Thursday , July 13 2023
Home / News / Info / Tiga Nama Calon Ibu Kota Pengganti Jakarta Diumumkan Akhir Bulan Ini

Tiga Nama Calon Ibu Kota Pengganti Jakarta Diumumkan Akhir Bulan Ini

Seperti artikel kami berjudul “Ibu Kota Pindah, Ini Dia Enam Daerah Yang Diwacanakan Menjadi Penggantinya” , pemerintah sedang menyiapkan kota baru pengganti Jakarta sebagai ibu kota. Dikatakan oleh Danis H Sumadilaga, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Perumahan Rakyat, bahwa tiga nama calon Ibu kota Jakarta akan diumumkan pada akhir tahun ini.

Proses pengkajian yang sedang berjalan melibatkan beberapa badan, di antaranya adalah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappapenas) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tiga nama kota tersebut tidak disebutkan, hanya diketahui bahwa calon ibu kota baru semuanya bukan di Pulau Jawa. Tapi, beberapa waktu yang lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPT), Basuki Hadimuljono, pernah mengatakan bahwa ada tiga provinsi yang dikaji: Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menjelaskan bahwa proses kajian akan selesai akhir Desember ini dan akan dilaporkan ke Presiden Jokowi. Kajian ini terkait lokasi, skema pembiayaan, perkiraan kebutuhan. Tapi, kajian tersebut belum termasuk desain kota.

Baca juga: Dampak Sektor Properti Jakarta Jika Ibu Kota Dipindahkan

Mengenai kapan pemindahan ini bisa dilakukan secara tepat, pengamat ekonomi, Faisal Basri, mengatakan bahwa proses pemindahan Ibu Kota harus dilakukan secara bertahap dan terencana dengan baik. Misalnya, pertama yang pindah sebaiknya Kementerian Kehutanan, lalu Pertanian dan Menteri Keuangan pada tahap terakhir. Sebaiknya kompleks PNS juga dibangun terlebih dahulu. Intinya, menurutnya kementerian tidak pindah semuanya secara langsung dan tiba-tiba.

Sumber: Detik Finance

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *