Tuesday , December 12 2017
Home / Guide / Hal-Hal Yang Menentukan Harga Apartemen
menentukan harga apartemen

Hal-Hal Yang Menentukan Harga Apartemen

Hal Hal Yang Menentukan Harga Apartemen

Harga suatu apartemen bisa mencerminkan kualitas produk tersebut. Bukan hanya lokasi saja yang menentukan harga suatu apartemen, ada beberapa hal lain yang juga mempengaruhi. Memang hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menentukan harga apartemen, tetapi ada juga hal-hal lain seperti berikut ini:

  1. Keadaan lingkungan sekitar
    Hal ini termasuk dari sisi fisik (lansekap, vegetasi, temperatur, kualitas air, suasana, dll) maupun sosial. Ini juga termasuk apakah apartemen dekat dengan SUTET (saluran udara listrik tekanan tinggi), tempat pembuangan sampah, pemakaman, daerah banjir, dll. Faktor ini juga menjadi pertimbangan bank dalam menyalurkan KPA dan KPR. Lokasi yang dekat dengan SUTET atau TPA (Tempat Pembuangan Akhir) biasanya susah mendapatkan KPA dan KPR.
  2. Aksesibilitas apartemen
    Jika dekat dengan pusat-pusat kegiatan seperti mall, rumah sakit, sekolah, universitas, dll akan lebih tinggi dibanding yang berada di jalan lebih kecil. Biasanya nilai jual apartemen yang dekat dengan tol, stasiun, terminal, atau jalan raya yang dilalui angkutan umum lebih tinggi juga menentukan harga apartemen
  3. Infrastruktur di sekitar apartemen
    Hunian yang berada di lokasi dengan perkembangan infrastruktur yang baik biasanya memiliki harga lebih tinggi. Contohnya adalah gedung-gedung  yang dekat dengan stasiun MRT, LRT, dekat dengan jalan tol atau akses jalan baru.
  4. Spek material bangunan
    Jika materi bangunan menggunakan pelapis keramik lantai homogeneous biasanya memiliki harga lebih tinggi dibanding yang menggunakan keramik standar. Hal kecil semacam ini juga bisa menentukan harga apartemen untuk disewa maupun dijual.
  5. Fasilitas yang disediakan gedung
    Apartemen dengan fasilitas yang lengkap biasanya memiliki harga lebih tinggi daripada yang tidak memiliki fasilitas apapun.
  6. Reputasi pengembang
    Jika apartemen dibangun oleh pengembang dengan reputasi baik maka harganya akan lebih tinggi dibanding yang dibangun pengembang baru atau belum memiliki reputasi di mata pasar. Karena komitmen pengembang juga merupakan salah satu hal penentu dalam membeli suatu apartemen.
  7. Biaya yang harus dikeluarkan pembeli
    Ada biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan pembeli apartemen. Hal ini bisa membuat apartemen terlihat lebih murah atau lebih mahal. Karena itu jangan lupa untuk menanyakan masalah biaya-biaya lain di luar harga  yang harus dikeluarkan, seperti biaya notaris, pembuatan Akta Jual Beli, biaya balik nama, proses sertifikat, PPN, dll.
  8. Dukungan pembiayaan dari bank
    Hal lain yang dapat menentukan harga apartemen ialah jika mendukung pembiayaan dari bank, termasuk Kredit Pemilikan Apartemen, maka ini juga mempengaruhi harga apartemen. Apartemen yang bekerja sama dengan bank untuk fasilitas kredit biasanya memiliki harga lebih murah karena bank biasanya meminta developer untuk memberikan diskon harga atau subsidi bunga.

Baca juga: Tips Negosiasi Harga Apartemen

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Pertanyaan Wajib Calon Pembeli Untuk Developer Proyek Yang Belum Dibangun

Sekarang ini banyak sekali developer yang meluncurkan proyek apartemen yang belum dibangun ke pasar. Memang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *