Friday , July 14 2023
Home / News / Info / Bus JR Connexion Resmi Beroperasi Layani Komuter Jabodetabek

Bus JR Connexion Resmi Beroperasi Layani Komuter Jabodetabek

Kementerian Perhubungan telah meluncurkan layanan bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion pada tanggal 14 Februari lalu. JR Connexion adalah bus yang melayani warga perumahan di Bekasi, Bogor, Cibubur, Depok, Serpong dan Tanggerang.

Layanan bus JR Connexion dijalankan oleh operator-operator bus di bawah pengawasan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Bus berangkat langsung dari dalam perumahan dan tidak ada titik-titik pemberhentian di sepanjang perjalanan. Bus tersebut hanya akan berhenti di pusat kota, dengan titik-titik pemberhentian di antaranya Gambir, Plaza Gajah Mada, Pasar Baru, Ratu Plaza, FX Senayan, Tanah Abang, Blok M, Sudirman, Jakarta Kota, Kelapa Gading, Mangga Dua, Grogol, Mall Ciputra, dan Roxy

Operator bus-bus JR Connexion ini adalah perusahaan otobus (PO) swasta, yakni PT Sinar Jaya Langgeng Utama, PT Wahana Trans, dan PT Royal Wisata. Tarif bus ini mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per orang untuk sekali perjalanan. Bus ini beroperasi dari dari pukul 05.00-21.15 dan tersedia di halte untuk pemberangkatan setiap satu jam sekali. Untuk hari Sabtu dan Minggu, bus baru beroperasi mulai dari pukul 06.30.

Dengan kapasitas hanya 30 hingga 50 kursi, bus-bus ini dilengkapi fasilitas lengkap, seperti koneksi internet, sabuk pengaman di setiap bangku, dan rancangannya memungkinkan penumpang untuk membuka laptop. Di dalam bus tidak akan disediakan pegangan untuk penumpang berdiri karena seluruh penumpang diharuskan duduk.

Lokasi perumahan yang dipilih mengacu pada survei yang dilakukan BPTJ, yaitu perumahan dengan jumlah warga yang banyak. Pangsa pasar JR Connexion sendiri adalah warga menengah ke atas yang biasanya selalu menggunakan mobil pribadi. Harga yang dibanderol juga merupakan harga pertimbangan masukan dari calon-calon penumpang.

jr connexion

Daftar perumahan yang dilayani bus JR Conexion

Berikut ini adalah daftar perumahan yang dilayani bus JR Connexion

Bekasi: Lippo Cikarang, Grand Wisata, Perumahan Galaxy, Summarecon Bekasi

Bogor: Citra Indah Jonggol, Bellanova, Botani Square

Cibubur: Citra Grand Cibubur, Kota Wisata, Legenda Wisata, Puri Sriwedari, Cibubur Residence, Cibubur Country, Harvest City, Metland Transyogie, Kenari Nusantara.

Depok: Pesona Khayangan

Serpong: BSD City, Bintaro Jaya

Tangerang: Lippo Village Karawaci, Citra Raya

Baca berita seputar perkembangan infrastruktur di Indonesia lainnya hanya di Blog Rukamen

image

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *