Monday , July 17 2023
Home / News / Info / Ibu Kota Pindah, Ini Dia Enam Daerah Yang Diwacanakan Menjadi Penggantinya

Ibu Kota Pindah, Ini Dia Enam Daerah Yang Diwacanakan Menjadi Penggantinya

Pada artikel kami berjudul Dampak Sektor Properti Jika Ibu Kota Dipindahkan Dari Jakarta, diketahui bahwa Pemerintah berencana akan memindahkan Ibukota sekaligus pusat pemerintahan ke luar Jawa, sedangkan pusat perekonomian tetap berada di Jakarta.

Ternyata rencana ini semakin serius untuk direalisasikan oleh pemerintahan Presiden Jokowi dimana Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa ia telah membahas rencana detail nya dengan Pak Presiden.

Diskusi ini menyakup kajian pemindahan ibukota, termasuk pada skema pendanaannya dimana akan rampung tahun ini. Beberapa aspek yang dikaji antara lain adalah: penentuan lokasi, estimasi pendanaan, dan tata kota. Pemindahan ibukota didasarkan oleh kajian dari fakta bahwa pembangunan ekonomi antara Pulau Jawa dan pulau lainnya tidak seimbang.

Jika hasil kajian menunjukkan bahwa ibu kota akan dipindahkan ke kota lainnya, maka hanya kantor pemerintahan saja yang dipindahkan. Di kota tersebut juga akan dibangun kantor Presiden dan kantor kementrian sementara Jakarta menjadi pusat bisnis dan keuangan.

Berikut ini adalah beberapa daerah yang pernah diwacanakan menjadi ibukota baru Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soeharto:

  1. Jonggol, di Jawa Barat.
    Pada masa Orde Baru, Jonggol dinilai paling realistis sebagai ibukota baru apalagi letaknya hanya 40 kilometer di sebelah tenggara Jakarta. Selain Jonggol, Karawang juga diusulkan menjadi salah satu calon pengganti Jakarta
  2. Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
    Sejak ditetapkan sebagai ibu kota Kalimantan Tengah pada 1957, disebut-sebut bahwa presiden pertama Indonesia, Soekarno, merencanakan untuk mengembangkan dan membangun Palangkaraya sebagai ibu kota masa depan Indonesia. Palangkaraya jauh lebih luas daripada Jakarta dan tidak seperti kota-kota di pulau Jawa, Palangkaraya relatif aman dari gempa bumi dan letusan gunung berapi. Tahun ini, Presiden RI ketujuh, Joko Widodo kembali mengusulkan pemindahan ibu kota ke kota ini.
  3. Deretan Kota Di Kalimantan
    Pada tahun 2015, Kepala Bappenas/Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Andrinof A Chaniago, di Samarinda, Kaltim, Kamis (2/4/2015), Bappenas mengumumkan daerah-daerah yang bisa menjadi jadi ibu kota Indonesia.Daerah itu tersebar di seluruh Kalimantan, yaitu:
    a. Tanahbumbu (Tanbu) dan Kotabaru di Kalsel
    b. Kuala Kapuas (Kapuas), Pangkalanbun (Kotawaringin Barat) dan Sampit (Kotawaringin Timur) di Kalteng,
    c. Panajam Paser Utara di Kaltim
    d. Kayong Utara di Kalbar.
  4. Kota Palembang, Sumatera Selatan
    Palembang disebut oleh Kepala Kesbang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Lahmudin Harun, saat memberikan sambutan dalam Konperda Ke-1 DPD Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) Sumsel, di Hotel Sandjaya, Palembang, Sabtu (10/2/2007) lalu sebagai calon pengganti Jakarta menjadi ibukota Indonesia.
  5. Kecamatan Maja, Lebak, Banten
    Provinsi Banten dianggap layak menjadi pengganti Jakarta sebagai ibukota Indonesia karena memiliki beberapa keunggulan sebagai daerah penyangga juga mudah ditempuh oleh angkutan kereta api maupun kendaraan umum. Hal ini disampaikan oleh Bupati Mulyadi Jayabaya di Rangkasbitung pada tahun 2013.Menurutnya, wacana pemindahan ini ramai dibicarakan ketika Jakara dilanda banjir. Menurutnya, memindahkan ibukota ke Kecamatan Maja bisa mengurangi kemacetan dan banjir di Jakarta. Selain itu, Kecamatan Maja yang lahannya seluas 5.250 hektar sebagian besar merupakan milik Badan Penyehatan Perbankan Nasional, sehingga masalah pembebasan lahan pasti akan lebih mudah.
  6. Mamuju, Sulawesi Barat
    Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusulkan kota Mamuju di Sulawesi Barat menjadi ibu kota karena letaknya berada di tengah tengah Indonesia. Menurutnya, di peta, Kota Mamuju berada tepat di tengah Indonesia jika ditarik garis dari atas ke bawah, serta dari kanan ke kiri.Hal ini sama seperti yang dilakukan Myanmar dimana ibu kota nya saat ini, Naypyiday, berada di titik tengah negara. Walaupun jauh dari Jakarta, tapi menurutnya kemana-mana lebih dekat.

Sumber: TribunNews

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *