Friday , May 29 2020
Home / News / Info / Inilah Desain Baru Hunian Vertikal di Kampung Akuarium

Inilah Desain Baru Hunian Vertikal di Kampung Akuarium

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan revitalisasi di Kampung Akuarium di Jakarta Utara yang sudah padat. Pemerintah bersama dengan arsitek dari RUJAK Center for Urban Studies merancang tempat tinggal baru di Kampung Akuarium tersebut agar warga masih memiliki tempat tinggal.

Andesha Hermintomo mewakili RUJAK Center for Urban Studies berdiskusi dengan para warga untuk mencari tahu apa saja yang perlu diperbaiki atau diubah agar nantinya Kampung Akuarium menjadi lebih baik dari sebelumnya. Menurut Andes, warga membutuhkan desain lingkungan yang baik untuk kesehatan, seperti sirkulasi udara dan cahaya yang baik, serta standar keamanan kebakaran.

Desain yang dibuat Andes dan tim merupakan draf awal dan masih dalam proses evaluasi. Perubahan-perubahan pada draf masih bisa dilakukan hingga 1 bulan ke depan. Menurut Andes, kampung ini memegang peran penting dalam mempertahankan kebaharian kawasan pasar ikan di Jakarta, karena tanpa adanya kampung, kawasan ini hanya menjadi plaza komersial

Desain baru kampung memiliki lima titik, yaitu pintu masuk kawasan, Pasar Heksagon, Kampung Akuarium, plaza, akses ke Luar Batang dan pelabuhan. Kampung Akuarium nantinya akan dibangun setinggi empat lantai dengan menggabungkan pasar, hunian, dan fasilitas pendukung lainnya.

tribunnews

Lantai satuĀ akan diisi oleh Pasar Akuarium, lantai dua untuk hunian dan pos siskamling, lantai tiga untuk hunian, mesjid, balai warga, paud, dan posyandu, sedangkan lantai empat untuk hunian, area bermain, taman bermain, kebun sayur, area cuci dan jemur. Pada intinya, fasilitas yang disediakan seperti sebuah kampung, tetapi lebih padat secara vertikal.

Baca berita seputar revitalisasi lainnya hanya di Blog Rukamen

Inilah-Desain-Baru-Hunian-Vertikal-di-Kampung-Akuarium-Square

Sumber: Kompas Properti

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *