Tuesday , July 18 2023
Home / News / Info / Di Masa Depan Lampu Jalan Menyala Karena Pejalan Kaki

Di Masa Depan Lampu Jalan Menyala Karena Pejalan Kaki

Sebuah perusahaan startup teknologi asal New York, EnGoPLANET, akan memasang lampu jalan inovatif yang bisa nyala dengan tenaga matahari dan langkah kaki pejalan kaki. Lampu jalan yang mengkombinasi energi kinetik dan solar ini akan dipasang di Boulder Plaza, Las Vegas.

Ketika seseorang berjalan di atas bantalan energi kinetik yang dipasang, maka energi yang diciptakan akan langsung dikirim ke batere yang disediakan. Alat ini juga dilengkapi dengan alat sensor pintar. Selain itu, fasilitas colokan USB dan wireless charging yang diletakkan di tiang juga merupakan fitur berguna dari produk ini.

Alasan EnGoPLANET menciptakan lampu ini adalah karena lampu jalanan di dunia mengeluarkan lebih dari 100 juta ton karbondioksida per tahun. Diharapkan dengan menggunakan lampu ini, emisi karbondioksida akan turun, biaya pemeliharaan lebih rendah, fitur pintar lebih banyak tersedia untuk pejalan kaki, sehingga membuat kota menjadi lebih pintar.

Petar Mirovic, CEO dari EnGoPLANET juga berkata bahwa lampu jalanan yang sekarang ini ada belum dipergunakan secara maksimal. Sekarang ini tiang-tiang tersebut hanya digunakan untuk memegang lampu. Tapi dengan fitur-fitur tambahan ini, pejalan kaki bisa istirahat sebentar sambil mengisi ulang baterai peralatan elektronik mereka.

Lampu jalan EnGoPlanet ini sekarang ini ditujukan untuk kota-kota besar yang tidak terlalu mengandalkan mobil pribadi dan memiliki jumlah pejalan kaki yang tinggi, seperti Chicago, New York, dan Hong Kong. Tetapi, di masa mendatang diharapkan lampu ini akan dipasang di semua negara.

Di-Masa-Depan-Lampu-Jalan-Menyala-Karena-Pejalan-Kaki-square

Ikuti berita seputar kemajuan teknologi dan infrastruktur lainnya di Blog Rukamen

Sumber: Autoblog

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *