Saturday , July 15 2023
Home / Inspiration / Tips / Jaga Kesehatan Anda Dengan Membersihkan Ruangan-Ruangan Ini Setiap Hari

Jaga Kesehatan Anda Dengan Membersihkan Ruangan-Ruangan Ini Setiap Hari


Mungkin tidak semua orang memiliki waktu untuk membersihkan rumah setiap hari, tapi 5 ruangan di rumah ini harus dipastikan kebersihannya dan dibersihkan paling tidak dua hari sekali agar kesehatan penghuninya selalu terjaga. Berikut ini adalah kegiatan bersih-bersih yang harusnya dilakukan:

  1. Kamar Mandi
    Simpan rapi semua perlengkapan mandi di dalam keranjang atau rak. Pastikan lantai kamar mandi selalu kering, termasuk bak mandi, bathtub, wastafel, cermin, dudukan toilet, dll. Kamar mandi yang basar akan mempercepat pertumbuhan bakteri, selain itu kamar mandi yang kering tentunya lebih nyaman digunakan. Pastikan ventilasi dan pencahayaan kamar mandi cukup agar sirlukasi udaranya baik dan tidak lembap. Terakhir, jangan lupa mengosongkan tempat sampah setiap hari.
  2. Dapur
    Daour adalah tempat untuk memproses bahan-bahan makanan yang akan dikonsumsi, karena itulah dapur harus selalu bersih. Pastikan meja dan sink dapur selalu bersih segera setelah selesai masak. Gunakan lap dan larutan pembersih untuk membersihkan minyak dan kotoran dengan mudah. Jangan menunda mencuci piring-piring dan peralatan masak kotor setelah digunakan. Jangan lupa juga untuk mengosongkan tempat sampah di dapur.
  3. Ruang tamu
    Bersihkan debu di semua permukaan, baik itu meja maupun perabotan lainnya dengan menggunakan lap microfiber yang bisa mengangkat debu dengan lebih cepat dan mudah. Bersihkan kaca, jendela, keset. Bersihkan dan ganti keset secara berkala untuk mengurangi debu di rumah.
  4. Ruang keluarga
    Bersihkan ruangan ini setiap hari, minimal dengan menyapu dan mengepel. Jika menggunakan karpet, bersihkan seminggu sekali.
  5. Kamar tidur
    Kamar tidur adalah ruangan yang paling banyak digunakan penghuni, karena itu ruangan ini harus selalu bersih. Rapikan tempat tidur setiap hari dengan cara menepuk-nepuk kasur, bantl, guling, dan selimut. Jika perlu, lakukan dua kali pada pagi dan malam hari. Sapu dan pel lantai kamar setiap hari dan pastikan sirkulasi udaranya juga baik agar tidur lebih berkualitas.

Jika Anda tidak memiliki waktu setiap hari untuk membersihkan semua ruangan ini, lakukan secara bertahap dan disiplin dalam melakukan langkah kecil bersih-bersih ruangan secara rutin agar kesehatan Anda bisa terus terjaga.

Baca juga: Cara Menciptakan Apartemen Sehat

Sumber: Housing Estate

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *