Friday , April 19 2019
Home / News / Info / Rumah MBR Plus, Solusi Punya Rumah dengan Gaji UMR
Rumah MBR Plus
Rumah MBR Plus

Rumah MBR Plus, Solusi Punya Rumah dengan Gaji UMR

Pernahkah Anda mendengar soal program rumah MBR plus? Salah satu program yang memfokuskan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap tempat tinggal berupa rumah tapak. Selain jumlahnya mulai terbatas karena kelangkaan lahan, harganya juga semakin mahal setiap tahun. Sejumlah asosiasi pengembang di ibukota pun berharap akan adanya peraturan pembangunan perumahan dan pembiayaan untuk masyarakat berpenghasilan di atas ketentuan masyarakat berpenghasilan rendah, yaitu MBR Plus, segera direalisasikan. Program penting ini bisa jadi membantu Anda juga yang mungkin kesulitan mendapatkan rumah karena kendala penghasilan bulanan, sehingga kami rangkum informasinya di sini.

 

Apa itu Rumah MBR Plus?

Dilansir dari Kompas, Sekretaris Jenderal DPP Realestat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida menyampaikan bahwa program ini ditujukan untuk menyediakan rumah tapak bagi masyarakat dengan penghasilan di kisaran antara 4 hingga 7 juta (yang termasuk dalam kalangan masyarakat berpendapatan sedikit di atas ketentuan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)). Dengan kemampuan membeli rumah tapak dengan jarak maksimal 20 kilometer dari kota, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memiliki rumah tapak yang diringankan pembiayaannya juga, di mana pembelinya hanya membayar bunga dari selisih harga antara rumah MBR dan MBR Plus.

Harga rumah MBR Plus adalah satu sampai dua kali rumah MBR, selisih dari rumah MBR yang dibayar pajak penuh. Usulan program ini telah diajukan ke pemerintah pusat, termasuk Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta kementerian terkait, dalam hal ini Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR. Diharapkan, program ini membantu masyarakat kelas menengah ke bawah untuk memiliki rumah subsidi di pusat kota yang dapat menjangkau lebih banyak fasilitas umum untuk keperluan sehari-hari. Program ini juga tentunya dapat dijadikan pertimbangan bagi kaum milenial agar mau membeli rumah walaupun gaji pekerjaan setelah lulus pendidikan tinggi belum terlalu besar. Oleh karena itu, target pembangunannya diperkirakan akan dikalkulasi hingga 10% dari keseluruhan jumlah milenial yang ada di Indonesia saat ini.

Sembari menunggu keluarnya surat keputusan, harga rumah subsidi untuk sementara masih menggunakan harga yang berlaku pada 2018. Adapun angka kenaikan harga rumah subsidi berbeda-beda di setiap daerah. Ada beberapa faktor yang membuat perbedaan harga, di antaranya harga material dan tanah di masing-masing daerah. Diharapkan skema untuk Rumah MBR Plus diharapkan dapat terealisasi tahun ini.

Baca juga: Rumah DP 0 Rupiah, Bagaimanakah Kelanjutan Program Ini Sekarang?

 

Rumah MBR Plus

Copyright © Rukamen

 

Perkembangan Program Ini

Dilansir dari Suara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang mengembangkan proyek kawasan Kota Baru mandiri di Maja, Kabupaten Lebak, Banten. Program ini termasuk ke dalam inisiatif pemerintah dalam mendukung berkembangnya kawasan ekonomi untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Sebanyak 1.000 unit rumah MBR bersubsidi akan dibangun pada tahun 2018 dengan menggunakan skema pembiayaan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Sementara pada tahun 2017, sudah terdapat 10.000 unit rumah, di mana 8.000 unit ditujukan kepada MBR non subsidi. Adapun harga rumah MBR bersubsidi dijual dengan harga Rp 130 Juta.

Fasilitas umum seperti Ecoplaza, Waterpark Pasar Modern, sarana Ibadah dan sekolah sedang berada dalam proses MoU, dan nantinya semua ini akan dikembangkan menjadi fasilitas skala kota.

Termasuk dalam 10 proyek kota baru mandiri yang akan dikembangkan secara bertahap oleh pemerintah, kawasan Kota Baru Maja direncanakan dapat menampung hingga 1,2 juta jiwa saat rampung. Kota lainnya adalah Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, dan Banjarbaru.

Sumber: Kompas.com, Bisnis.com, Suara.com

Baca juga: Tips Investasi Rumah Untuk Kaum Milenial

 

Demikianlah informasi tentang rumah MBR plus dari kami yang bisa Anda jadikan referensi. Bila Anda pada akhirnya memutuskan untuk menginvestasikan properti tersebut dengan menjualnya kembali atau menyewakannya kepada orang lain, jangan lupa untuk selalu menggunakan jasa Saleshack! Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

Desain Kamar Anak

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *