Rukamen Blog https://www.rukamen.com/blog Apartemen Things in Indonesia Mon, 16 Oct 2017 08:29:43 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.7.3 https://www.rukamen.com/blog/wp-content/plugins/squirrly-seo/themes/default/css/sq_feed.css Ini Pengembang Terbaik Tahun 2017 Versi Indonesia Property Awards https://www.rukamen.com/blog/ini-pengembang-terbaik-tahun-2017-versi-indonesia-property-awards/ https://www.rukamen.com/blog/ini-pengembang-terbaik-tahun-2017-versi-indonesia-property-awards/#respond Mon, 16 Oct 2017 08:29:43 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7406 Ini Pengembang Terbaik Tahun 2017 Versi Indonesia Property Awards Penghargaan tahunan yang diadakan ketiga kalinya di Fairmont Jakarta pada tahun 12 Oktober 2017, PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari Asia Property Awards yang diselenggarakan sejak tahun 2005. Indonesia Property Awards sendiri diawasi oleh BDO, perusahaan akuntansi dan audit paling besar ke lima di dunia. Indonesia Property Awards adalah penghargaan real estate terbesar dan …]]> Ini Pengembang Terbaik Tahun 2017 Versi Indonesia Property Awards

Penghargaan tahunan yang diadakan ketiga kalinya di Fairmont Jakarta pada tahun 12 Oktober 2017, PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari Asia Property Awards yang diselenggarakan sejak tahun 2005. Indonesia Property Awards sendiri diawasi oleh BDO, perusahaan akuntansi dan audit paling besar ke lima di dunia.

Indonesia Property Awards adalah penghargaan real estate terbesar dan paling bergengsi di Indonesia, yang memberikan penghargaan kepada developer, proyek dan desain paling bai di Jakarta, Bali, Bintan and Batam, Surabaya, Lombok, Makassar, dan Medan.

Tahun ini, Agung Sedayu Group menjadi pengembang properti terbaik yang terpilih. Grup ini dianggap paling produktif selama tahun 2017 dan memenuhi semua kriteria yang ditetapkan juri. Hendra Hartono, selaku Ketua Panel Juri Indonesia Property Awards 2017 mengatakan bahwa Agung Sedayu telah mengembangkan setidaknya delapan proyek besar pada tahun ini

Proyek-proyek tersebut yaitu: Puri Mansion, Sedayu City, Menteng Park, Gold Coast, Taman Anggrek Residences, District 8, Green Sedayu City, dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. Agung Sedayu sendiri masuk nominasi di 23 kategori: 17 di antaranya menang dan enamnya direkomendasikan. District 8 sendiri menang dalam Best Mixed Use Development.

Konsep integrated development benar-benar terintegrasi dengan properti komersial di jantung bisnis ibu kota, karena itulah Alexander H Kusuma, CEO High Rise Agung Sedayu Group, berani menyatakan bahwa proyek ini adalah proyek properti andalan Agung Sedayu Group.

]]>
https://www.rukamen.com/blog/ini-pengembang-terbaik-tahun-2017-versi-indonesia-property-awards/feed/ 0
Perlengkapan Rumah Cantik Terinspirasi Dari Gaun Pernikahan https://www.rukamen.com/blog/perlengkapan-rumah-cantik-terinspirasi-dari-gaun-pernikahan/ https://www.rukamen.com/blog/perlengkapan-rumah-cantik-terinspirasi-dari-gaun-pernikahan/#respond Sun, 15 Oct 2017 05:04:05 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7366 Perlengkapan Rumah Cantik Terinspirasi Dari Gaun Pernikahan Gaun pernikahan yang cantik memang merupakan sumber inspirasi yang cocok untuk desain rumah: bersih, elegan, dan sedikit sentuhan drama. Perusahaan furnitur Pottery Barn bekerja sama dengan desainer pengantin Monique Lhuillier untuk mengeluarkan koleksi perlatan rumah yang terinspirasi dari koleksi musim semi 2017 nya. Koleksi ini terdiri dari berbagai macam perlatan rumah cantik, dimulai dari set …]]> Perlengkapan Rumah Cantik Terinspirasi Dari Gaun Pernikahan

Gaun pernikahan yang cantik memang merupakan sumber inspirasi yang cocok untuk desain rumah: bersih, elegan, dan sedikit sentuhan drama. Perusahaan furnitur Pottery Barn bekerja sama dengan desainer pengantin Monique Lhuillier untuk mengeluarkan koleksi perlatan rumah yang terinspirasi dari koleksi musim semi 2017 nya.

Koleksi ini terdiri dari berbagai macam perlatan rumah cantik, dimulai dari set sprei, dekorasi meja, pouch makeup, peralatan makan, dll, yang bisa digunakan sehari-hari tetapi memiliki desain sama seperti gaun pengantin milik Monique Lhuillier.

Sama seperti gaun pengantin karyanya, koleksi peralatan rumah ini merefleksikan elemen arsitektur, seni, dan travel yang sehari-harinya menginspirasi Monique. Karena itulah, desain-desainnya tidak seperti desain dekorasi rumah biasanya. Ia mencampur elemen tradisional dan modern yang tidak diduga dalam koleksi eksklusif ini.

Berikut ini beberapa contoh barang yang dijual dalam koleksi tersebut. Koleksi ini dipenuhi warna rose gold cantik yang memang sedang menjadi tren dekor saat ini.

Baca juga: Koleksi Perabotan Harry Potter Yang Menyihir Oleh PBteen

Sumber: Elle Decor

]]>
https://www.rukamen.com/blog/perlengkapan-rumah-cantik-terinspirasi-dari-gaun-pernikahan/feed/ 0
Apartemen New York Mary Kate dan Ashley Olsen Dijual Seharga Rp 336 Miliar https://www.rukamen.com/blog/apartemen-new-york-mary-kate-dan-ashley-olsen-dijual-seharga-rp-336-miliar/ https://www.rukamen.com/blog/apartemen-new-york-mary-kate-dan-ashley-olsen-dijual-seharga-rp-336-miliar/#respond Sat, 14 Oct 2017 14:12:25 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7250 Apartemen New York Mary Kate dan Ashley Olsen Dijual Seharga Rp 336 Miliar Apartemen megah dengan luas 557 meter persegi yang dulu dimiliki Si Kembar Olsen, Mary Kate dan Ashley Olsen ini sedang dijual dan pastinya merupakan apartemen idaman semua orang. Si kembar Olsen membeli apartemen di West Village, New York ini pada tahun 2004 ketika mereka masih berumur 18 tahun dan mereka menjualnya pada tahun 2010 ketika …]]> Apartemen New York Mary Kate dan Ashley Olsen Dijual Seharga Rp 336 Miliar

Apartemen megah dengan luas 557 meter persegi yang dulu dimiliki Si Kembar Olsen, Mary Kate dan Ashley Olsen ini sedang dijual dan pastinya merupakan apartemen idaman semua orang. Si kembar Olsen membeli apartemen di West Village, New York ini pada tahun 2004 ketika mereka masih berumur 18 tahun dan mereka menjualnya pada tahun 2010 ketika mereka masih berumur 24.

Mereka membeli apartemen ini ketika apartemen baru selesai dibangun dan kemudian mejualnya dengan harga $7,7 juta. Sekarang apartemen ini dijual dengan harga $25 juta (Rp 336 miliar). Memang, apartemen dengan lima kamar tidur, empat kamar mandi, dan satu kamar mandi kecil ini merupakan apartemen impian semua orang.

Kondominium ini memiliki dapur dengan tempat makan, dua ruang tamu, serta pemandangan memukau ke Sungai Hudson dan deretan bangunan New York. Lift menuju unit ini langsung menunjukkan sebuah ruang galeri yang kemudian menuju ke ruang tamu yang megah dengan perapian kayu dengan mantel yang diimport dari Prancis.

Yang memisahkan ruang tamu dengan dapur adalah kulkas wine yang bisa menyimpan 1000 botol. Satu hal lagi yang memukau adalah, ruang tidur utama memiliki sebuah closet yang memiliki tempat penyimpanan super besar yang akan membuat semua teman-teman Anda iri.

Tertarik dengan apartemen ini? Lihat isi dalamnya

Baca juga: Apartemen Bon Jovi di New York Dijual Seharga Rp 230 Miliar

Foto: Douglas Elliman

]]>
https://www.rukamen.com/blog/apartemen-new-york-mary-kate-dan-ashley-olsen-dijual-seharga-rp-336-miliar/feed/ 0
Tips Rumah Stylish oleh Cindy Crawford https://www.rukamen.com/blog/tips-rumah-stylish-oleh-cindy-crawford/ https://www.rukamen.com/blog/tips-rumah-stylish-oleh-cindy-crawford/#respond Fri, 13 Oct 2017 09:49:40 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7364 Tips Rumah Stylish oleh Cindy Crawford Cindy Crawford, salah satu supermodel terkenal pada jamannya memberikan infromasi mengenail enam peraturan yang ia terapkan pada rumahnya agar bisa tinggal secara stylish. Berikut ini adalah enam peraturan tersebut Pilih bunga yang memperkuat suasana Sekarang ini obsesi Cindy adalah tanaman succulent dan anggrek, tapi bunga pilihannya terus berubah tergantung dengan rumah dan musim. Ia memiliki …]]> Tips Rumah Stylish oleh Cindy Crawford

Cindy Crawford, salah satu supermodel terkenal pada jamannya memberikan infromasi mengenail enam peraturan yang ia terapkan pada rumahnya agar bisa tinggal secara stylish.

Berikut ini adalah enam peraturan tersebut

  1. Pilih bunga yang memperkuat suasana
    Sekarang ini obsesi Cindy adalah tanaman succulent dan anggrek, tapi bunga pilihannya terus berubah tergantung dengan rumah dan musim. Ia memiliki beberapa rumah, dan biasanya di rumah danaunya ia membawa bunga matahari karena bersifat gembira dan mengingatkannya pada musim panas, tapi menurutnya bunga tersebut tidak cocok di rumah Malibu nya. Cindy tidak akan memilih bunga yang terlalu wangi karena suaminya, Rande, sensitif terhadap bau.
  2. Ia menghargai cerita di balik sebuah desain rumah
    Walau ia tidak memilih satu gaya dekor saja, Cindy biasanya berkorban lebih banyak ketika menemukan sesuatu yang ia suka. Menurutnya, jika seseorang membeli rumah dengan gaya tertentu (rumah dengan desain jaman dulu), mereka tidak seharusnya mencoba merubahnya menjadi modern. Hal tersebut akan membuat rumah tersebut kehilangan jiwa nya. Cindy sendiri pernah mempunyai rumah dengan gaya Spanyol tahun 1927 dan rumah tersebut difitur di majalah Elle Decor pada tahun 2002 tentang caranya mendesain rumah berdasarkan tulang sejarah nya.
  3. Cari keseimbangan antara daya tahan dan kemewahan
    Cindy adalah seorang supermodal yang tinggal dengan penuh kemewahan, tetapi ia juga seorang ibu dari dua anak yang mengerti bahwa kecelakaan bisa saja terjadi. Karena itu ia suka menjaga keindahan rumahnya, tetapi juga harus memiliki daya tahan yang tinggi. Karena itu Ia menggunakan banyak bahan outdoor di dalam ruangan untuk menjaga dari anak-anak, binatang peliharaan, dan sumber kekacauan lainnya
  4. Ia menggunakan semua indra ketika mendekorasi rumah
    Menurut Cindy, ia ingin semua orang menikmati dekorasi rumahnya, bahkan seorang yang buta. Ia tidak hanya memfokuskan diri pada nilai estetika rumahnya, teapi keseluruhan indrawi, contohnya bagaimana sebuah kain terasa di kulit, musik apa yang dinyalakan, dan lilin apa yang sedang dinyalakan.
  5. Dapur adalah tempat memasak, bukan untuk pamer
    Ia ingin dapurnya terlihat bagus sekaligus fungsional karena menurutnya dapur adalah jantung dari rumahnya. Ia ingin dapurnya mudah dibersihkan, memiliki fungsi baik, dan terlihat indah. Ia tidak ingin sesuatu yang memakan banyak tenaga.
  6. Rumah harus melengkapi gaya hidu, bukan sebaliknya
    Saat pindah ke sebuah rumah, Cindy dan suaminya selalu membayangkan bagaimana mereka akan tinggal di tempat tersebut. Menurutnya, kadang-kadang seorang calon pembeli terlalu fokus pada nilai estetika sebuah rumah tetapi tidak sadar bahwa di rumah tersebut tidak memiliki bangku yang cukup untuk seluruh keluarga, dll. Karena itulah ia selalu membayangkan semua keperluan kehidupannya sebelum membeli sebuah rumah.

Ingin jual, beli, atau sewa apartemen? Buka saja Rukamen

Sumber: Elle Decor

]]>
https://www.rukamen.com/blog/tips-rumah-stylish-oleh-cindy-crawford/feed/ 0
Inilah Rumah Idaman Generasi Millenial https://www.rukamen.com/blog/inilah-rumah-idaman-generasi-millenial/ https://www.rukamen.com/blog/inilah-rumah-idaman-generasi-millenial/#respond Thu, 12 Oct 2017 09:58:24 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7339 Inilah Rumah Idaman Generasi Millenial Saat ini pengembang berlomba-lomba memasarkan produk huniannya ke kalangan millenial. Generasi yang lahir pada tahun 1980 an akhir hingga tahun 2000 ini sudah mulai mencari hunian-huninan yang cocok dengan kebutuhan mereka. Karena itulah pameran properti sekarang ini ramai dihadiri oleh generasi ini. Properti seperti apa yang dicari oleh generasi millenial? Baca juga: Inilah Kebiasaan Generasi Millenial …]]> Inilah Rumah Idaman Generasi Millenial

Saat ini pengembang berlomba-lomba memasarkan produk huniannya ke kalangan millenial. Generasi yang lahir pada tahun 1980 an akhir hingga tahun 2000 ini sudah mulai mencari hunian-huninan yang cocok dengan kebutuhan mereka. Karena itulah pameran properti sekarang ini ramai dihadiri oleh generasi ini. Properti seperti apa yang dicari oleh generasi millenial?

Baca juga: Inilah Kebiasaan Generasi Millenial Dalam Hal Pembelian Properti

  1. Memiliki lokasi yang baik
    Generasi millenial biasanya mencari tempat tinggal yang lokasinya memiliki akses dan transportasi mudah, serta dekat dengan tempat-tempat yang mereka perlukan: kantor, rumah sakit, mall, sekolah, tempat makanan, dll. Mereka tidak masalah tinggal di pinggiran kota asalkan lokasinya dekat dengan akses-akses tersebut.
  2. Memiliki akses teknologi
    Dulu, pembeli rumah/apartemen tidak terlalu memusingkan kepintaran teknologi sebuah rumah. Tapi, pembeli dari generasi millenial ingin sebuah rumah yang sudah memiliki akses teknologi yang mereka perlukan: jasa internet nirkabel, rumah pintar, dll. Mereka lebih mementingkan koneksi jaringan internet yang baik ketimbang keberadaan kabel untuk pesawat telpon rumah.
  3. Harga masih terjangkau
    Karena terbilang masih dalam fase mengumpulkan uang, maka generasi millenial akan cermat dalam menghitung perencanaan keuangan mereka. Rata-rata generasi millenial mengincar properti yang harganya mulai dari Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. Ini karena harga tersebut masih dianggap terjangkau dengan rata-rata penghasilan bulanan mereka.
  4. Rumah berukuran kecil
    Rata-rata generasi millenial ingin membeli rumah dengan tipe 27-36, rumah kategori minimalis yang tidak terlalu besar. Ini karena mereka biasanya masih belum berkeluarga atau baru mulai membangun keluarga kecil.
  5. Rumah minimalis dengan furnitur multifungsional
    Generasi millenials tidak memerlukan banyak furnitur di dalam rumahnya karena tidak ingin rumahnya terlihat sempit. Mereka lebih memilih furnitur multifungsional yang memiliki lebih dari satu fungsi.

Baca juga: Tips Bagi Developer & Agen Properti Untuk Memikat Generasi Millenial

Sumber: Marketeers

 

]]>
https://www.rukamen.com/blog/inilah-rumah-idaman-generasi-millenial/feed/ 0
Cara Pintar Menciptakan Kamar Tidur di Apartemen Studio https://www.rukamen.com/blog/cara-pintar-menciptakan-kamar-tidur-di-apartemen-studio/ https://www.rukamen.com/blog/cara-pintar-menciptakan-kamar-tidur-di-apartemen-studio/#respond Wed, 11 Oct 2017 10:46:10 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7323 Cara Pintar Menciptakan Kamar Tidur di Apartemen Studio Jika Anda tinggal di apartemen studio, maka biasnya hal yang paling mengganggu adalah tempat tidur yang ada di ruang terbuka, biasanya digabung dengan ruang tamu/ ruang makan/ dapur. Ini bisa menyebabkan apartemen terasa seperti tidak ada privasi. Berikut ini adalah beberapa contoh nyata apartemen studio yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menciptakan kamar …]]> Cara Pintar Menciptakan Kamar Tidur di Apartemen Studio

Jika Anda tinggal di apartemen studio, maka biasnya hal yang paling mengganggu adalah tempat tidur yang ada di ruang terbuka, biasanya digabung dengan ruang tamu/ ruang makan/ dapur. Ini bisa menyebabkan apartemen terasa seperti tidak ada privasi.

Berikut ini adalah beberapa contoh nyata apartemen studio yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin menciptakan kamar tidur di apartemen studio Anda.

  1. Kombinasikan beberapa barang

    “Kamar tidur” milik Amelia di Hell’s Kitchen studio menggunakan beberapa elemen berbeda yang bekerja secara bersamaan menciptakan sebuah area tidur yang indah. Pertama, ia memilih sudut di studionya yang berada tepat di sebelah area hall, sehingga secara visual terlihat memisahkan tempat tidur dari ruangan lainnya.
    Ia lalu menempatkan sebuah rak tinggi dan sebuah tempat duduk ottoman kecil di ujung tempat tidur untuk menciptakan batas dari ‘kamar tidur’. Ia membuat aksen tembok berupa wallpaper di belakang tempat tidur untuk memperjelas area tidur. Lalu, untuk menciptakan privasi, ia menggunakan gorden kecil agar tidak menutup area tersebut secara total.
  2. Gunakan kasur tingkat

    Salah satu cara paling mudah untuk menciptakan ‘kamar tidur’ di apartemen studio adalah dengan menggunakan kasur tingkat. Contohnya seperti apartemen studio milik Andy dan Danielle di Chicago ini dimana kasur tingkat dari IKEA memenuhi bagian belakang unit studio berbentuk persegi tersebut.
  3. Menggunakan sisi kreatif

    Ketika tinggal di apartemen studio, Anda harus melihat hal dari sisi berbeda, contohnya seperti Brett di apartemen studio Rhode Island ini. Area kosong di bagian atas kamar mandi dijadikan tempat penyimpanan dan ia membuat proyek DIY berupa kasur tingkat gantung. Caranya untuk menutupi area kasur nya adalah dengan menggunakan gorden.
  4. Pisahkan dan lakukan proyek DIY

    Apartemen 37 meter persegi memang tidak besar untuk menyimpan semua yang Anda miliki. Tapi ketika tinggal di area mungil tersebut, maka semakin penting bagi penghuninya untuk menciptakan area tempat tidur yang khusus. Sama seperti apartemen Amelia di poin 1, Emily juga memilih sudut ruangan di apartemen studionya di Chicago dan menggunakan rak untuk menciptakan sudut tempat tidur. Ia juga melakukan proyek DIY dengan menciptakan gantungan aksesoris di ujung tempat tidur sehingga secara visual membuat area kamar tidur lebih lengkap.
  5. Menggunakan area lemari baju

    Jika apartemen studio Anda memiliki satu ruangan khusus untuk baju yang luas, padahal secara keseluruhan ukuran unit tidak luas, maka gunakan area kloset tersebut sebagai tempat tidur. Anda bisa mencari tempat lain untuk menyimpan baju-baju Anda. Contohnya seperti apartemen milik Kyle dan Alex di San Francisco ini.

Sumber: Apartment Therapy

]]>
https://www.rukamen.com/blog/cara-pintar-menciptakan-kamar-tidur-di-apartemen-studio/feed/ 0
Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Properti https://www.rukamen.com/blog/hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-investasi-properti/ https://www.rukamen.com/blog/hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-investasi-properti/#respond Tue, 10 Oct 2017 11:42:06 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7316 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Properti Properti adalah salah satu instrumen investasi yang paling digemari. Ini karena harga properti diasumsi tidak akan pernah turun, sehingga dianggap menarik bagi kebanyakan orang. Keuntungan dari investasi properti bisa didapat dari surplus kenaikan harga (capital gain) atau hasil sewa (yield).  Panangian Simanungkalit, seorang pengamat properti, mengatakan bahwa capital gain harus berada di atas laju inflasi, sedangkan yield tergantung jenis propertinya. Untuk …]]> Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Properti

Properti adalah salah satu instrumen investasi yang paling digemari. Ini karena harga properti diasumsi tidak akan pernah turun, sehingga dianggap menarik bagi kebanyakan orang. Keuntungan dari investasi properti bisa didapat dari surplus kenaikan harga (capital gain) atau hasil sewa (yield). 

Panangian Simanungkalit, seorang pengamat properti, mengatakan bahwa capital gain harus berada di atas laju inflasi, sedangkan yield tergantung jenis propertinya. Untuk rumah, yield yang bagus adalah sekitar 3-5 persen per tahun, sedangkan apartemen berada di kisaaran 6-7 persen per tahun, dan ruko di kisaran 8-10 persen per tahun.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai investasi properti:

  1. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kenaikan harga: lokasi, jumlah pasokan dan permintaan, konsep pengembangan, aksesibilitas, infrastruktur, dan fasilitas di kawasan, dan komitmen developer dalam menghidupkan proyek properti yang dikembangkan.
  2. Perhatikan komposisi konsumen dan investor dalam properti tersebut
    Perbandingan pembeli investor dan end user (pemakai akhir) sangat mempengaruhi perkembangan suatu properti. Jika lebih banyak end user, maka proyek tersebut akan lebih cepat hidup. Jika lebih banyak investor, proyek bisa menjadi ghost town. Ini akan mengurangi minat orang dalam menyewa properti tersebut sehingga harga juga sulit naik.
  3. Perhatikan komitmen developer dalam menghidupkan proyeknya
    Bukan hanya melihat penawaran harga murah, lihat juga infrastruktur dan fasilitas yang dijanjikan dalam iklan. Tanya kepada developer tentang kejelasan rencana infrastruktur yang ada, termasuk seperti perjanjian kerja sama dengan pihak lain (mall, sekolah, dll).
  4. Konsistensi developer terhadap konsep pengembangan proye
    Jika pengembang membidik pasar menengah ke bawah tapi yang ditonjolkan di iklan-iklannya adalah mall, sekolah, rumash sakit, dll yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, maka fasilitas yang dibangun tidak sesuai dengan kebutuhan penghuni
  5. Perhatikan skala pengembangan proyek
    Jika proyek merupakan proyek dengan skala kota, maka ketahuilah bahwa pengembangannya akan butuh waktu lama (di atas 10 tahun). Karena itu investor harus bersabar dalam mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Ingin jual, beli, atau sewa apartemen? Buka saja Rukamen

Sumber: Housing Estate

]]>
https://www.rukamen.com/blog/hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-investasi-properti/feed/ 0
Tips Tinggal Di Apartemen Studio Dengan Bayi https://www.rukamen.com/blog/tips-tinggal-di-apartemen-studio-dengan-bayi/ https://www.rukamen.com/blog/tips-tinggal-di-apartemen-studio-dengan-bayi/#respond Mon, 09 Oct 2017 08:58:31 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7286 Tips Tinggal Di Apartemen Studio Dengan Bayi Secara ideal, memang biasanya bayi memiliki kamar tidur, tapi harga membeli dan sewa apartemen yang semakin mahal di kota besar semakin memaksa pasangan muda untuk tinggal di apartemen mungil yang menjadikan hal tersebut tidak memungkinkan. Mungkin jika masih tinggal berdua tidak ada masalah, tapi bagaimana jadinya jika Anda akan memiliki buah hati dan keadaan finansial …]]> Tips Tinggal Di Apartemen Studio Dengan Bayi

Secara ideal, memang biasanya bayi memiliki kamar tidur, tapi harga membeli dan sewa apartemen yang semakin mahal di kota besar semakin memaksa pasangan muda untuk tinggal di apartemen mungil yang menjadikan hal tersebut tidak memungkinkan. Mungkin jika masih tinggal berdua tidak ada masalah, tapi bagaimana jadinya jika Anda akan memiliki buah hati dan keadaan finansial tidak memungkinkan untuk pindah ke apartemen yang lebih luas?

Inilah beberapa tips menyiapkan apartemen studio untuk kedatangan sang bayi

  1. Bersihkan apartemen sebisa mungkin dan lakukan hal tersebut tiga kali
    Buang barang-barang yang tidak diperlukan. Meskipun berat, tapi cobalah untuk menyingkirkan barang-barang yang sudah lebih dari seminggu tidak dilihat/disentuh. Usahakan untuk menjadikan apartemen menjadi seperti baru sehingga bisa ditata kembali untuk menyiapkan ruang untuk bayi
  2. Cari inspirasi di Pinterest

    Pinterest adalah suatu situs yang memiliki banyak inspirasi-inspirasi dekorasi ruangan mungil. Situs tersebut bisa menjadi sumber ide bagi Anda untuk menata ruangan apartemen dari orang-orang yang pernah melewati dan mencobanya.
  3. Maksimalkan penyimpanan vertikal

    Ruangan vertikal, seperti dinding, adalah sahabat bagi mereka yang tinggal di tempat mungil. Jika menurut Anda dekorasi dinding tidak terlalu diperlukan, maka Anda bisa mengubah tembok menjadi sebuah tempat penyimpanan yang dipaku ke dinding.
  4. Ciptakan pembagian ruangan dengan cat
    Pada apartemen studio, Anda bisa membuat ilusi pembagian ruangan dengan cara membedakan warna cat di bagian tempat tidur Anda dan area bayi. Cara ini bisa membuat ruangan secara visual menjadi dua ruangan berbeda.
  5. Gunakan perabotan-perabotan mini

    Jika Anda tetap ingin menggunakan kasur bayi, maka gunakanlah kasur bayi mini. Jika Anda tidak ingin memakan tempat, gunakan tempat tidur berbagi yang bisa diletakkan di sebelah kasur Anda.
  6. Gunakan perabotan-perabotan lama untuk dijadikan fungsi berbeda
    Setelah menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan, coba untuk menggunakan furnitur tersisa untuk dijadikan perabotan multifungsi lainnya. Contohnya adalah anda bisa menggunakan meja ruang tamu sekaligus dijadikan tempat mengganti baju dan popok.
  7. Gunakan palet warna netral

    Untuk memastikan furntiur bayi Anda warna nya cocok dengan seisi ruangan, gunakan palet warna netral pada kasur, sprei, dll.
]]>
https://www.rukamen.com/blog/tips-tinggal-di-apartemen-studio-dengan-bayi/feed/ 0
Banyak Insiden Kebakaran Apartemen, Ini Kewajiban Pengelola & Penghuni https://www.rukamen.com/blog/banyak-insiden-kebakaran-apartemen-ini-kewajiban-pengelola-penghuni/ https://www.rukamen.com/blog/banyak-insiden-kebakaran-apartemen-ini-kewajiban-pengelola-penghuni/#respond Sun, 08 Oct 2017 10:46:29 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7276 Banyak Insiden Kebakaran Apartemen, Ini Kewajiban Pengelola & Penghuni Pada tanggal 4 Oktober lalu, terjadi kebakaran di Apartemen Cinere Bellevue, Depok. Kebakaran terjadi karena genset di basement tiga apartemen tersebut meledak dan terbakar pada pukul 9 malam. Terdapat sembilan penghuni apartemen yang terjebak di unitnya: delapan orang di tower B dan satu orang di tower A. Kebakaran gedung apartemen memang sedang sering terjadi. Tercatat …]]> Banyak Insiden Kebakaran Apartemen, Ini Kewajiban Pengelola & Penghuni

Pada tanggal 4 Oktober lalu, terjadi kebakaran di Apartemen Cinere Bellevue, Depok. Kebakaran terjadi karena genset di basement tiga apartemen tersebut meledak dan terbakar pada pukul 9 malam. Terdapat sembilan penghuni apartemen yang terjebak di unitnya: delapan orang di tower B dan satu orang di tower A.

Kebakaran gedung apartemen memang sedang sering terjadi. Tercatat pada tahun lalu terdapat dua gedung apartemen yang terbakar: apartemen Casa Domaine dan SOHO @ Podomoro City. Sementara pada tahun ini terjadi kebakaran di Apartemen Verde sebelum terjadinya kebakaran di Apartemen Cinere Bellevue ini.

Itulah alasannya pentingnya mitigasi bencana kebakaran yang harus diketahui penghuni. Pengelola gedung juga bertanggung jawab memastikan sistem proteksi kebakaran bekerja dengan baik, seperti fire alarm yang memberikan peringatan sebelum kebakaran terjadi.

Pengelola juga diwajibkan memonitor dan merawat alat atau mesin di dalam gedung apartemen dengan baik, seperti panel listrik, genset, kapasitor bank, dll. Ini untuk mencegah terjadinya hal serupa seperti di apartemen Bellevue Cinere.
Selain itu, pengelola harus melakukan uji evakuasi general, atau simulasi kebakaran yang melibatkan penghuni. Ini agar penghuni tahu apa yang dilakukan jika terjadi kebakaran. Pengelola juga wajib melakukan test terhadap fire alarm bersama pihak pemadam kebakaran secara berkala (setiap tahun).
Sedangkan pada pihak penghuni, disarankan untuk aktif mengikuti pelatihan organisasi keadaan darurat (OKD) yang dilaksanakan pengelola. Kegiatan ini penting untuk langkah efektif mencegah kepanikan ketika menghadapi kebakaran. Bahkan, kegiatan ini juga bisa membantu penghuni mendeteksi sejak awal potensi kebakaran yang akan terjadi.
Selain itu, penghuni dihimbau untuk selalu mengecek kompor sebelum meninggalkan unit apartemen, untuk memastikan kompor sudah benar-benar mati, dan mencabut regulator gas jika akan meninggalkan unit dalam waktu yang lama.
Hal preventif lainnya adalah dengan cara menghindari menempatkan barang di area jalur evakuasi, yaitu di koridor dan tangga darurat, agar ketika kebakaran terjadi tidak ada penghuni lain yang terjebak karena kesusahan lewat.

Karena itulah, pastikan bahwa pengelola telah membentuk tim organisasi keadaan darurat (OKD) yang akan memastikan tugas dan fungsi seluruh karyawan ketika terdapat indikasi dini kebakaran.

 

]]>
https://www.rukamen.com/blog/banyak-insiden-kebakaran-apartemen-ini-kewajiban-pengelola-penghuni/feed/ 0
Apartemen di Stockholm Ini Hanya 9 Meter Persegi https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-stockholm-ini-hanya-9-meter-persegi/ https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-stockholm-ini-hanya-9-meter-persegi/#respond Sat, 07 Oct 2017 06:07:00 +0000 https://www.rukamen.com/blog/?p=7254 apartemen di stockholm Percayakah Anda bahwa apartemen bernuansa putih ini hanya memiliki luas 9 meter persegi? Ya, apartemen mikro ini adalah suatu bukti nyata bahwa semua hal mungkin saja terjadi, dan bahwa harga properti di kota besar sudah sangat tinggi. Apartemen di Vasastan, Stokholm ini terkenal dengan area yang memiliki banyak taman-taman. Apartemen nuansa modern ini memiliki atap …]]> apartemen di stockholm

Percayakah Anda bahwa apartemen bernuansa putih ini hanya memiliki luas 9 meter persegi? Ya, apartemen mikro ini adalah suatu bukti nyata bahwa semua hal mungkin saja terjadi, dan bahwa harga properti di kota besar sudah sangat tinggi.

Apartemen di Vasastan, Stokholm ini terkenal dengan area yang memiliki banyak taman-taman. Apartemen nuansa modern ini memiliki atap yang tinggi, sehingga memungkinkan penempatan kasur tingkat yang bisa diakses menggunakan tangga.

Di dapurnya, terdapat dapur kecil yang dilengkapi mikrowave dengan meja ala kafe untuk dua orang dan sebuah sofa untuk bersantai. Cahaya didapatkan dari jendela yang memiliki kedalaman cukup untuk menempatkan dekorasi taman-taman indoor.

Apartemen Skandinavia dengan nuansa serba putih ini memiliki sebuah kamar mandi dengan tembok yang dilapisi ubin besar dan wastafel yang mini.

Tahukah Anda bahwa apartemen mikro ini sudah diminati pembeli dengan harga USD 270.000 (IDR 3,7 miliar, yaitu sekitar 1 miliar lebih tinggi dari harga yang diminta. Ini artinya, apartemen ini mungkin adalah apartemen paling mahal jika dihitung dari harga per meter nya di Sweden.

Sumber: Curbed

]]>
https://www.rukamen.com/blog/apartemen-di-stockholm-ini-hanya-9-meter-persegi/feed/ 0