Saturday , May 30 2020
Home / News / Info / Mulai Tahun Ini Dibangun 210.000 Unit Rusun Berbasis TOD di Stasiun KA

Mulai Tahun Ini Dibangun 210.000 Unit Rusun Berbasis TOD di Stasiun KA

Pemerintah saat ini tengah gencar mengerjakan proyek-proyek infrastruktur yang berhubungan dengan kereta api. Contohnya adalah proyek Kereta Bandara, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan proyek kereta ringan (LRT) rute Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Namun, ada lagi rencana pemerintah sehubungan dengan program sejuta rumah. Pemerintah berencana akan mengembangkan rumah susun yang terintegrasi dengan stasiun kereta api. Pembangunan yang dikenal dengan nama Transit Oriented Development (TOD) ini diharapkan bisa mengurangi angka timbunan rumah yang belum dikerjakan.

Pontas Tambunan selaku Deputi Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN mengatakan bahwa pembangunan rusun akan dimulai tahun ini di beberapa stasiun, antara lain adalah Stasiun Tanah Abang, Stasiun Pondok Cina, dan Stasiun Bogor.

Rusun ini akan diberikan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang masih belum mendapatkan tempat tinggal yang layak. Unit rusun ini bisa dimiliki masyarakat dengan DP sebesar 1 persen saja. Bahkan, buruh pun bisa membeli unit tersebut. Diperkirakan, masyarakat berpenghasilan Rp 1,5 juta per bulan juga bisa memiliki unit di rusun tersebut.

Rusun ini akan mengusung konsep mixed use, dimana selain stasiun, nantinya akan ada tempat-tempat makan. Ditargetkan akan ada 74 stasiun yang terhubung dengan rusun. Dari 74 rusun tersebut, masing-masing akan memiliki 4.000 unit, sehingga ketika selesai nanti akan tersedia 210.000 unit tempat tinggal baru.

Namun, Pontas juga mengatakan bahwa ada hal-hal lain yang mempengaruhi pembangunan rusun tersebut, di antaranya adalah hal perizinan. Ini karena tidak semua tempat tersebut benar-benar bisa dibangun.

Pemerintah juga berencana akan mengembangkan rusun-rusun tua yang ada di daerah-daerah lain, salah satunya di Medan yang telah dikembangkan melalui BUMN oleh Perumnas. Nantinya, pengembangan rusun akan ditingkatkan jumlahnya dengan membangun lebih banyak lantai.

Baca juga: Hunian Berkonsep TOD Semakin Naik Daun

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *