Tuesday , July 11 2023
Home / News / Info / Ini Dia 6 Kota Paling Hijau di Indonesia

Ini Dia 6 Kota Paling Hijau di Indonesia

Sebuah kota yang bisa dikategorikan sebagai kota ideal ialah yang dapat mampu untuk mengakomodasikan antara aktifitas masyarakatnya dan bentuk penggunaan lahan. Dan kota yang nyaman dan dinyatakan bagus ialah yang memiliki RTH (ruang terbuka hijau) 30% dari luas wilayah kota tersebut. Kota mana saja yang sudah menerapkan 30% ruang terbuka hijau di Indonesia, berikut 6 kota paling hijau di Indonesia.

1. Yogyakarta

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar ketiga di wilayah Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang menurut jumlah penduduk. Dan juga merupakan kota paling hijau di Indonesia. Dikarenakan telah memiliki 35 lokasi ruang terbuka hijau di 14 kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah-nya.

2. Aceh

Kota Aceh yang berada di ujung utara dari pulau Sumatera dan merupakan sebuah provinsi paling barat di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 4,5juta jiwa ini memiliki ruang terbuka hijau sekitar 30% dari wilayah kota Aceh. RTH tersebut tersebar di 40 wilayah desa dan terdapat juga hutan kota di 19 desa di Aceh. Kota Aceh memiliki target setiap 5 tahun untuk menambah 12 taman kota dan 18 hutan kota hingga tahun 2029.

3. Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan. Surabaya memiliki luas sekitar 350,54 km² dengan penduduknya berjumlah kurang lebih 3 juta jiwa. Kota Surabaya sudah menerapkan 26% dari wilayahnya untuk dijadikan ruang terbuka hijau dan memiliki target untuk menambah RTH setiap tahunnya dan ingin mencapai 35% wilayahnya untuk ruang terbuka hijau.

4. Bandung

Kota Bandung dengan luas wilayah 167.7 km² memiliki sekitar 1.700 hektare untuk pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) . Idealnya untuk luas RTH untuk kota yang memiliki luas 16.729,65 hektare ini adalah sekitar 6.000 hektare. Saat ini kota Bandung sudah memiliki 229.649 pohon di wilayahnya.

5. Balikpapan

Kota Balikpapan memiliki luas administratif 81,495 hektar ini terdiri dari luas daratan 50,337 Ha dan luas lautan 31,164 Ha. Perkembangan kota Balikpapan dalam beberapa tahun terakhir ini sangat pesat. Topografi Balikpapan berbukit bukit dengan kelerengan yang bervariasi, kota Balikpapan ini masuk kedalam kota paling hijau di Indonesia karena memiliki wilayah RTH seluas 37,3 & dari wilayahnya. Taman-taman kota di median jalan di sepanjang wilayah Balikpapan menjadikan kota ini menjadi sangat hijau.

6. Malang

Kota Malang yang terletak di dataran tinggi yaitu pada ketinggian antara 440 – 667 meter diatas permukaan air laut, merupakan salah satu kota tujuan pariwisata karena keindahan alamnya yang dikelilingi pegunungan. Dan juga merupakan salah satu kota terbersih dan terindah di Indonesia. Taman-taman kota yang rindang dan indah di beberapa sudut kota merupakan salah satu kuncinya. Selain itu Malang sudah memiliki RTH (ruang terbuka hijau) dengan luas keseluruhan 49.277,5 m2 atau sekitar 15% dari keseluruhan luas wilayah kota tersebut dan memiliki target hingga 20 persen bisa dipenuhi pada 2031.

 

About fadhil

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *