Saturday , March 23 2019
Home / News / Info / Ketahui Lebih Lanjut tentang Jual Beli Tanah di Sini
Jual Beli Tanah
Jual Beli Tanah

Ketahui Lebih Lanjut tentang Jual Beli Tanah di Sini

Membeli atau menjual tanah sangatlah berbeda dengan membeli atau menjual rumah. Pihak-pihak terkait yang ingin membeli atau menjual tanah harus memahami prosedurnya sebelum memulai transaksi. Anda dapat mencari referensi melalui internet yang menawarkan banyak informasi terhadap jual beli tanah, tetapi tetaplah selalu berkonsultasi dengan profesional berlisensi atau penggelut properti sebelum melanjutkan transaksi real estate apa pun.

 

Proses Membeli Tanah

Membeli tanah sangat menguntungkan jika dilakukan dalam situasi yang tepat. Mengetahui bahwa suatu hari mungkin akan ada sebuah gedung atau rumah di atas tanah yang Anda miliki nanti dapat meningkatkan nilai investasinya di masa mendatang. Apalagi untuk di area Ibukota yang sudah minim lahannya, harga lahan bisa jadi sangat mahal nantinya.

 

Melakukan Inspeksi terhadap Lahan

Seperti halnya penting untuk melakukan inspeksi rumah sebelum membeli atau menjualnya, penting untuk melakukan tes kecil ini pada jual beli tanah. Pengamatan kecil ini terkadang dapat mengungkapkan ketika sebidang tanah tidak cocok untuk keperluan pembangunan properti lain seperti bangunan tempat tinggal. Penting juga untuk melakukan survei di tanah untuk memastikan bahwa batas-batas tanah ditandai dengan benar.

 

Proses Penjualan Tanah

Menjual tanah berbeda dengan menjual rumah dalam berbagai cara. Pemilik tanah yang tidak siap dalam menjual atau membeli sebuah tanah mungkin membuat kesalahan yang kemudian mereka sesali.

Secara umum, tanah tidak terjual secepat rumah yang ada. Pemilik tanah yang ingin menjual properti mereka harus memulai prosesnya sedini mungkin. Penting juga untuk bersiap-siap menunggu jika tanah Anda tersebut tidak terjual dalam waktu cepat. Oleh karena itu, lebih mudah menjual petak-petak tanah di daerah-daerah yang berpenduduk dan strategis, karena lokasi-lokasi ini menguntungkan siapapun yang ingin berinvestasi di lahan tersebut.

Baca juga: Apa Saja yang Termasuk ke dalam Biaya Jual Beli Rumah?

 

Jual Beli Tanah

Copyright © Rukamen

 

Menyiapkan Lahan

Ini adalah salah satu cara yang menjual tanah yang serupa dengan menjual rumah atau apartemen: properti yang terlihat bersih dapat menarik minat lebih banyak pembeli. Sedikit berbeda dari tindakan pementasan rumah atau apartemen, proses jual beli tanah memang lebih mudah, meskipun tetap membutuhkan pemeliharaan rutin.

Anda bisa mulai membersihkan lahan dari gulma, membersihkan sampah, mengurangi semak dan pohon atau tanaman yang sudah mati dan menggantinya dengan penanaman bunga atau rumput sehat. Saat mengambil gambar untuk tanah kosong tersebut, pemilik tanah harus berhati-hati untuk mengambil foto properti dengan cahaya terbaik. Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan fotografer profesional untuk mendapatkan bidikan yang tepat.

 

Pilih Harga yang Tepat

Harga tanah bisa ditentukan dengan sulit, karena untuk mematok harga yang kompetitif sering kali sulit dilakukan karena lebih sedikitnya properti lain yang sebanding. Harga tanah yang terlalu tinggi dapat membuat penjualan lebih lama, jadi penting untuk mendapatkan harga yang tepat. Bekerja dengan agen real estat terkemuka dapat membantu kebimbangan Anda di sini.

Baca lebih lanjut di Cara Cepat Jual Tanah agar Tidak Kelamaan Kosong.

 

Berikan Informasi Lahan kepada Pembeli

Sebagai seorang pembeli tanah, mereka berhak mengetahui fitur apa saja yang ada di lahan yang akan dibeli. Pastikan ada akses ke air limbah dan air. Dua hal yang membuat tanah pada dasarnya tidak berguna adalah kurangnya sistem septik dan/atau sumber air. Pertimbangkan akses jalan dan topografi. Apakah properti Anda memiliki akses ke jalan raya? Lalu, apakah ada koneksi untuk listrik? Jika properti Anda jauh dari jaringan, bagaimana Anda berencana mendapatkan listrik ke lokasi Anda?

Sebagai pembeli yang siap memiliki sebidang lahan untuk investasi, siapkan barisan pertanyaan penting di atas dengan setiap keingintahuan Anda lainnya untuk disampaikan kepada penjual agar Anda mendapatkan informasi semaksimal mungkin.

 

Itulah informasi ringkas tentang jual beli tanah yang bisa Anda jadikan referensi. Jika Anda ingin menjual tanah Anda dengan lebih cepat, gunakanlah jasa Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Check Also

Cara Jual Tanah Warisan

Apa Saja Cara Jual Tanah Warisan?

Apakah saat ini Anda sedang mencari cara jual tanah warisan untuk lahan yang Anda miliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *