Friday , July 3 2020
Home / Inspiration / Tips / Cara Menciptakan Apartemen Sehat

Cara Menciptakan Apartemen Sehat

Sekarang ini semakin banyak orang yang memilih untuk tinggal di apartemen. Walaupun luasnya tidak sebesar rumah tapak, bukan berarti tinggal di apartemen tidak bisa nyaman. Banyak orang yang mengatakan bahwa ruang sempit adalah sumber penyakit. Padahal, dengan tata letak yang benar, apartemen bisa menjadi nyaman dan sehat. Berikut ini adalah cara menciptakan apartemen sehat

Gunakan jendela sebagai sumber sirkulasi udara

Apartemen pastinya dilengkapi dengan jendela di kebanyakan ruangannya. Manfaatkan jendela-jendela ini sebagai sumber sirkulasi udara dengan cara membukanya pada siang hari. Ini untuk memastikan udara di dalam apartemen tidak lembab. Jika sirkulasi udara baik, maka otomatis sistem pernapasan kita juga akan baik.

Letakkan tanaman-tanaman

Tanaman juga merupakan sumber udara segar dan memperbaiki sirkulasi udara. Jemur tanaman di dekat jendela pada siang hari dan dikeluarkan ke teras pada saat malam hari. Ini karena tanaman pada malam hari mengeluarkan karbondioksida berbahaya. Rajin-rajinlah menyiram tanaman dan pilih tanaman yang tidak terlalu sulit dirawat.

Mainkan pencahayaan ruang

Pencahayaan adalah salah satu elemen paling penting di sebuah ruangan kecil. Cahaya redup bisa membuat ruangan terasa lebih pengap dan sesak. Karena itu, gunakan cahaya yang terang dan jangan lupa memanfaatkan sumber matahari alami dari jendela dan balkon.

Pemilihan furnitur yang benar

Di apartemen mungil, lebih baik jika menggunakan perabotan dengan desain yang simpel namun tegas. Hindari perabotan dengan motif-motif dan ukiran terlalu rumit karena perabotan dengan ukiran rentan debu, sulit dibersihkan, dan akhirnya menjadi sumber penyakit seperti flu, batuk, asma, dll.

Pastikan apartemen selalu rapi

Simpan barang-barang di tempatnya, letakkan di tempat tertutup yang tidak terlihat mata karena ruangan yang rapi akan memberikan energi positif pada penghuninya sehingga tubuh dan pikiran pun tetap sehat.

Baca juga: Ini Dia 6 Kota Paling Hijau di Indonesia

Sumber: Liputan6

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *