Saturday , December 7 2019
Home / Guide / Cara Atasi Sengketa Tanah Tanpa Menambah Konflik
Cara Atasi Sengketa Tanah
Cara Atasi Sengketa Tanah

Cara Atasi Sengketa Tanah Tanpa Menambah Konflik

Memiliki tanah di tengah-tengah melambungnya harga bidang lahan di mana-mana adalah salah satu hal yang sangat berharga! Anda tentu tidak ingin tanah diklaim secara sepihak oleh orang lain atau terlibat dalam sengketa. Dengan masalah sensitif terkait status kepemilikan atas tanah, Anda sebagai pemilik tanah perlu tahu cara atasi sengketa tanah agar dapat mempersiapkan diri di kemudian hari.

Source: standardmedia.co.ke

Sebelum ke Pengadilan

Usahakan untuk menyelesaikan sengketa secara damai dan kekeluargaan terlebih dulu sebelum beralih ke jalur hukum.

Kenali dulu beberapa jenis kasus pertanahan yang penyelesaiannya telah diatur oleh pemerintah: Peraturan Menteri Agraria dan tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 11 Tahun 2016, tentang Penyelesaian Kasus Pertanahan.

Source: nccourts.gov

Ada 3 jenis kasus pertanahan yang kerap diperkarakan, antara lain:

  • Sengketa, yang menurut pasal 1 (2), adalah perselisihan pertanahan antara orang perseorangan, badan hukum atau lembaga yang tidak berdampak luas.
  • Konflik Tanah, perselisihan pertanahan antara orang perseorangan, kelompok, golongan, organisasi, badan hukum, atau lembaga yang mempunyai kecenderungan atau sudah berdampak luas.
  • Perkara Tanah, perselisihan pertanahan yang penanganan dan penyelesaiannya melalui lembaga peradilan.

Bila kasus Anda belum berada di pengadilan, berarti dinamakan sengketa. Cara atasi sengketa tanah pada umumnya bisa diselesaikan tanpa jalur pengadilan. Penyelesaian dilakukan berdasarkan inisiatif dari Kementerian ATR/BPN dan pengaduan masyarakat.

Cara Atasi Sengketa Tanah

Source: norrismclaughlin.com

Penyelesaian Sengketa Tanah

Pengaduan atas sengketa disampaikan kepada kepala kantor BPN secara tertulis. Pengaduan bisa dilakukan lewat loket di kantor BPN atau lewat situs resmi ATR/BPN. Pengaduan minimal memuat identitas pengadu dan uraian singkat kasus. Setelah pengaduan, nanti akan diberi Surat Tanda Penerimaaan pengaduan dari petugas.

Kemudian pejabat yang bertanggungjawab mengatasi sengketa tanah akan melakukan kegiatan pengumpulkan data. Bila masalah masuk dalam kewenangan kementerian, maka akan dikaji kronologinya dari data yuridis, fisik, dan data pendukung lainnya.

Cara atasi sengketa tanah paling sering dilakukan dengan mediasi. Perjanjian Perdamaian antara kedua belah pihak didaftarkan pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri setempat sehingga mempunyai kekuatan hukum yang sifatnya mengikat masing-masing pihak.

Source: thewanderlust.pt

Tentang Sengketa Tanah di Indonesia

Sengketa konflik dan perkara pengadilan mengenai pertanahan mencapai sekitar 8.500 kasus di seluruh Indonesia. Ternyata kasus pertanahan tertinggi melibatkan badan usaha (perusahaan) sebagai salah satu pihak sebanyak 18%, instansi pemerintah 15,8%, dan orang perorangan 10%.

Sejumlah penyebab munculnya konflik tanah, antara lain kemiskinan, distribusi kepemilikan tanah yang tidak merata, dan baru 50% dari 126 juta bidang tanah yang harus didaftarkan di luar kawasan hutan.

Semua ini disampaikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dalam sambutannya pada peluncuran Buku Panduan Penanganan Konflik Berbasis Lahan di Jakarta, Kamis (29/11). Pemerintah sejatinya menginginkan penyelesaian sengketa tanah dapat cepat selesai untuk memberikan kepastian berusaha di Indonesia.

Jika di luar mediasi, cara atasi sengketa tanah melalui pengadilan tata usaha negara atau peradilan umum pada umumnya membutuhkan waktu lama. Tidak sedikit salah satu pihak merasa tidak puas dengan putusan pengadilan dan melakukan banding sehingga penyelesaian sengketa menjadi berlarut-larut.

Sumber: Bisnis Ekonomi, Media Indonesia

 

Itulah cara memasarkan apartemen yang efektif yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk mengoptimalkan pemasaran apartemen Anda. Jika Anda membutuhkan referensi website listing properti yang efektif, mudah dan murah, Anda sebaiknya mencoba Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Check Also

Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah

Pengertian dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah

Dalam melakukan transaksi apapun yang berkaitan dengan properti sebagai benda tidak bergerak, pihak-pihak terkait memerlukan …

2 comments

    • Halo, Pak Yusup, silakan hubungi Whatsapp Saleshack di +62 812-1212-3503 untuk memulai pemasaran tanah Bapak agar cepat terjual ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *