Tuesday , June 23 2020
Home / News / Info / Ramadhan 2020: Seberapa Pentingnya Bulan Suci Ini Bagi Umat Islam?
Ramadhan 2020
Source: whatsnewindonesia.com

Ramadhan 2020: Seberapa Pentingnya Bulan Suci Ini Bagi Umat Islam?

Bulan suci Ramadhan 2020 menghampiri kita sekali lagi, di mana tahun ini banyak negara mayoritas Muslim berada di bawah penguncian coronavirus.

Ramadhan adalah bulan paling suci bagi umat Islam. Setiap tahun, umat Islam di seluruh dunia berpuasa pada siang hari, tetapi apa sebenarnya itu?

Source: whatsnewindonesia.com

Apa itu Ramadhan?

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender lunar Muslim. Muslim dewasa yang sehat berpuasa di bulan Ramadhan dari subuh hingga senja. Ibadah ini termasuk pantang minum, makan, tindakan tidak bermoral, dan kemarahan. Tindakan ibadah lainnya seperti sholat, membaca Al-Quran, dan beramal juga dianjurkan selama bulan suci.

Umat ​​Islam juga percaya bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan.

Selama bulan suci, umat Islam bangun lebih awal untuk makan makanan subuh yang disebut sahur, dan mereka akan berbuka puasa dengan makanan yang disebut sebagai iftar.

Source: people.howstuffworks.com

Sangat umum bagi masjid untuk menjadi tuan rumah acara berbuka puasa bersama, terutama bagi orang kurang mampu dan yang membutuhkan. Doa malam yang disebut Tarawih juga diadakan di masjid setelah berbuka puasa.

Budaya yang berbeda memiliki tradisi yang berbeda selama Ramadhan, entah itu makanan khusus yang harus mereka masak, atau makan berbuka puasa bersama keluarga besar. Prinsip-prinsip Islam seperti kedermawanan menginspirasi sebagian besar tradisi ini, termasuk berbagi makanan dan mengundang para tamu untuk berbuka puasa.

Namun, Ramadhan 2020 kelihatannya akan menjadi waktu yang tidak semeriah sebelum-sebelumnya, mengingat waktunya di tengah pandemi coronavirus, karena semua negara, termasuk yang mayoritas muslim, mengambil tindakan pencegahan untuk mengurangi penyebaran virus dengan melarang atau membatasi pertemuan sosial, dan menutup masjid.

Source: dailysabah.com

Mufti agung Arab Saudi Sheikh Abdulaziz al-Sheikh, otoritas keagamaan tertinggi di kerajaan tersebut, menegaskan bahwa doa selama Ramadhan, termasuk doa malam Tarawee dan Idul Fitri, harus dilakukan di rumah ketika pandemi memburuk di seluruh dunia, surat kabar Saudi Okaz melaporkan.

Kapan Ramadhan dirayakan?

Karena Ramadhan adalah bagian dari kalender lunar, tanggalnya setiap tahun berubah pada kalender Gregorian. Umat ​​Muslim cenderung menunggu bulan bulan baru muncul sebelum mereka mengumumkan hari pertama Ramadhan. Namun, mereka masih bisa memperkirakan hari sebelumnya.

Ramadhan 2020 dimulai pada hari Jumat, 24 April, di sebagian besar negara mayoritas Muslim.

Ramadhan 2020

Berapa lama Ramadhan berlangsung?

Bulan-bulan lunar berlangsung antara 29 hingga 30 hari tergantung pada saat bulan baru terlihat. Jika bulan tidak terlihat pada malam hari ke-29, maka Ramadan berlangsung selama 30 hari penuh.

Perayaan Idul Fitri menandai akhir bulan ketika umat Islam merayakan kesuksesan Ramadhan setelah menjalani puasa dan ibadah.

Source: gulfnews.com

Mengapa umat Islam berpuasa selama bulan Ramadhan?

Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam. Ada juga ayat dalam Al-Quran yang mengatur puasa bagi semua Muslim yang cukup dewasa dan sehat untuk melakukannya sepanjang hari.

Jadi Muslim berpuasa sebagai tindakan ibadah, kesempatan untuk lebih dekat dengan Tuhan, dan cara untuk menjadi lebih berbelas kasih kepada mereka yang membutuhkan.

Puasa juga dipandang sebagai cara untuk belajar kesabaran dan menghentikan kebiasaan buruk.

Source: risingnepaldaily.com

Kapan Ramadhan berakhir?

Tahun ini, 22 Mei, akan menjadi hari Ramadhan ke-29 bagi sebagian besar negara Muslim di Timur Tengah.

Negara-negara ini akan mencari bulan lebaran malam itu. Jika dilihat, hari pertama Idul Fitri akan diamati pada 23 Mei.

Jika tidak, puasa Ramadhan akan berlangsung selama 30 hari dan Idul Fitri akan dirayakan pada 24 Mei. Indonesia sendiri akan merayakan Idul Fitri pada tanggal tersebut (24 Mei).

Sumber: Al Jazeera

Source: eatvacation.com

Dari segenap tim Rukamen, kami mengucapkan Minal aidin wal faidzin bagi Anda yang merayakan Idul Fitri dan Ramadhan 2020.

Jika Anda berpikir untuk menjadikan apartemen yang akan Anda miliki itu sebagai ladang investasi di kemudian hari, sudah saatnya Anda menggunakan jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Check Also

The Lavande Residences

Review Apartemen: The Lavande Residences di Jakarta Selatan

The Lavande Residences merupakan proyek gabungan Agung Podomoro Land dengan Synthesis Development yang memiliki visi untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *