Friday , May 29 2020
Home / Inspiration / Tips / Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Menyicil Apartemen

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Menyicil Apartemen

Jika Anda sekarang ini masih tinggal di rumah orang tua atau apartemen sewaan, pasti ada terbesit keinginan untuk membeli rumah/apartemen. Memang membeli properti merupakan suatu investasi jangka panjang yang menguntungkan. Tapi, sebelum memutuskan untuk membeli rumah/apartemen, pastikan bahwa Anda sudah siap secara finansial untuk menyicil atau mengurus biaya bulanan rumah tersebut.

Baca juga: Perbandingan Antara Rumah dan Apartemen Harga Rp 350juta di Jakarta

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen/rumah, coba perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Apa sudah memiliki pendapatan yang bisa diandalkan?
    Jika Anda akan membeli rumah/apartemen dengan cara dicicil, maka Anda harus yakin bahwa pendapatan Anda sudah stabil dan bisa diandalkan. Jika pendapatan Anda belum stabil, maka pertimbangkan kembali keputusan untuk mencicil rumah/apartemen.
  2. Apakah Anda memiliki pengeluaran besar lainnya
    Membeli rumah/apartemen adalah suatu keputusan besar yang mempengaruhi keadaan finansial Anda. Pastikan Anda sedang tidak memiliki beban pengeluaran lainnya, seperti cicilan mobil yang harus dibayar tiap bulan.
  3. Apakah Anda sedang terbelit utang?
    Terutama jika Anda membeli dengan cara mencicil, periksa kembali kondisi keuangan Anda secara menyeluruh dan pastikan Anda sedang tidak memiliki hutang. Ini agar lembaga keuangan bisa menyetujui permohonan pinjaman tersebut.
  4. Apakah Anda sudah memiliki dana darurat yang cukup?
    Memiliki rumah/apartemen sendiri artinya Anda akan memiliki pengeluaran lainnya yang mungkin Anda lupakan. Penting bagi Anda untuk menyisakan sedikit uang dari pendapatan Anda setiap bulan untuk hal-hal darurat untuk mengantisipasi biaya tersebut. Dana darurat yang dipersiapkan sedikitnya mulai dari 4 bulan hingga 12 bulan dari nilai pengeluaran per bulan.
  5. Apakah Anda mampu membayar 5-10% dari total harga rumah/apartemen?
    Membeli rumah dan apartemen memerlukan dana sekitar 3-20% untuk uang muka. Karena itu lebih baik jika Anda bisa menunggu hingga Anda bisa membayar 5% atau bahkan 10-20% dari total harga rumah dengan uang tunai
  6. Apakah Anda bisa dan mau mengurus rumah/apartemen sendiri?
    Dalam satu tahun, banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk rumah dan apartemen, seperti mengisi apartemen dengan peralatan baru, membetulkan yang rusak, dan bahkan beberapa renovasi. Karena itu, jika Anda tidak terbiasa mengurus dan melakukan pekerjaan tersebut sendiri, pengeluaran akan semakin lebih banyak.

Baca juga: Apartemen di Jakarta Dengan Harga di Bawah Rp 600 Juta

Sumber: Liputan6

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *