Friday , September 13 2019
Home / News / Info / Kenali Perbedaan Rusunawa dan Rusunami Lebih Jauh
Rusunawa dan Rusunami
Rusunawa dan Rusunami

Kenali Perbedaan Rusunawa dan Rusunami Lebih Jauh

Di saat harga properti seperti rumah tapak dan apartemen mulai melambung, kepemilikan terhadap tempat tinggal layak dengan harga terjangkau nampaknya mulai terasa sulit untuk didapat. Tetapi, pemerintah Indonesia masih berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang satu ini melalui ketersediaan rusunawa dan rusunami. Apa arti kedua istilah tersebut? Bagi yang masih awam dan belum mengerti, kami sajikan informasinya lebih jauh di sini, karena siapa tahu alternatif dua tempat tinggal ini dapat dijadikan pertimbangan untuk Anda.

 

Rusun

Rusunawa adalah kepanjangan dari Rumah Susun Sederhana Sewa, sementara Rusunami adalah kepanjangan dari Rumah Susun Sederhana Milik. Sebelum memahami rusunawa dan rusunami lebih lanjut, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu rumah susun.  adalah singkatan dari rumah susun. Anda dapat menganggap rumah susun sebagai versi sederhananya apartemen, dan tujuan dibangunnya rusun pada utamanya adalah memberi kebutuhan hunian tambahan di kota-kota besar yang sudah dipadati oleh penduduk seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Kehadiran rusun juga dapat membantu mengurangi kawasan kumuh, membuat tampilan kota menjadi rapi, dan tidak menutup kemungkinan adanya pertambahan ruang terbuka hijau. Karena struktur gedung rumah susun yang bertingkat dan terdiri dari banyak unit, rumah susun dapat dihuni oleh ratusan keluarga yang tergolong menengah ke bawah. Harganya memang lebih terjangkau dari rumah tapak dan apartemen, dan ada dua jenis rusun, yaitu rusunawa dan rusunami.

Spesifikasi umum sebuah rusun adalah ukuran standar unitnya yang minimal adalah 18 m2 dengan lebar minimal 3 meter. Unit rusun juga terdiri dari satu ruang utama (kamar tidur) dan ruang penunjang lain di dalam dan/atau di luar ruang utama dan dilengkapi dengan sistem ventilasi dan pencahayaan buatan yang cukup, daya listrik yang cukup, serta sistem pemompaan air. Batas pemilikan satuan rumah susun dapat berupa ruang tertutup dan/atau sebagian terbuka dan/atau ruang terbuka.

Baca juga: Perkiraan Harga Rusun dan Rusunami Berbasis TOD

 

Rusunawa dan Rusunami

Copyright © Rukamen

 

Rusunawa dan Rusunami

Rumah Susun Sederhana Sewa pada umumnya memiliki tampilan yang kurang lebih sama dengan rusunami. Hanya saja, konsumen menyewa rusun tersebut dari pemerintah (yang mana menjelaskan kepanjangannya). Biasanya, pemerintah daerah bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat dalam membangun rusunawa. Sementara itu, Rumah Susun Sederhana Milik dikembangkan oleh sebuah pengembang, dan rusunami lebih sering dirujuk ke istilah apartemen bersubsidi karena konotasi negatif yang melekat. Pemberian kata “bersubsidi” dilakukan berkat subsidi yang diberikan pemerintah terhadap konsumen yang memenuhi syarat. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat tetap dapat membeli rusunami walau tanpa mendapatkan subsidi. Subsidi ini sendiri ada jenis-jenisnya, seperti Subsidi Selisih Bunga hingga maksimum 5% (sesuai golongan), Bantuan Uang Muka hingga maksimum 7 juta (sesuai golongan) dan Bebas PPN.

Syarat mendapatkan subsidi untuk rusunami seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor: 7/PERMEN/M/2007 adalah:

  1. Keluarga/rumah tangga yang baru pertama kali memiliki rumah dan baru pertama kali menerima subsidi perumahan (dibuktikan oleh surat pengantar dari kelurahan)
  2. Gaji pokok pemohon atau pendapatan pokok pemohon perbulan maksimum 4,5 juta
  3. Memiliki NPWP
  4. Harga untuk apartemen dibawah Rp. 144 jt dan rumah dibawah Rp. 55jt

Rusunawa memiliki tampilan yang sama dengan rusunami, walaupun rusunami lebih dirancang untuk memiliki tinggi lebih dari 8 lantai (sehingga mirip apartemen).

Baca juga: Inilah Penjelasannya bagi Yang Belum Tahu Apa Itu Rusunami

 

Itulah informasi dari kami mengenai rusunawa dan rusunami untuk Anda. Bila Anda masih berada dalam kompetisi memasarkan properti Anda kepada orang lain dan masih belum mendapat calon pembeli yang tertarik, Anda bisa menggunakan jasa pengiklanan properti paling baik di Indonesia, Saleshack. Bagi Anda yang belum tahu, Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan properti dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

Desain Kamar Anak

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Check Also

Apa Itu Rusunami

Inilah Penjelasannya bagi Yang Belum Tahu Apa Itu Rusunami

Dengan munculnya istilah-istilah hunian untuk membedakan tujuan dan bentuknya, terkadang masyarakat masih saja kebingungan dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *