Wednesday , July 12 2023
Home / News / Info / 10 Raja Properti di Dunia Terkaya
raja properti di dunia
source: shutterstock

10 Raja Properti di Dunia Terkaya

Industri properti sudah lama menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan di dunia. Oleh karena itu banyak orang mencoba peruntungan di bisnis ini sehingga pengembang properti semakin giat mengembangkan proyeknya di seluruh dunia. Berikut adalah 10 raja properti di dunia atau developer besar yang aset propertinya ada di banyak negara di dunia. Data diambil dari Majalah Property-in Bulan September 2015:

Raja Properti di Dunia

1. Henderson Land Development (Hong Kong)

Henderson Land Development merupakan perusahaan properti yang merupakan pionir industri properti di Hong KOng. Didirikan tahun 1981 oleh Lee Shau Kee, perusahaan ini sering memenangi banyak penghargaan untuk proyek-proyek yang dimilikinya. Sebagian penghargaan tersebut antara lain: high quality new homes and commercial developments. Portfolio Henderson Land yang terkenal sebagai investor bangunan kantor dan mal di Hon Kong kerap menjadi icon, seperti International Finance Centre (IFC) di Hong Kong, dan World Financial Centre di Beijing. Untuk residensial contoh proyeknya adalah 39 Conduit Road, The Gloucester, dan Double Cove.

2. Dalian Wanda Group (Cina)

Dalian Wanda Group didirikan tahun 1989 oleh Wang Jianlin di Provinsi Lioning, Dalian, China. Nama Wang Jianlin kini menjadi developer terbesar di Negeri Panda, terlihat dari aset perusahaan yang menjacap 534,1 miliar yuan (USD 85,6 miliar) tahun 2014 dan masuk daftar 10 besar raja properti di dunia.

Dalian juga menjadi jaringan operator bioskop terbesar di dunia, bersama dengan AMC Entertainment yang menjadi operator jaringan di Cina dan Amerika Serikat.

3. Sun Hung Kai Properties (Hong Kong)

Sun Hung Kai Properties adalah raja properti di dunia selanjutnya, developer properti paling besar di Hong Kong. Perusahaan ini memiliki bank tanah sebesar 49.5 juta m2, yang terdiri dari 20.8 juta m2 lahan dalam tahap pembangunan, dan 28,7 juta m2 lahan yang sudah selesai. Dengan land bank sebesar itu, saat ini mereka merupakan pemilik tanah terbesar di wilayah Hong Kong.

Proyek Sun Hung Kai yang terkenal adalah International Commerce Centre di Kowloon Barat dan International Finance Centre di Hong Kong dan Central Plaza di Wan Chai.

4. Chow Thai Fook Enterprises (Hong Kong)

Chow Thai Fook Enterprises memiliki bisnis di banyak industri, tapi seiring berkembangnya industri properti, perusahaan ini membangun firma New World Development pada tahun 1972 di Hong Kong dan berhasil mengembangkan proyek kawasan ritel unggulan, seperti K11 di Tsim Tsha Tsui, mal seni pertama di Hong Kong. Selain ritel komersial, New WOrld juga membangun proyek lain, seperti hotel, apartemen, dan rumah, serta merambah ke pasar Cina.

5. Chinese Estates Holdings (Hong Kong)

Perusahaan ini terlibat dalam pengembangan, penjualan, dan penyewaan properti di Hong Kong, Macau, dan daratan Cina. Portofolio mereka antara lain perumahan 55 Conduit Road dan No. 12 Shiu Fai Terrace di Hong Kong, serta Estates Plaza, komersial yang menjadi salah satu icon di Chengdu, Cina.

6. Trump Real Estate (Amerika Serikat)

Trump Organization merupakan salah satu merk real estate mewah di dunia. Dengan nama Trump sebagai ciri khas dari setiap proyek yang dibangun, Trump memiliki dominasi global di dunia properti. Banyak proyek pengembangan dari bisnis Donald Trump yang sudah dikena mendunia, salah satunya adalah Trump Hollywood di Amerika dan Panama City di Panama.

7. Vornado Realty Trust (Amerika Serikat)

Perusahaan yang dipimpin oleh Steven Roth ini merupakan salah satu pengembang dengan proyek-proyek besar di Amerika. Fokus pengembangan mereka adalah di New York dan Washington DC. Lahan seluas 30juta m2 yang ada di Washington DC, New York, San Fransisco, Manhattan dan Chicago telah disulap menjadi bangunan-bangunan mewah. Salah satu karya Vornado yang ikonik adalah 555 California Street di San Fransisco.

8. Far East Organization (Hong Kong)

Perusahaan ini telah mengembangkan lebih dari 700 hotel, mal, dan kondominium di Singapura dan Hong Kong. Oleh karena itu, nama perusahaan ini menjadi salah satu developer terbesar di dunia. Ekspansinya ke Australia dengan membeli Clocktower Square di Sydney dan Harbour Town Center di Perth semakin melambungkan nama Far East di industri properti dunia.

9. Las Vegas Sands Corp (Amerika Serikat)

Las Vegas Sands Corp menjadi salahs atu developer besar di Amerika Utara dan Asia. Pengembangan Marina Bay Sands di Singapura menjadi salah satu bukti seberapa besar pamor Sands Corp di mata dunia. Proyek mereka yang lain antara lain di Las Vegas dan Macau.

10. Irvine Co (Amerika Serikat)

Raja properti di dunia urutan 10 adalah The Irvine Company yang memiliki daftar panjang portofolio properti komersial dan residensial. Diantaranya adalah 50.000 apartemen, 40juta m2 ruang perkantoran, dan 8juta m2 pusat pertokoan di Orange County, San Diego, Los Angeles, dan Silicon Valley. Selain itu juga, Irvine Co memiliki 3 klub golf dan 5 marina.

 

Suka dengan artikel seperti ini? Baca juga artikel-artikel di bawah ini:

  1. Crown Group Meluncurkan Green Square di Sydney
  2. Sky Pool Pertama di Dunia Ada di London

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

One comment

  1. Menjual berbagai macam jenis Genteng mutiara,Garuda,royal,flat batu,flat multiline flat polos, Nok badan Garuda, Nok badan royal, Nok badan flat Nok samping,Nok starter,Nok cabang tiga royal,flat dan paving blok untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi marketing TOMMY dari pt CONROOFINDO TRIAS CORPORATION trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *