Friday , April 19 2019
Home / Inspiration / Tips / Tips Investasi Rumah Untuk Kaum Milenial

Tips Investasi Rumah Untuk Kaum Milenial

Salah satu instrumen investasi yang paling menjanjikan dan menguntungkan adalah investasi rumah. Selain itu, investasi rumah lebih aman dari emas, saham, atau valuta asing. Karena itulah banyak orang memilih investasi rumah untuk menambah penghasilan. Berikut ini adalah tips bagi milenials agar tidak gagal dalam berinvestasi rumah

Apa tujuanmu dalam berinvestasi rumah?

Anda hendaknya mengawali segala hal yang ingin Anda lakukan dengan niat yang baik. Tentukan tujuan Anda dalam berinvestasi rumah agar bisa terarah menuju hasil yang diinginkan. Jadikan tujuan tersebut juga sebagai pertimbangan saat mulai mengembangkan investasi. Jangka waktu investasi yang ingin Anda lakukan mempengaruhi bentuk properti yang cocok untuk Anda.

Lakukan observasi dengan baik

Salah satu hal yang harus diobservasi dengan esktra hati-hati adalah lokasi. Lokasi adalah hal penting yang harus dipertimbangkan ketika memiliki rumah yang akan dibeli. Apakah lokasi tersebut strategis? Bagaimana rencana pembangunan infrastrukturnya ke depan? Karena merupakan investasi jangka panjang dimana keuntungannya akan dirasakan di kemudian hari, Anda harus rajin-rajin melakukan survei dan observasi seputar properti yang Anda inginkan.

Cek harga dan kualitas rumah

Setelah menemukan lokasi yang pas, cek harga pasaran properti di kawasan tersebut. Jangan terlalu cepat memutuskan akan membeli properti tersebut karena sebagai investor sebaiknya lakukan survei harga yang paling wajar dan cocok dengan harga pasar.

Perhatikan keadaan finansial

Sebelum memutuskan membeli sebuah rumah, perhatikan juga keadaan finansial Anda, cocokkan dengan budget rumah yang cocok. Setelah itu, lakukan perbandingan bunga KPR di bank-bank yang menyediakan fasilitas tersebut yang cocok dengan kemampuan finansial.

Baca juga: Inilah Syarat Mengajukan KPR Wajib Diketahui

Survei juga harga sewa dan biaya perawatan

Karena harga tanah selalu naik, maka harga bangunan di atasnya juga otomatis ikut naik ke harga paling baru. Karena itu, survei harga sewa dan biaya perawatan di sekitar lokasi rumah yang Anda minati. Pastikan juga desain dan perawatan selalu baik agar menjaga nilai investasi tersebut.

Berbeda dengan tanah yang hanya perlu didiamkan, Anda bisa mendapatkan modal kembali dengan cara mengkontrakkan, membuat kos, atau lain-lainnya. Perhatikan juga berapa lama jangka waktu nilai investasi akan kembali.

Bekalkan diri dengan informasi terkini seputar properti

Selalu bekalkan diri dengan informasi terkini seputar persaingan pasar properti agar Anda tetap untung dalam berinvestasi. Anda harus jeli dalam melakukan survei dan pastikan penyewa rumah Anda sesuai dengan yang yang diminati. Jika rumah Anda tidak banyak ada di pasaran, Anda akan lebih banyak kesempatan mendapatkan penyewa.

Dengan tips dan trik di atas, pastinya kaum milenial akan mengetahui cara mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi properti.

Sumber: IDN Times

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Keuntungan Investasi Apartemen

Jangan Ragu, Ini Keuntungan Investasi Apartemen bagi Anda Pemilik Properti

Mungkin Anda dan ribuan penggelut properti lainnya setuju bahwa keuntungan investasi apartemen kebanyakan menggiurkan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *