Thursday , July 13 2023
Home / News / Info / Syarat Mengikuti Program Cicilan Apartemen Dengan BPJS-TK

Syarat Mengikuti Program Cicilan Apartemen Dengan BPJS-TK

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) baru saja meluncurkan program cicilan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin membeli rumah pertama mereka. Program ini diberi nama Fasilitas Pembiayaan Perumahan Pekerja.

Tingkat suku bunga cicilan tetap sebesar 5% selama masa kredit berlangsung dan masa kredit bisa berlangsung hingga 20 tahun, sehingga besaran cicilan dapat disesuaikan dengan kemampuan MBR.

Untuk dapat mengikuti program ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Telah menjadi peserta BPJS-TK paling kurang selama satu tahun dan telah mengikuti program Jaminan Hari Tua minimal satu tahun
  2. Peserta harus mengajukan permohonan cicilan untuk rumah subsidi yang prosesnya tidak jauh berbeda dengan program KPR pada umumnya, tetapi Anda harus menyertakan kartu BPJS-TK yang Anda miliki
  3. Permohonan akan diberikan kepada bank dimana bank akan memulai prosedur yang sama seperti proses pengajuan cicilan umumnya
  4. Jika semua syarat sudah dipenuhi, bank akan melanjuti proses ini ke pihak BPJS-TK yang akan memeriksa riwayat kepesertaan, mulai dari disiplin di tempat kerja, ketepatan waktu dalam membayar iuran BPJS-TK, dll.

Apartemen Juga Bisa Dicicil Dengan BPJS-TK

Selain rumah, masyarakat juga bisa menggunakan program BPJS-TK ini untuk mengajukan KPA. Keuntungannya adalah, suku bunga yang diberikan relatif lebih rendah, yaitu antara 7,75% dengan skema pembiayaan maksimal, mencapai 90%.

Untuk mengajukan KPA melalui BPJS-TK, syaratnya tidak jauh beda dengan syarat yang diperlukan seperti di atas, yaitu harga apartemen tidak melebihi TP 500 juta, dan merupakan hunian pertama yang dibeli peserta BPJS-TK tersebut, baik apartemen baru maupun apartemen second.

Baca juga: Daftar Apartemen Yang Bisa Dibeli Dengan Program KPA BPJS Ketenagakerjaan

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *