku bunga Bank Indonesia karena tidak ada …]]> Inilah Skema Pembiayaan Hunian Dengan KPR Syariah

Banyak orang memilih KPR Syariah dibanding KPR konvensional. Beberapa alasannya diantaranya sebagai berikut:

  1. Karena menggunakan prinsip jual-beli syariah atau murabahah, proses transaksi bukan berupa transaksi uang seperti di KPR Konvensional, tetapi dalam bentuk barang sehingga nilai cicilan sudah ditentukan dari awal dan tidak ada bunga.
  2. Tidak bergantung pada suku bunga Bank Indonesia karena tidak ada bunga yang dibebankan.
  3. Dengan cicilan tetap, konsumen bisa melakukan perencanaan keuangan dengan lebih mudah dan murah.
  4. Prinsip syariah yang digunakan membuat kredit berjalan tanpa penalti atau denda; baik saat tidak membayar cicilan tepat waktu maupun saat konsumen ingin melunasi pembayaran di awal.
  5. Karena menggunakan prinsip syariah, persyaratan yang dipenuhi lebih mudah, sehingga proses pengajuan juga lebih cepat.
  6. Nilai uang muka KPR Syariah lebih ringan, yaitu 10% dari harga rumah atau apartemen.

Baca juga:  Alasan Banyak Orang Memilih KPR Syariah Dibanding KPR Konvensional

KPR yang ditawarkan oleh bank syariah biasnaya disebut KPR iB atau Kredit Pemilikan Rumah Islamic Banking. Berbeda dari KPR konvensional yang menggunakan prinsip peminjaman uang, KPR iB menggunakan konsep transaksi jual-beli dalam pembiayaan rumah. Prinsip jual-beli tersebut dituangkan dalam bentuk berbeda-beda.

Bentuk akad pertama yaitu murabahah (jual-beli) yang merupakan bentuk akad paling sederhana, konsepnya sama seperti penerapan sistem bunga flat pada kredit konvensional. Margin yang ditetapkan biasanya disepakati hingga masa angsuran selesai. Semakin rendah margin, semakin pendek tenornya.

Bentuk akad kedua adalah IMBT. Akad IMBT menganut prinsip kontrak sewa-hibah. Besaran cicilan merupakan harga rumah ditambah dengan ujrah (margin sewa). Akad IMBT memberikan tenor yang lebih panjang sehingga besar cicilan lebih rendah (tergantung besarnya uang muka sewa serta harga rumah).

Bentuk akad ketiga adalah MMQ yang memiliki unsur sewa-menywa juga. Berbeda dengan akad IMBT, rumah yang dibeli dengan akad MMQ merupakan rumah milik bersama hingga masa angsuran selesai. Besaran ujrah lebih fleksibel dan periode pembiayaan pun bisa lebih panjang.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/inilah-skema-pembiayaan-hunian-dengan-kpr-syariah/feed/ 0
Checklist Rumah Pertama: Barang Yang Wajib Dibeli & Yang Bisa Dibeli Kemudian https://www.rukamen.com/blog/checklist-rumah-pertama-barang-yang-wajib-dibeli-yang-bisa-dibeli-kemudian/ https://www.rukamen.com/blog/checklist-rumah-pertama-barang-yang-wajib-dibeli-yang-bisa-dibeli-kemudian/#respond Tue, 12 Jun 2018 08:21:03 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9512 Checklist Rumah Pertama: Barang Yang Wajib Dibeli & Yang Bisa Dibeli Kemudian Apakah Anda baru saja membeli rumah pertama tetapi anggaran untuk mengisi rumah terbatas? Memang mengisi rumah memerlukan uang yang tidak sedikit. Tapi, jika Anda mengetahui barang-barang apa saja yang sebaiknya dibeli sekarang dan apa saja yang bisa dibeli kemudian, maka Anda tidak akan stress. Kunci dalam mengisi rumah adalah mencicil dari barang-barang kebutuhan sehari-hari, perbaikan-perbaikan …]]> Checklist Rumah Pertama: Barang Yang Wajib Dibeli & Yang Bisa Dibeli Kemudian

Apakah Anda baru saja membeli rumah pertama tetapi anggaran untuk mengisi rumah terbatas? Memang mengisi rumah memerlukan uang yang tidak sedikit. Tapi, jika Anda mengetahui barang-barang apa saja yang sebaiknya dibeli sekarang dan apa saja yang bisa dibeli kemudian, maka Anda tidak akan stress.

Kunci dalam mengisi rumah adalah mencicil dari barang-barang kebutuhan sehari-hari, perbaikan-perbaikan atau renovasi yang harus dilakukan, dan barang-barang perintilan seperti aksesoris, dekorasi, dll yang bisa dibeli kemudian.

Berikut ini adalah barang-barang yang wajib dibeli segera dan barang-barang yang bisa dibeli kemudian

Barang-barang yang dibeli segera

Matras

Untuk menghilangkan lelah setelah sibuk dan lelah mencari, membeli, mengurus segala surat-surat rumah, Anda patut menghadiahkan diri Anda dengan matras dengan kualitas baik. Jadikan matras sebagai investasi karena Anda menghabiskan lebih dari delapan jam setiap harinya untuk istirahat, jadikan istirahat tersebut berkualitas. Apalagi, matras bisa digunakan dalam jangka waktu lama, bukan hanya 3-5 tahun saja.

Sofa

Sofa adalah perabotan kedua yang wajib dimiliki setiap rumah. Sofa adalah furnitur besar yang paling banyak gungsi nya. Jika di rumah Anda ada anak-anak atau binatang peliharaan, pilih sofa dengan bahan yang tahan lama. Jika tidak, pilih bahan-bahan kain mewah yang bisa menciptakan nilai elegan dalam rumah Anda.

Lighting

Peletakkan lampu-lampu di rumah bisa menambah nilai keindahan rumah Anda karena susah untuk tidak dilihat. Pilih lampu-lampu yang masuk ke anggaran Anda dan mainkan lampu-lampu untuk menciptakan atmosfir yang hangat, seperti misalnya memasang lampu yang menyorot ke atas, dll.

Pelengkap jendela

Walaupun tirai sifatnya merupakan barang dekoratif, ia juga merupakan suatu benda fungsional yang tidak bisa dilupakan. Jika Anda ingin privasi Anda terjaga, pastikan untuk memasang tirai di jendela-jendela Anda segera.

Peralatan dapur yang dasar

Peralatan makan dan masak yang mendasar yang diperlukan untuk menyantap makanan sederhana wajib dibeli segera setelah pindah rumah. Awalnya, Anda hanya memerlukan panci goreng, panci rebus, perlengkapan pisau, sendok-garpu, spatula, gelas, piring, mangkuk.

Sentuhan personal

Jadikan rumah Anda terasa lebih menyenangkan tanpa menghabiskan uang banyak dengan cara mendekorasinya dengan barang-barang personal Anda, seperti foto-foto, karya seni anak-anak, dll.

Perlengkapan kamar mandi

 Anda harus segera melengkapi perlengkapan kamar mandi Anda seperti handuk, keset, perlengkapan mandi, tirai mandi, dll. Anda bisa melengkapi aksesorisnya, seperti lilin, sabun-sabun mewah, dll nanti.

Barang-barang yang bisa dibeli kemudian

Papan kasur

Papan kasur bisa dibeli di kemudian haru karena sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi kualitas tidur Anda. Cara mudah dan murah untuk menciptakan papan tempat tidur adalah dengan menggunakan bingkai besi yang dilapisi selimut. Selain murah, tempat tidur Anda juga akan terlihat lebih indah.

Karpet-karpet

Karpet memang bisa digunakan untuk memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya, menciptakan kehangatan di suatu ruangan, serta menciptakan dekorasi kontemporer yang indah. Tapi, cari karpet pelan-pelan untuk memastikan Anda menggunakan karpet-karpet yang memang Anda sukai. Jangan terburu-buru membeli sehingga akhirnya tidak sesuai dengan konsep desain Anda.

Meja-meja tambahan

Meja tamu, meja samping tempat tidur, dll memang menciptakan keseimbangan dan menambah keindahan suatu ruangan. tapi barang-barang ini bukan barang-barang yang harus ada langsung setelah Anda pindah. Jadikan ini sebagai aksesoris untuk melengkapi look dari rumah Anda, sama seperti karpet, carilah perlahan-lahan sampai Anda benar-benar menemukan meja-meja yang Anda sukai.

Piring-piring cantik

Setelah Anda sudah berhasil melengkapi perlengkapan dapur yang dasar, Anda baru bisa melengkapi koleksi piring-piring cantik Anda, atau peralatan masak yang mahal dan cantik.

Baca juga: Membeli Rumah Pertama Lebih Baik Rumah Tapak Atau Apartemen?

Sumber: Apartment Therapy

]]>
https://www.rukamen.com/blog/checklist-rumah-pertama-barang-yang-wajib-dibeli-yang-bisa-dibeli-kemudian/feed/ 0
Perbedaan SHM dan HGB Secara Singkat https://www.rukamen.com/blog/perbedaan-shm-dan-hgb-secara-singkat/ https://www.rukamen.com/blog/perbedaan-shm-dan-hgb-secara-singkat/#respond Sun, 10 Jun 2018 04:14:54 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9628 Perbedaan SHM dan HGB Secara Singkat Ketika membicarakan tentang kepemilikan properti, maka tidak lepas dari surat-surat atau sertifikat yang ada. Perbedaan antara SHM (Sertifikat Hak Milik) dan HGB (Hak Guna Bangunan) sangat penting untuk diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu properti karena behubungan dengan legalitas dan tingkatan status kepemilikan. Sebagai informasi, hak kepemilikan tanah yang bisa menggunakan fasilitas KPR hanya …]]> Perbedaan SHM dan HGB Secara Singkat

Ketika membicarakan tentang kepemilikan properti, maka tidak lepas dari surat-surat atau sertifikat yang ada. Perbedaan antara SHM (Sertifikat Hak Milik) dan HGB (Hak Guna Bangunan) sangat penting untuk diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu properti karena behubungan dengan legalitas dan tingkatan status kepemilikan.

Sebagai informasi, hak kepemilikan tanah yang bisa menggunakan fasilitas KPR hanya kedua jenis tersebut: HGB dan SHM. Oleh karena itu, pastikan rumah yang Anda incar memiliki sertifikat salah satu diantara keduanya.

 

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara SHM dan HGB agar Anda tidak salah memilih.

Baca juga: Arti Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) dan Bedanya Dengan Sertifikat Hak Milik (SHM)

Sertifikat Hak Guna Bangunan

Biasanya, properti dengan status HGB dikembangkan menjadi sesuatu yang bersifat komersial. Developer biasanya menggunakan lahan berstatus HGB untuk perumahan atau apartemen yang dijualnya. HGB adalah kewenangan yang diberikan oleh pemerintah dengan bentuk suatu hak untuk meggunakan lahan yang bukan miliknya sendiri dengan jangka waktu 30 tahun dan dapat diperpanjang maksimum 20 tahun.

Sertifikat Hak Milik

SHM adalah jenjang sertifikat hak atas sebuah tanah yang paling tinggi dan paling kuat. SHM merupakan surat paling kuat karena jenis sertifikat ini pemegangnya memiliki kekuasaan penuh sebagai pemilik dari suatu lahan dengan luas tertentu yang tercantum dalam surat tersebut dengan jangka waktu yang tidak terbatas.

Karena itulah pemegang sertifikat yang tercantum dalam surat ini menjadi pemilik seutuhnya tanpa adanya campur tangan dan kemungkinan kepemilikan bagi pihak lain.

Sumber: Liputan6

]]>
https://www.rukamen.com/blog/perbedaan-shm-dan-hgb-secara-singkat/feed/ 0
Anda Pasti Tidak Percaya Kalau Perabotan Rumah Ini Dari Limbah https://www.rukamen.com/blog/anda-pasti-tidak-percaya-kalau-perabotan-rumah-ini-dari-limbah/ https://www.rukamen.com/blog/anda-pasti-tidak-percaya-kalau-perabotan-rumah-ini-dari-limbah/#respond Sat, 09 Jun 2018 04:15:25 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=9600 Anda Pasti Tidak Percaya Kalau Perabotan Rumah Ini Dari Limbah Perusahaan ilmu teknik asal Taipei, Miniwiz yang sudah terkenal sebagai pelopor teknologi untuk ekonomi sirkular (sistem ekonomi ramah lingkungan dengan cara reuse dan recycle). Perusahaan inovatif ini akhirnya membuat proyek baru dengan bekerja sama dengan perusahaan perlengkapan rumah bernama Pentatonic untuk menciptakan House of Trash (rumah limbah), sebuah pameran rumah desain yang mempertunjukkan dekorasi dan perabotan sehari-hari yang terbuat …]]> Anda Pasti Tidak Percaya Kalau Perabotan Rumah Ini Dari Limbah

Perusahaan ilmu teknik asal Taipei, Miniwiz yang sudah terkenal sebagai pelopor teknologi untuk ekonomi sirkular (sistem ekonomi ramah lingkungan dengan cara reuse dan recycle). Perusahaan inovatif ini akhirnya membuat proyek baru dengan bekerja sama dengan perusahaan perlengkapan rumah bernama Pentatonic untuk menciptakan House of Trash (rumah limbah), sebuah pameran rumah desain yang mempertunjukkan dekorasi dan perabotan sehari-hari yang terbuat dari limbah konsumen.

House of Trash sudah dikenal secara internasional dan baru saja berhasil berekspansi ke pasar MIlan. Berada di Foro Bonaparte di tengah kota Milan, rumah ini dipenuhi dengan banyak contoh-contoh produk Pentatonic. Berdasarkan deskripsinya, ruangan ini merupakan demonstrasi 360 derajat terhadap dunia nyata akan apa yang bisa dicapai dengan mengubah limbah konsumen menjadi produk yang berguna.

Semuanya, mulai dari bungkus makanan, gelas kopi, hingga perabotan dan karya seni dari rumah ini dibuat dari limbah. Selain itu juga terdapat contoh dari koleksi komponen benang modular Pentatonic bernama AirTool Soft, dimana benang tersebut diambil dari benang tenun Italia.

Setelah pameran ini, rumah ini akan menjadi rumah permanen dimana perusahaan-perusahaan yang menganut pada kesinambungan bumi bisa mempertunjukkan inovasi hijau terbaru mereka. Ruang ini juga memungkinkan orang dan perusahaan dari berbagai latar untuk menjadi satu dan bekerja sama dalam menunjukkan ide tentang kesinambungan, daur ulang, dan kesadaran ekonomi.

Yuk, intip isi dari rumah House of Trash di Milan

]]>
https://www.rukamen.com/blog/anda-pasti-tidak-percaya-kalau-perabotan-rumah-ini-dari-limbah/feed/ 0