Saturday , September 21 2019
Home / News / Info / Apa Itu Hunian Vertikal dan Jenis-Jenisnya ?
apa itu hunian vertikal

Apa Itu Hunian Vertikal dan Jenis-Jenisnya ?

Apa itu hunian vertikal? Seringkali orang mempertanyakan tentang pengertian hunian vertikal. Memang hunian vertikal ini masih asing di telinga masyarakat awam. Sebab yang mereka ketahui hanya sebatas perumahan saja. Tidak hanya hunian vertikal saja, namun kadang saat mendengar hunian horizontal pun banyak masyarakat awam yang tidak tahu menahu tentang kedua hunian tersebut. Hunian vertikal saat ini mulai dibangun di kota-kota besar yang minim lahan. Berbeda halnya dengan pedesaan dimana harga tanah sedikit miring dibandingkan dengan harga tanah di perkotaan. Bidang tanah pun masih luas sehingga lebih banyak ditemukan rumah horizontal dibandingkan dengan rumah vertikal. Agar pertanyaan Anda tentang apa itu hunian vertikal terjawab, simak beberapa contoh hunian vertikal disertai dengan pengertiannya :

Apartemen

Apartemen merupakan hunian vertikal yang pertama. Istilah apartemen pertama kali dipakai oleh negara Amerika Serikat sehingga kata apartemen berasal dari Amerika Serikat. Lalu apa itu hunian vertikal dengan jenis apartemen?. Apartemen merupakan sebuah bangunan yang dijadikan tempat tinggal dengan mengambil sebagian kecil dari bangunan. Sehingga satu buah gedung bangunan, bisa terdiri dari ratusan unit apartemen. Di Inggris, apartemen disebut dengan flat bukan apartemen.  Memang dulunya apartemen berbeda dengan saat ini, dimana apartemen hanya bisa disewakan. Namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan apartemen, membuat fungsi apartemen menjadi berubah. Apartemen tidak hanya disewakan saja, namun kini apartemen bisa juga dibeli beserta dengan tanahnya sehingga kepemilikan apartemen bisa di klaim. Apartemen di Jakarta Pusat dan Apartemen di Jakarta Barat merupakan district yang sudah dibangun dengan banyak apartemen dan kepemilikannya bisa di klaim.

Kondominium

Jenis hunian vertikal lainnya adalah kondominium. Sebelum apartemen berubah fungsi, apartemen dengan kondominium ini berbeda. Kondominium pertama kali diperkenalkan di negara Italia. Sesuai dengan namanya yang diawali dari “con” condominium memiliki arti sama-sama. Sehingga jika dikaitkan dengan kata dari kondominium. Kondominium merupakan bangunan vertikal yang bisa digunakan secara bersama-sama. Tidak hanya fungsinya saja yang bisa digunakan untuk bersama-sama. Namun kepemilikannya pun bersama-sama. Kondominium merupakan bangunan vertikal yang bisa ditempati bersama-sama, begitu pula dengan hak atau kepemilikan kondominium tersebut bisa di klaim atau dimiliki. Sayangnya saat ini tidak ada yang membedakan antara apartemen dengan kondominium mengingat fungsi apartemen yang sudah berubah dimana apartemen tersebut bisa di klaim dan bisa dimiliki. Tidak hanya itu saja, penghuni apartemen dan kondominium harus bisa berbagi fasilitas bersama di apartemen dan kondominium tersebut. Fasilitas yang harus digunakan secara bersama-sama adalah lorong, elevator atau lift, sistem pendingin, sarana olahraga, listrik dan juga air.

Apa Itu Hunian Vertikal

apa itu hunian vertikal

Rumah Susun

Hunian vertikal yang sedang digalakkan oleh pemerintah adalah rumah susun. Rumah susun sendiri merupakan bangunan yang sedang dibangun pemerintah sehingga nantinya harganya lebih murah dibandingkan dengan hunian vertikal lainnya. Sayangnya tidak semua warga Negara Indonesia bisa mendapatkan rumah susun tersebut. Orang yang belum pernah memiliki tempat tinggal berhak mendapatkan hak untuk tinggal di rumah susun tersebut. Rumah susun sendiri merupakan bangunan vertikal dan juga horizontal sehingga selain meninggi, bangunan ini memanjang. Jumlah tingkatan di rumah susun tidak sebanyak di apartemen dan kondominium. Sama seperti apartemen dan kondominium, rumah susun ini disekat-sekat dan setiap unit nya dipisahkan sehingga setiap unit dimiliki oleh orang yang berbeda. Sedangkan untuk status kepemilikannya bisa secara pribadi maupun secara bersama.

Tidak hanya hunian horizontal saja yang saat ini sedang diburu oleh masyarakat. Namun hunian vertikal pun kini banyak diminati oleh masyarakat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi atau mencari hunian vertikal bisa mengakses rukamen. Rukamen menyediakan listing apartemen dan hunian vertikal terlengkap di Indonesia. Melalui rukamen, Anda bisa menemukan jawaban yang lebih lengkap tentang apa itu hunian vertikal.

cara jual apartemen

About fadhil

Check Also

taman bmw

Selain Stadion Taraf Internasional, Akan Ada Hunian Vertikal di Taman BMW

Pembangunan stadion di Taman BMW, Jakarta Utara akan dimulai tahun depan setelah Pemprov DKI Jakarta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *