Friday , December 13 2019
Home / News / Info / Pengertian dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah
Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah
Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah

Pengertian dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah

Dalam melakukan transaksi apapun yang berkaitan dengan properti sebagai benda tidak bergerak, pihak-pihak terkait memerlukan adanya dokumen yang dapat menentukan legalitas transaksi tersebut. Dalam penyewaan tanah, Anda tentunya pernah mendengar istilah atau melihat contoh surat perjanjian sewa tanah. Bagi yang pertama kalinya menyewa tanah, mungkin saja Anda belum familiar dengan hal ini dan tentunya Anda membutuhkan informasi yang lengkap agar tidak salah dalam menyelesaikan transaksi penyewaan tanah.

 

Tentang Sewa Tanah

Ketika Anda membeli rumah, Anda biasanya juga membeli tanah tempat rumah Anda berada, tetapi ada opsi lain: sewa tanah. Di luar negeri, opsi ini membantu Anda untuk menghemat pengeluaran, dan Anda bisa saja menerapkan pengertiannya di sini. Dalam kesepakatan sewa tanah, Anda membeli hanya tempat tinggal dan membayar sewa tanah kepada pemilik tanah.

Ada beberapa skenario ideal untuk sewa lahan. Salah satu contoh adalah ketika pemilik tanah ingin mempertahankan kepemilikan atas sebidang tanah tetapi tidak mengembangkannya. Pemilik akan menandatangani kontrak sewa tanah dengan pengembang untuk membangun dan menjual rumah, sambil mempertahankan kepemilikan tanah.

Sewa tanah bukan pembelian rumah standar — ada beberapa pro dan kontra yang perlu Anda timbang sebelum menandatangani contoh surat perjanjian sewa tanah.

Surat perjanjian sewa tanah merupakan bukti utama yang harus dimiliki saat melakukan proses sewa menyewa lahan. Tidak hanya menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi si penyewa, surat perjanjian ini juga berguna untuk si pemilik tanah.

Surat atau akta perjanjian juga berfungsi untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman di kemudian hari. Termasuk juga meminimalisir kasus ingkar janji yang bisa saja dilakukan salah satu pihak.

Ada baiknya, contoh surat perjanjian sewa tanah dibuat sebelum masa berlaku sewa lahan dimulai. Sehingga masing-masing pihak sudah memahami dengan benar apa-apa saja yang masuk ke dalam kesepakatan dan tidak boleh dilakukan saat masa perjanjian berlaku.

 

Yang Perlu Diperhatikan dalam Surat Perjanjian Sewa

Setiap contoh surat perjanjian sewa tanah yang Anda baca paling tidak memuat informasi berikut.

  • Surat itu harus jelas dalam syarat dan ketentuannya.
  • Faktor-faktor seperti harga sewa, jangka waktu sewa dan perincian lainnya harus menjadi sorotan khusus.
  • Surat itu harus mengandung kepentingan kedua belah pihak.
  • Surat itu harus mencakup semua hak dari kedua belah pihak.
  • Surat itu harus mencakup ketentuan untuk mengakhiri kontrak sebagaimana disetujui oleh kedua pihak.
  • Ketentuan untuk penghentian juga harus ada di dalam surat.

Dokumen ini meletakkan kemungkinan masalah yang mungkin terjadi dan kemudian merinci kemungkinan solusi yang tersedia untuk Pemilik dan Penyewa. Dokumen ini juga bisa dijadikan pengingat terus-menerus bagi semua orang, termasuk Anda dan pengadilan, tentang apa yang disepakati semua orang di awal hubungan. Dokumen ini dapat menyelesaikan masalah secara netral dan obyektif sebelum masalah sederhana menjadi masalah yang lebih rumit.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Apartemen

 

Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah

Berikut contoh surat yang bisa Anda jadikan panduan dalam transaksi penyewaan tanah.

Source: Lamudi.com, Rumah.com, Realtor.com

Baca juga: Berikut Pengertian dan Cara Beli Rumah Subsidi

 

Demikianlah contoh surat perjanjian sewa tanah untuk informasi Anda. Jika Anda memiliki tanah yang sekiranya cocok untuk dijual atau disewakan kepada orang lain, pertimbangkanlah untuk menggunakan Saleshack untuk pemasaran properti yang efektif, mudah dan cepat. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net.

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Check Also

Cara Atasi Sengketa Tanah

Cara Atasi Sengketa Tanah Tanpa Menambah Konflik

Memiliki tanah di tengah-tengah melambungnya harga bidang lahan di mana-mana adalah salah satu hal yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *