Saturday , September 21 2019
Home / News / Info / Begini Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko (Rumah Toko)
Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko
Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

Begini Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko (Rumah Toko)

Lokasi adalah salah satu faktor terpenting dari real estate. Lokasi adalah faktor make or break, khususnya di ritel, karena lokasi toko Anda dapat memengaruhi visibilitas dan lalu lintas pejalan kaki Anda secara signifikan. Dengan mencari dan mengamankan ruko terbaik, Anda akan membutuhkan informasi mengenai contoh surat perjanjian sewa ruko.

Sekarang, jika Anda sudah melihat lokasi ruko yang bagus, langkah selanjutnya adalah menegosiasikan sewa dan menyiapkan surat perjanjian Anda. Perjanjian sewa yang buruk dapat menguras Anda secara finansial bahkan jika Anda memenuhi semua ketentuan pembelian ruko Anda.

Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang cara menegosiasikan sewa ritel yang menguntungkan dan contoh surat perjanjian sewa ruko. Bacalah kiat-kiat di bawah ini dan ingatlah saat Anda berhadapan dengan tuan tanah potensial.

 

Source: ballaratlawyers.net.au

Dapatkan agen atau pengacara untuk bernegosiasi untuk Anda.

Pertimbangkan untuk mendapatkan agen untuk menegosiasikan sewa Anda karena mereka pasti lebih berpengalaman dan berpengetahuan di bidang ini. Agen, bagaimanapun, adalah para ahli. Mereka akan bisa mendapatkan penawaran dan klausa yang mungkin tidak pernah Anda sadari.

 

Memulai Sewa Ruko

Sebelum contoh surat perjanjian sewa ruko, hal pertama yang harus Anda pikirkan: siapa yang Anda hadapi untuk proses negosiasi? Dimanapun Anda menyewa—etalase kecil atau gudang besar di kompleks komersial akan memengaruhi jumlah negosiasi yang bisa Anda lakukan. Pemilik bisnis ritel dan konsultan Ronald L. Bond menjelaskan: “Jelas, lebih mudah jika Anda berurusan dengan pemilik perorangan yang sangat fleksibel atau perusahaan besar yang kebijakannya memungkinkan untuk tidak ada negosiasi.”

Pada dasarnya, Anda bisa berurusan dengan pemilik yang merupakan pemilik perorangan, perusahaan pengelola properti profesional, atau perwakilan dari kepercayaan investasi real estate (REIT). Bergantung pada kepemilikan properti yang Anda minati, prosesnya akan sedikit berbeda dari satu jenis pemilik ke yang lain.

Baca juga: Contoh Sertifikat Rumah yang Harus Anda Ketahui

 

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

Bernegosiasi

Bergantung pada kenyamanan Anda dalam bernegosiasi, sekaranglah saatnya untuk memutuskan apakah Anda ingin melanjutkan negosiasi sendiri atau dengan bantuan agen. Bond memperingatkan: “Setelah Anda menerima proposal dari agen leasing atau manajer pusat, jangan biarkan mereka menekan Anda untuk menandatangani sewa sebelum waktunya.” Sekarang saatnya untuk menegosiasikan tarif sewa bisnis, tarif jangka waktu sewa, dan klausul dari sewa.

Selanjutnya, Anda akan ingin bekerja dengan seorang pengacara atau agen untuk membahas sewa bisnis secara detail atau berkonsultasi tentang contoh surat perjanjian sewa ruko. Jika Anda perlu mencari pengacara, cari direktori pengacara lokal di daerah Anda atau minta agen penyewaan Anda untuk merekomendasikan satu untuk kebutuhan Anda.

 

Tanggung jawab

Selain dari tarif sewa yang disepakati, tanggung jawab perawatan, dan detail tentang properti, ada beberapa cara perjanjian sewa dapat disusun. Dalam artikel Forbes baru-baru ini, Clint Gharib, Pendiri The Gharib Group-Integrous Investing, menguraikan struktur tanggung jawab yang berbeda sebagai:

  • Sewa Net Tunggal, Sewa Net: Penyewa hanya membayar utilitas dan pajak properti; pemilik membayar perawatan, perbaikan dan asuransi.
  • Net-Net, atau Sewa Net Ganda: Penyewa bertanggung jawab hanya untuk utilitas, pajak properti, dan premi asuransi untuk bangunan; pemilik membayar pemeliharaan & perbaikan.
  • Sewa Netto Tiga: Penyewa bertanggung jawab atas semua biaya bangunan, kecuali pemilik tanah umumnya bertanggung jawab atas perbaikan struktural.
  • Full Service Gross, atau Modifikasi Gross Lease (juga disebut sewa bersih yang dimodifikasi): lessor dan lessee membagi biaya struktural dan operasi (pajak properti, asuransi properti, pemeliharaan area umum (CAM), dan utilitas).

Struktur mana yang tepat untuk Anda dan bisnis Anda? Anda dapat mencoba menegosiasikan tarif sewa bulanan yang lebih rendah, tetapi bersiaplah untuk membayar hal-hal seperti biaya perawatan, pembuangan sampah, perbaikan, asuransi, dan keamanan. Ini adalah opsi yang baik adalah Anda mencari pembayaran bulanan yang rendah tetapi tahu Anda akan memiliki kemungkinan tersedia untuk biaya yang tidak terduga ketika mereka muncul. Untuk ketenangan pikiran dan pembayaran yang konsisten, Anda akan membayar sedikit premi agar semuanya disatukan menjadi satu biaya. Ini adalah pilihan bagus untuk bisnis yang memulai – cari tahu bagian atas anggaran Anda, bernegosiasi dalam anggaran Anda, dan yakinlah bahwa pangkalan Anda dicakup setiap bulan.

 

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

Source: Rumah.com

 

Source: Shopify, Vend HQ

Baca juga: Rumah Murah di Tangerang Masih Ada, Cari Tahu di Sini

 

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *