Monday , September 24 2018
Home / News / Info / Ini Peraturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek Mulai 12 Maret

Ini Peraturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek Mulai 12 Maret

Mulai tanggal 12 Maret 2018 akan diberlakukan beberapa peraturan baru di jalan tol Jakarta-Cikampek. Selain kebijakan ganjil-genap untuk mobil pribadi dan pembatasan kendaraan angkutan barang, nantinya akan diadakan lajur khusus untuk angkutan umum bus.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). BPTJ adalah badan di bawah kemeterian Perhubungan yang menginisiasi pembentukan bus rapid transit (BRT) ber-AC Trans Jabodetabek dari berbagai perumahan di Bodetabek ke berbagai titik di Jakarta, untuk mengurangi penggunaan mobil pribadi yang menjadi penyebab kemacetan, termasuk di jalan tol Jakarta-Cikampek.

Diketahui bahwa dari 47,5 juta perjalanan setiap hari di megapolitan Jabodetabek, 75% menggunakan sepeda motor, 23% mobil pribadi dan hanya 2% yang naik kendaraan umum. Karena itulah, dibuatkan jalur khusus angkutan umum di jalan tol agar perjalanan bus lebih cepat dan orang mau beralih ke angkutan umum.

Kemacetan di tol Jakarta-Cikampek terjadi bukan hanya karena penggunaan kendaraan pribadi tetapi karena padatnya arus kendaraan angkutan barang, baik barang besar maupun sedang dan kecil. Karena itu akan ada juga pengaturan dan pembatasan lalu lintas truk dan kebijakan ganjil-genap untuk mobil pribadi.

Baca juga: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated Beroperasi Tahun 2019

Pengguna mobil pribadi yang mau naik Trans Jabodetabek bisa memarkir kendaraannya di mal-mal yang ada di dekat gerbang tol. Tarif parkir di mal tersebut flat Rp 10.000 per hari jika menunjukkan tiket Trans Jabodetabek.

Nantinya, dari empat lajur jalan tol, satu lajur untuk angkutan umum, satu untuk angkutan barang, dan dua untuk mbobil pribadi. Kebijakan ini berlaku pada hari kerja, Senin-Jumat pada jam 6.00 hingga 9.00 WIB.

Penerapan peraturan ini diatur dalam Permenhub Nomor 18/2018 tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Pembangunan Proyek Infrastruktur Strategis Nasional di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek tertanggal 21 Februari 2018.

Saat ini jalan tol Jakarta-Cikampek ditingkatkan kapasitasnya dengan membuat jalur tambahan dalam bentuk elevated. Akibatnya jalan tol yang dalam kondisi normal saja sudah macet, saat ini semakin parah kemacetannya.

Sumber: Kompas Properti

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Dampak Tiga Peraturan Baru di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Melanjuti artikel kami kemarin tentang Tiga Peraturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek Mulai Berlaku Hari Ini kemarin, maka berikut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *