Friday , May 29 2020
Home / News / Info / Mahasiswi UI Rancang Bangunan Multifungsi Berbasis TOD di Cawang

Mahasiswi UI Rancang Bangunan Multifungsi Berbasis TOD di Cawang

Seorang mahasiswi Universitas Indonesia, Stevanny Putri, telah merancang proyek Perancangan Arsitektur 5 yang berbasis TOD (transit oriented development) di D-Holl, Cawang. Proyek ini berada di Menara Saidah yang sekarang ini dilintasi berbagai moda transportasi umum, antara lain kereta komuter, Trans Jakarta, dan LRT (light rail transit) yang sebentar lagi akan selesai dibangun.

Stevanny memperlihatkan rancangan bangunan multifungsi berbasis TOD tersebut pada pameran arsitektur HUNI_KOMUNAL di Kedai Ketan Susu, Sabtu lalu. Rancangannya ini menurut Stevanny untuk memenuhi kekurangan tersedianya moda transportasi yang terintegrasi di kawasan tersebut. Karena itulah ia merasa lokasi yang dipilih tersebut strategis karena berada di kawasan perkantoran menengah dengan peluang mobilisasi, khususnya pejalan kaki.

Di daerah tersebut, sistem transportasi yang tidak terintegrasi misalnya adalah pengguna kereta komuter dan Transjakarta harus melewati kolong jembatan dengan kondisi yang kurang baik. Ini karena dua jalan raya yang berada di level stasiun kereta Jalan Cikoko Timur dan Jalan Tol Dalam Kota di Jalan MT Haryono setinggi delapan meter.

Bangunan multifungsi yang dirancang Stevanny seluas 38.336 meter persegi dan terhubung terowongan di bawah Jalan Cikoko dan Jalan MT Haryono. Di sini akan terdapat apartemen, perkantoran, dan hotel. Hotelnya dibangun untuk pekerja kantoran kelas menengah yang berada di sekitar bangunan. Hotel dibuat dengan adanya rotasi dan pengurangan massa yang bisa digunakan sebagai area fasilitas, seperti kolam renang dan taman.

Di bagian barat balkon terdapat tanaman rambat yang fungsinya untuk menambah privasi penghuni dari perkantoran dan untuk mengurangi panasnya sinar matahari pada siang dan sore hari. Fitur lainnya adalah air terjun di dua lantai setinggi sembilan meter dimana airnya asalnya dari air hujan yang melewati lubang di tengah masa bangunan.

Bagaimana menurut Anda tentang rancangan Stevanny ini?

Baca juga: Hunian Berkonsep TOD Semakin Naik Daun

Sumber: Kompas Properti

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *