Tuesday , September 17 2019
Home / Guide / Ikuti Cara Jual Beli Tanah Berikut Agar Cepat Laku
Cara Jual Beli Tanah
Cara Jual Beli Tanah

Ikuti Cara Jual Beli Tanah Berikut Agar Cepat Laku

Menjual rumah di pasar real estate yang terus berubah bisa menjadi tantangan. Banyak orang berharap dinamika pasar untuk tanah sama dengan pasar untuk rumah atau properti lain yang ada.  Tetapi cara jual beli tanah lebih berbeda dari properti lain, sehingga penting bagi Anda untuk memahami beberapa perbedaan mendasar bahwa:

  • Pembeli Tanah Berbeda dari Pembeli Rumah/Apartemen – Kelompok orang ini memiliki perspektif, keinginan, dan kebutuhan yang sangat berbeda. Pembeli rumah biasanya ingin pindah ke unit siap pakai atau menyewa unit tertentu. Pembeli tanah, baik perorangan atau pengembang, mencari lokasi yang tepat dan peluang yang memungkinkan mereka nantinya dapat menyesuaikan properti yang dibangun agar sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Tanah Membutuhkan Teknik Penjualan yang Berbeda – Rumah atau apartemen memiliki dapur, kamar mandi, dan façade yang terlihat visual dan fotogenik. Anda dapat mengadakan Open House untuk rumah atau apartemen dan mengajak pembeli/penyewa menjelajahi setiap ruangan. Situasi ini tentu berbeda dan berpengaruh terhadap cara jual beli tanah yang kosong dan tidak sevisual properti lain.
  • Pasar untuk Tanah Tidak Seaktif Rumah/Apartemen – Pasar untuk rumah atau apartemen yang ada hampir selalu lebih bersemangat daripada pasar tanah. Jumlah pembeli tanah kosong biasanya lebih sedikit daripada konsumen yang mencari rumah atau apartemen.
  • Diperlukan Kesabaran – Oleh karena itu, menjual tanah kosong biasanya akan membutuhkan waktu lebih lama daripada rumah.

Tapi jangan berkecil hati! Tanah masih tetap dicari, dan Anda masih punya kesempatan. Berikut cara jual beli tanah yang efektif.

Source: thelasvegasluxuryhomepro.com

 

Pahami Siapa Pembeli Anda dan Apa yang Harus Mereka Ketahui

Anda harus mengevaluasi siapa pembeli potensial Anda di antara banyak faktor lainnya. Profil pembeli dapat bergantung pada apakah tanah sudah dikembangkan, lokasi dan kondisi pasar, di antara kriteria lainnya. Apakah kemungkinannya pembeli Anda seorang individu yang ingin membangun rumah baru? Atau apakah pembeli Anda akan menjadi pembangun atau pengembang yang mencari tanah untuk proyek mereka berikutnya?

Setelah mengidentifikasi kemungkinan siapa pembeli Anda, cobalah untuk berpikir seperti mereka sehingga Anda dapat memfokuskan pesan iklan seefektif mungkin untuk menyampaikan apa yang perlu mereka ketahui tentang tanah Anda. Siapkan informasi tentang fasilitas umum terdekat seperti sekolah, belanja, tempat ibadah, dan lainnya.

Siapkan juga informasi zonasi dan wawasan dari otoritas setempat tentang lokasi, kapasitas saluran air, dan layanan saluran pembuangan. Jika Anda belum tahu detail ini, lakukan riset. Ketika Anda siap dan memiliki pengetahuan tentang tanah Anda, Anda dapat membuat proses lebih mudah bagi pembeli potensial dan memberikan jawaban yang solid untuk pertanyaan mereka.

Baca juga: Ide Interior Rumah Minimalis Berikut Ini Harus Anda Coba

 

Cara Jual Beli Tanah

 

Siapkan Tanah

Kesan pertama bertahan di real estate.  Potong rumput (atau gulma), buang sampah dan ambil foto tanah dalam kondisi terbaik. Beberapa penjual memilih untuk menanam bunga liar agar tanah kosong mereka terlihat indah. Pertimbangkan untuk melakukan survei terlebih dahulu dan tandai batas-batas tanah Anda. Ini akan memberikan informasi yang berguna dan membantu pembeli melihat potensi dari tanah yang akan mereka beli.

 

Pilih Harga dengan Hati-hati

Harga dapat menentukan kesuksesan Anda dalam menarik pembeli potensial, dan menetapkan harga tanah yang terlalu tinggi adalah salah satu kesalahan yang bisa dilakukan penjual. Harga yang salah akan membuat pembeli takut untuk menanyakan lebih lanjut tentang tanah Anda dan pada akhirnya akan menyebabkan tanah membutuhkan waktu lebih lama untuk dijual.

Harga tanah bisa menjadi lebih sulit jika dibandingkan dengan penetapan harga rumah. Tergantung pada tujuan penggunaan properti oleh pembeli, seperti misalnya untuk pengembangan rumah kelas atas, kemungkinan harga per hektar lebih tinggi dibandingkan dengan sekadar membangun satu rumah di atasnya.

Pertimbangkan kebutuhan Anda sendiri saat menentukan harga, dan pahami bagaimana harga dapat memengaruhi minat pembeli. Saat menjual real estate, Anda terkadang harus memilih antara mendapatkan harga tertinggi dan mungkin menjual lebih cepat. Plus, harga Anda mungkin terpengaruh jika Anda perlu menjual karena alasan keuangan. Selain situasi Anda sendiri, menentukan harga properti Anda pada akhirnya membutuhkan pemahaman tentang pasar tanah secara keseluruhan, mengapa orang membeli tanah atau tanah di daerah itu dan siapa orang-orang ini.

 

Source: tsplegal.com

 

Gunakan Listing Online yang Ditargetkan untuk Pembeli

Pasarkan tanah atau lahan Anda di listing online dengan menargetkan audiens yang mencari tanah. Pemahaman Anda tentang pembeli dan pasar Anda ikut berperan saat Anda mempersiapkan listing Anda. Susun pesan Anda dalam cantuman keterangan untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pembeli potensial Anda.

Sebagai investasi yang menguntungkan, tanah yang Anda miliki dapat dipasarkan kepada orang banyak melalui bantuan Saleshack yang murah, cepat dan efisien. Bagi Anda yang belum tahu, Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan properti dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

 

Bicara dengan Tetangga

Cobalah beberapa strategi pemasaran cara jual beli tanah yang terfokus dengan promosi mulut ke mulut. Tetangga mungkin ingin membeli tanah Anda untuk penyangga tambahan, untuk menambah kepemilikan properti mereka atau hanya untuk mengontrol apa yang dibangun di sebelah. Strategi lain adalah dengan langsung menghubungi pembangun aktif di daerah tersebut untuk melihat apakah mereka tertarik pada properti Anda.

Source: Blog Lot Network

Baca juga: Inilah Cara Investasi Apartemen dengan Cerdas

 

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *