Thursday , January 16 2020
Home / News / Banjir Jakarta 2020 Menyambut Tahun Baru Masyarakat Ibu Kota
Banjir Jakarta 2020
Banjir Jakarta 2020

Banjir Jakarta 2020 Menyambut Tahun Baru Masyarakat Ibu Kota

Terjadinya banjir di awal tahun 2020 merupakan salah satu yang terparah dalam sejarah Ibu Kota DKI Jakarta. Setelah banjir di tahun 2013, 2007, dan 2002, banjir Jakarta 2020 telah menelan hingga 66 jiwa (update tanggal 6 Januari 2020), dan sampai saat ini upaya pemulihan masih dilakukan.

Source: thejakartapost.com

Perkembangan Terbaru

Tentara Indonesia menyemprotkan desinfektan untuk memerangi penyakit ketika jumlah korban meninggal meningkat, dengan ribuan lainnya tinggal di tempat penampungan darurat.

Tanah longsor dan pemadaman listrik telah menghambat pencarian orang-orang yang hilang dalam banjir besar di ibukota Indonesia.

Source: aljazeera.com

Lebih dari 1.000 tentara dan petugas kesehatan menyemprotkan desinfektan di daerah-daerah yang terkena banjir pada hari Minggu untuk mencegah penyebaran penyakit. Hujan muson dan naiknya sungai merendam selusin kabupaten di wilayah Jakarta setelah hujan Malam Tahun Baru yang ekstrem dan menyebabkan tanah longsor di daerah perbukitan di pinggiran ibukota.

Banjir Jakarta 2020adalah banjir terburuk sejak 2007, di mana saat itu 80 orang terbunuh dalam 10 hari. Diperkirakan akan terjadi lebih banyak hujan, dengan potensi curah hujan yang lebih ekstrem di bulan berikutnya.

Banjir Jakarta 2020

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo mengatakan pada hari Senin bahwa korban tewas akibat banjir bandang dan tanah longsor di dan sekitar Jakarta telah meningkat menjadi 66 dan penyelamat masih mencari dua orang yang dilaporkan hilang di Lebak, sebuah kabupaten di provinsi tetangga Banten.

Sekitar 11.000 petugas kesehatan dikerahkan untuk memberikan perawatan medis bagi orang-orang yang terkena dampak banjir. Menteri kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sejauh ini belum ada catatan kasus penyakit yang ditularkan melalui air setelah penyemprotan disinfektan dimulai hari Minggu.

Source: news.detik.com

Data pemerintah pada hari Senin menunjukkan sekitar 35.500 orang masih tidak dapat kembali ke rumah setelah rumah-rumah terendam air setinggi 1,5 meter.

Di tempat penampungan darurat di pusat olahraga di Jakarta Selatan, para ibu menyusui bayinya di dekat tumpukan sampah basah.

“Bayi kami tidak bisa tidur saat hujan turun, karena angin masuk,” kata seorang ibu bernama Yuyun Yuniarti sambil menggendong bayinya yang berusia tujuh bulan dalam gendongan.

Source: nypost.com

Yuniarti mengatakan makanan dan obat-obatan tampaknya mencukupi, dengan pihak berwenang dan organisasi swasta memberikan pasokan makanan reguler di sebagian besar tempat penampungan dalam beberapa hari terakhir.

Sebuah klinik sementara merawat pasien yang dekat dengan tempat Yuniarti tidur, termasuk yang menderita penyakit pernapasan.

Source: en.tempo.co

Badan meteorologi Indonesia mengatakan hujan lebih banyak diperkirakan untuk ibukota dalam beberapa hari mendatang, dan bahwa potensi curah hujan ekstrem akan berlanjut hingga bulan depan di seluruh Nusantara.

Indonesia dilanda banjir yang mematikan setiap tahun, dan banjir Jakarta 2020 ini sangat buruk di Jakarta, dengan hampir 400.000 orang mencari perlindungan di sekitar 270 tempat penampungan di seluruh wilayah metropolitan yang lebih besar ketika air banjir mencapai hingga 6 meter di beberapa tempat.

Sumber: Kompas, The Guardian

Source: reuters.com

Begitulah informasi-informasi terbaru yang telah kami rangkum mengenai banjir Jakarta 2020.

Dengan banyaknya program hunian murah di ibukota, diharapkan masyarakat yang masih kesulitan menemukan tempat tinggal dapat terbantu di kemudian hari. Bagi Anda yang mungkin ingin membantu orang di sekitar Anda untuk ini, dan jika Anda memiliki properti berupa rumah atau apartemen untuk disewakan, cobalah jasa Saleshack yang mudah, murah dan cepat. Saleshack adalah jasa pemasaran properti yang hanya dengan IDR 399,000.00 nett saja, properti Anda sudah ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia.

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Check Also

Ini Dia Delapan Penyebab Banjir di Jakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru saja mengeluarkan beberapa penyebab kenapa Jakarta sering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *