Sunday , March 29 2020
Home / News / Info / OPod Tube Housing, Unit Rumah Mikro Sebesar Pipa Air

OPod Tube Housing, Unit Rumah Mikro Sebesar Pipa Air

Studio arsitektur James Law Cybertecture asal Hong Kong baru saja mengembangkan sebuah unit contoh untuk sebuah perumahan mikro harga rendah. Perumahan mikro ini bisa ditumpuk-tumpk di pipa konkrit yang bisa diselipkan lahan-lahan kosong di antara gedung-gedung di tengah kota.

Perumahan ini bernama OPod Tube Housing, sebuah proyek yang mengubah  pipa air dengan lebar 2,5 meter menjadi rumah dengan ukuran 9,29 meter persegi. Fitur lainnya adalah pintu-pintu nya bisa dibuka menggunakan handphone.

Hong Kong sudah sejak lama memiliki masalah perumahan sehingga proyek ini diharapkan bisa menciptakan rumah-rumah pertama untuk kaum mudah di lokasi pusat kota di seluruh Hong Kong. Diharapkan anak-anak muda bisa tinggal di apartemen ini selama satu hingga dua tahun.

Proyek OPod ini masih dalam bentuk, tetapi arsiteknya telah membangun unit contoh yang memperlihatkan bagaimana rumah tersebut akan terlihat. Di dalam tembok-tembok bergelombang, rumah tersebut juga memiliki fasilitas untuk tinggal, memasak, dan mandi.

Di bagian depan terdapat panel kaca yang bisa berfungsi sebagai pintu dan jendela. Cahaya alami tambahan juga disediakan oleh deretan lampu-lampu yang diletakkan di bawah rak dan lampu yang bisa dicopot ditempel ke tembok.

Tembok-tembok interior nya menggunakan warna putih, mengurangi keindahan industrial, sedangkan lantai kayu nya dipasang untuk memudahkan penghuni untuk pindah-pindah. Di dalamnya juga terdapat sebuah bangku panjang yang bisa dilipat dan juga berfungsi sebagai kasur. Terdapat juga kulkas mini, microwave, dan sebuah tiang untuk menggantung baju.

 

Meskipun proposal ini bukan solusi permanen akan krisis rumah di Hong Kong, diharapkan desain ini bisa menjadi solusi sementara untuk masyarakat yang memerlukan sesuatu yang terjangkau dalam waktu singkat. Unit ini dibuat dengan harga Rp 270 juta-an dan bisa disewakan dengan harga kurang dari Rp 5,2 juta per bulan.

Karena hanya memiliki lebar kurang dari 2,5 meter, unit-unit ini bisa diselipkan di lahan-lahan kosong dan bisa ditumpuk hingga empat unit di atasnya tanpa memerlukan dukungan tambahan.

Baca juga: Belajar Desain Rumah Mungil Dari Poly Pocket

Sumber: Dezeen

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Ecocapsule, Rumah Mungil Masa Depan

Ecocapsule adalah sebuah rumah mungil yang sangat futuristik, ramah lingkungan dan terilhat seperti kapal angkasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *