Friday , August 23 2019
Home / Inspiration / Tips / Inilah Cara Investasi Apartemen dengan Cerdas
Cara Investasi Apartemen
Cara Investasi Apartemen

Inilah Cara Investasi Apartemen dengan Cerdas

Jika Anda tertarik untuk menambah pundi-pundi pemasukan Anda, Anda mungkin mempertimbangkan tentang investasi real estate seperti apartemen atau rumah. Oleh karena itu, Anda juga mulai mencari informasi mengenai cara investasi apartemen atau rumah yang tepat. Di satu sisi, Anda setuju bahwa ini sepertinya ide bagus, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan pasar real estat yang sedang booming. Tetapi di sisi lain, Anda mungkin tidak siap untuk komitmen.

Apa yang menahan keinginan Anda ini? Jawabannya mungkin berkisar dari dana dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai investasi demikian. Anda dan yang lainnya tentu sepakat bahwa berinvestasi dalam real estat adalah komitmen besar, dan penting untuk benar-benar memahaminya sebelum Anda menyelam ke ranah ini.

Anda dapat menanyakan kepada diri Anda sendiri: Apa Anda sudah tahu apartemen mana yang ingin dimiliki? Apakah Anda yakin bahwa cara investasi apartemen ini akan menguntungkan Anda dalam jangka waktu panjang? Apakah dana yang dimiliki sudah cukup atau Anda mungkin memerlukan bantuan bank atau perusahaan pembiayaan untuk kredit kepemilikan apartemen?

 

Diversifikasi

Sebagai aturan praktis, disarankan hanya sekian persen dari kekayaan bersih Anda yang diikat dalam investasi real estat. Pendapatan setiap orang tentunya berbeda, dan Anda yang paling mengerti situasi finansial Anda saat ini dan apa imbasnya jika Anda tidak membagi keuangan secara bijak. Jika seluruh kekayaan bersih Anda diinvestasikan dalam real estat, setiap fluktuasi di pasar bisa membuat Anda panik nantinya. Sangat penting untuk menjaga sumber dana Anda dialokasikan ke beragam jenis investasi lainnya untuk meminimalkan risiko dan menghindari kehilangan dana yang terlalu besar.

 

Tetap Lokal

Cara investasi apartemen ini menekankan kepentingan lokasi investasi. Jika Anda ingin menyewakan apartemen nantinya, usahakan jangan membeli unit di Bali atau Surabaya jika Anda tinggal di Jakarta. Walau ini tren yang ada di kalangan penggelut properti, melakukan ini berpotensi membuat Anda membayar jasa tambahan agen properti untuk membantu proses transaksi di sana jika Anda sulit bepergian dikarenakan pekerjaan Anda. Selain itu, Anda juga akan kesulitan menilai kerusakan atau permintaan perbaikan yang terjadi di kemudian hari. Sebagai pemilik, Anda tentu diwajibkan untuk lebih peduli dengan kondisi unit daripada orang lain. Dan faktor jarak demikian tentunya bisa dieliminasi.

Baca juga: Properti Adalah Instrumen Investasi Paling Aman

Cara Investasi Apartemen

 

Bersiaplah untuk risiko

Cara investasi apartemen berikutnya adalah menghadapi resiko. Resiko dalam investasi pasti akan selalu ada. Dalam kebanyakan kasus, menyewakan properti tidak semudah mendapatkan penyewa dan check-in dalam waktu yang sering. Terkadang Anda memerlukan waktu berbulan-bulan untuk mencari penyewa, dan hal ini bisa menjadi pukulan berat jika Anda tidak siap secara finansial. Anda tentu masih perlu membayar biaya service, maintenance, utilitas, dan peralatan yang rusak.

 

Mulai dari yang kecil dulu

Jika Anda tidak yakin apakah memiliki apartemen untuk disewakan, cobalah situasi yang sederhana dulu. Mungkin Anda memiliki ruang tidur kosong di rumah yang bisa Anda sewakan sementara. Pengalaman menyewa ini dapat memberi Anda pelajaran mengenai seperti apa memiliki sewa di apartemen nantinya.

 

Menyewa agen properti atau jasa konsultan properti profesional

Pada tahap awal menimbang pro dan kontra dari investasi real estat, Anda tentu tahu bahwa sangat penting untuk menimbang aspek-aspek tertentu dan potensi rintangan apa yang mungkin Anda hadapi sebagai investor apartemen. Orang-orang ini paham dengan pasar properti yang sedang berjalan, dan opini profesional mereka didukung keahlian dan perjalanan panjang membantu konsumen-konsumen hingga sukses menginvestasikan properti mereka.

Sumber: Ramsey Solutions

Baca juga: Beli Rumah, Lebih Baik KPR atau Cash?

 

Demikian informasi mengenai cara investasi apartemen yang akan membantu Anda menentukan pembelian unit apartemen. Jika Anda saat ini telah memiliki unit apartemen yang siap dijual atau disewa kepada orang lain namun masih belum laku, kami sarankan Anda mencoba jasa Saleshack sekarang juga! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *