Saturday , July 15 2023
Home / Inspiration / Window Garden, Solusi Bertanam di Apartemen

Window Garden, Solusi Bertanam di Apartemen

Jika sebelumnya kami menulis tentang Inspirasi Taman Vertikal di Apartemen, maka ada satu lagi solusi yang bisa digunakan jika Anda ingin bercocok tanam di apartemen, yaitu dengan menerapkan sistem window garden.

Sumber: Zandart

Window garden adalah cara mudah untuk mempergunakan area jendela sebagai taman mungil. Cara menciptakannya adalah dengan meletakkan tanaman-tanaman pilihan Anda di kotak di luar jendela. Berbagai tanaman bisa diletakkan disini, termasuk tanaman untuk bumbu dapur.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menciptakan window garden di apartemen:

  1. Siapkan kotak
    Sumber: Four Generations One Roof

    Kusen jendela akan dimaksimalkan menjadi taman dengan cara ditempatkan kotak-kotak yang diisi tanaman pilihan Anda. Gunakan kotak yang sesuai dengan selera itu: bisa dari metal, kotak kopi, kotak teh, kotak kayu, dll. Setelah itu, tambahkan pot mungil yang ukurannya lebih kecil dari kotak pilihan Anda tersebut untuk dijadikan wadah tanaman

  2. Pastikan ukuran dan kekuatan kotak

    Sumber: Design*Sponge

    Pastikan kekuatan struktur kotak yang Anda gunakan bisa cukup kuat dan terpasang sempurna ke dinding agar tidak mudah jatuh atau rusak. Sesuaikan beratnya tanah dan tanaman yang akan dimasukkan ke dalam kotak lalu sesuaikan desain kotak dengan desain rumah Anda.

  3. Pilih jenis tanaman

    Sumber: DIY and Crafts Magazine

    Pilih tanaman yang hidup karena cahaya matahari karena meletakkan tanaman di jendela berarti tanaman tersebut akan sering terpapar sinar matahari. Tanaman yang bisa dipilih yaitu: kaktus, english ivy, petunia, atau philodendron.

  4. Perhatikan sisi apartemen

    Sumber: mybackyardgardening.stfi.re

    Jika sisi apartemen yang Anda akan gunakan sebagai taman adalah tempat yang sering terpapar sinar matahari, maka tanaman herbal dan sayur kurang cocok ditempatkan. Jika memungkinkan, pilih sisi yang tidak terlalu terpapar sinar matahari terlalu panas, tetapi tetap mendapatkan sinar pada pagi atau sore hari.

  5. Rawatlah window garden Anda

    Sumber: Pinterest

    Agar tetap tahan lama dan bisa berbunga, pastikan tanaman tidak terlalu ditumpuk agar semuanya bisa terpapar sinar matahari secara adil. Pangkas tanaman ketika sudah mulai menjuntai karena tanaman terlalu rimbun beresiko membuat dinding jadi cepat kotor. Pastikan tidak ada lumut, rumput liar, atau tanaman liar di sekitar tanaman karena bisa membuat tanaman Anda susah mendapatkan makanan utamanya.

Baca juga: Tips Membuat Taman Vertikal di Apartemen

Sumber: Liputan6

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Makanan Ramadhan Sehat

Inilah Makanan Ramadhan Sehat yang Perlu Anda Terapkan

Makanan Ramadhan sehat – Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *