Friday , May 29 2020
Home / News / Info / LRT Akan Mulai Dibangun Saat HUT Jakarta Nanti
Sumber: aktual.com

LRT Akan Mulai Dibangun Saat HUT Jakarta Nanti

Sumber: aktual.com
Sumber: aktual.com

Pembangunan fase pertama dari proyek kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) akan segera dimulai pada hari ulang tahun Jakarta 22 Juni 2016. Fase 1 adalah fase rute Kelapa Gading-Velodrome, ditargetkan untuk mulai beroperasi sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) DKI Jakarta telah membayar Rp 4,4 triliun kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk membangun proyek ini, dan kekurangannya akan ditutup oleh pihak Jakpro melalui pihak lain.

sumber: jakartalrt.com
sumber: jakartalrt.com

Dalam proyek ini, Jakpro bekerja sama dengan Korea Rail Network Authority (KRNA), perusahaan Korea Selatan. KRNA dipilih karena telah memiliki pengalaman membangun LRT untuk World Cup di negaranya. Penilaian teknikal juga telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo ketika berkunjung ke negeri gingseng tersebut.

Pihak KRNA juga telah melakukan test tanah untuk mengecek kondisi keadaan lahan untuk mempercepat proses pembangunan yang hanya dua tahun. Pihak Jakpro juga optimis bahwa penyelesaiannya akan tepat waktu karena tidak ada kendala lahan dan hanya ada sedikit pembebasan lahan yang harus dilakukan.

Jalur Kelapa Gading-Velodrome ini akan memiliki panjang 6 kilometer dengan empat stasiun dan satu depo. Rencananya, jalur ini menghubungkan tempat Asian Games dengan kampung atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga ‘Pemerintah Akan Membangun Puluhan Ribu Unit Rusunawa di Indonesia‘ untuk mengetahui informasi mengenai Wisma Atlet yang sedang dalam proses pembangunan untuk mengakomodasi para atlet ketika Asian Games.

Sumber: Housing-Estate

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *