Wednesday , June 3 2020
Home / News / Info / Tax Amnesty Akan Meningkatkan Sektor Properti

Tax Amnesty Akan Meningkatkan Sektor Properti

Kebijakan tax amnesty diperkirakan akan memberikan dampak positif terhadap sektor properti. Pengaruh positif ini tidak secara langsung, tapi melalui instrumen-instrumen investasi yang berhubungan dengan properti.

taxamnestylogo

Salah satu contoh adalah melalui instrumen dana investasi real estate (DIRE) yang pajaknya dipotong dari lima persen menjadi 0,5 persen. Menurut Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, saat ini para investor masih fokus pada tax amnesty sehingga DIRE harus dimulai dari sekarang agar tahun depan bisa mendapatkan momentumnya.

Menurutnya, DIRE juga cocok untuk investor kecil karena pola penghitungannya menjadi lebih jelas dan menguntungkan dengan penetapan pajak lebih rendah. Setelah dipangkas, total pajak menyangkut PPh dan BPHTB menjadi 1,5% (tadinya 10 persen). Hal ini merupakan nilai lebih karena total pajak di Singapura mencapai 3 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, pengampunan pajak bukan hanya sekedar aliran dana masuk, tetapi secara umum akan meningkatkan gairah investasi. Karena itulah, pemerintah harus bisa menjamin dana yang masuk tidak hanya sekedar “numpang lewat” di bursa.

Ia juga menilai bahwa pengampunan pajak ini bisa membuat psikologis pemilik modal meningkat, baik yang menyimpan dana di luar negeri maupun di dalam negeri. Pemilik modal akan lebih terbuka, apalagi pada tahun 2018 nanti dimana setiap dana diinvestasikan wajib dilaporkan.

Walaupun baru diberlakukan, pengampunan pajak telah membuat pasar lebih bergairah dan uang masuk semakin deras. Hingga akhir pekan lalu, dana yang masuk dari luar negeri sudah mencapai Rp 108 triliun, sedangkan di periode yang sama tahun lalu, dana masuk hanya Rp 55 triliun.

Dengan adanya kebijakan tax amnesty dan penurunan DIRE ini, maka pemerintah yakin bahwa tahun depan pertumuhan ekonomi bisa mencapai 5,6 persen. Bahkan bisa lebih tinggi lagi jika dana dari luar negeri dari tax amnesty bisa dimaksimalkan untuk sektor riil seperti infrastruktur dan properti.

Untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai amnesti pajak Indonesia, baca artikel-artikel kami di bawah ini:

  1. Panduan Lengkap Untuk Anda Yang Ingin Mengikuti Program Tax Amnesty
  2. Yang Perlu Diketahui Tentang Undang-Undang Pengampunan Pajak

Sumber: Housing Estate

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *