Tuesday , July 11 2023
Home / Guide / Cara Mudah Membuat Apartemen Kedap Suara

Cara Mudah Membuat Apartemen Kedap Suara

Tinggal di apartemen berarti Anda harus berbagi satu lantai dengan tetangga-tetangga lain. Hal ini berarti Anda bisa mendengar suara-suara dari tetangga. Tahukah Anda bahwa untuk mengatasi kebisingan dari luar, Anda tidak perlu melakukan renovasi yang berat?

Cara-membuat-apartemen-kedap-suara-square

Ingatlah bahwa permukaan keras dan licin akan memantulkan suara lebih baik daripada permukaan yang tidak rata. Oleh karena itu, sebelum memutuskan cara mengurangi kebisingan, pelajari darimana sumber suara tersebut.

Perlu diingat bahwa tidak masalah jika suara tidak bisa dihilangkan dalam percobaan pertama karena biasanya diperlukan beberapa percobaan sebelum menemukan teknik yang pas untuk apartemen Anda.

  1. Menggunakaan Karpet
    Karpet bisa menyerap suara dengan efektif. Cobalah untuk lebih kreatif dalam menempatkan karpet di rumah. Lapiskan karpet secara bertumpuk dan sebarkan beberapa karpet di dalam ruangan.Untuk menghilangkan gema, Anda bisa menggantung beberapa karpet favorit di dinding. Ketebalan karpet juga bisa membantu menyerap gema dan suara lainnya untuk mencegah suara-suara tersebut menyebar ke seluruh apartemen.Cocok untuk: apartemen dengan lantai kayu atau keramik.
  2. Menggunakan karya seni
    Kanvas merupakan salah satu benda yang bisa meredam suara. Caranya dengan memasang panel akustik atau ubin di belakang kanvas yang digantung di dinding.

  3. Menggunakan tirai
    Cara mudah untuk meredam suara di luar jendela adalah dengan menggunakan tirai lapis ganda untuk menciptakan ketebalan sehingga menghindari bising masuk ke dalam apartemen
  4. Menggunakan tanaman
    Daun dan batang pada tanaman bisa mengalihkan, menyerap, dan membiaskan suara di sekitar ruangan. Pilih tanaman yang Anda suka dan dekorasi apartemen Anda dengan menempatkan tanaman-tanaman tersebut. Tips tambahan: tanaman besar lebih baik dalam mengurangi kebisingan daripada tanaman yang lebih kecil.
  5. Menggunakan rak buku
    Meletakkan benda berat dan padat bisa menghilangkan suara yang tidak diinginkan. Letakkan buku sebanyak-banyaknya di rak buku untuk meredam suara di sekitar.
  6. Menggunakan door draft protector
    Pasang door draft protector, atau pelindung udara, yang biasa dipasang di bawah pintu. Benda ini bisa menahan udara dan mencegah suara-suara yang tidak diinginkan untuk masuk dari bawah pintu.
  7. Menggunakan karton telur bekas
    Karton terlor bekas yang diletakkan di bawah pintu juga bisa menjadi pengganti door draft protector, tapi penggunaannya memang lebih kurang cantik daripada menggunakan pelindung udara. Solusinya adalah dengan menggambar dan melukis karton-karton ini dan ditempel di dinding.
  8. Menggunakan lembar gabus
    Lapisi seluruh dinding dengan gabus sebagai cara sederhana untuk membuat ruangan menjadi kedap suara.

Ingin jual, beli, atau sewa apartemen? Buka saja Rukamen!

Sumber: Kompas Properti

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *