Friday , July 13 2018
Home / News / Info / Program Sejuta Rumah Jokowi Diminati Negara Asing

Program Sejuta Rumah Jokowi Diminati Negara Asing

Pemerintah Indonesia sedang menjalankan program pembangunan sejuta rumah sejak akhir April 2015. Program ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan hunian layak bagi semua kalangan masyarakat. Program yang menargetkan masyarakat berpenghasilan rendah ini memberikan kemudahan-kemudahan dalam membeli rumah, baik secara tunai maupun kredit.

Beberapa contoh kemudahan yang diberikan antara lain adalah pembebasan uang muka dan PPn, pemberian subsidi bunga kredit, serta tenor kredit mencapai 20 tahun. Semuanya ini juga didukung oleh pengembang, baik BUMN maupun pengembang swasta.

Selain disambut baik oleh kalangan masyarakat Indonesia, program sejuta rumah ini ternyata juga diminati oleh banyak negara lain. Negara-negara tetangga banyak yang meminta penjelasan tentang penyediaan rumah murah bagi masyarakat seperti yang sudah ada di Indonesia. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI), Soelaeman Soemawinata.

Diketahui bahwa dari 68 negara yang bergabung di FIABCI, Indonesia diperkirakan menjadi satu-satunya negara yang pemerintahnya membuat konsep rumah terjangkau dengan mengedepankan peran swasta di dalamnya. FIABCI adalah bahasa Prancis “Federation Internationale des Administrateurs de Bien-Conselis Immobiliers”, yang artinya adalah “Federasi Real Estat Internasional”.

Beberapa negara yang tertarik untuk mengikuti program affordable housing seperti di Indonesia antara lain adalah Mesir, Taiwan, dan Amerika Serikat (di state Hawaii).

Menurut Soelaeman, beberapa alasan banyak negara tertarik menerapkan program sejuta rumah adalah karena dengan rumah murah, banyak masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa mendapatkan rumah yang layak. Ini sangat menarik minat negara-negara, khususnya negara-negara berkembang.

Kedua, hanya Indonesia yang menyediakan hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan melakukan kolaborasi dengan swasta. Indonesia juga satu-satunya negara yang pemerintahnya mengedepankan regulasi dalam membangun rumah murah. Ini menjadi role model sehingga banyak yang tertarik.

Baca juga: Pemerintah Turunkan Target Sejuta Rumah Tahun Ini

Sumber: Republika, Okezone

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

klapa village

Ini Penampakan Rumah DP 0 Persen di Klapa Village

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akhirnya telah meletakkan batu pertama pembangunan rumah DP 0 persen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *