Monday , January 21 2019
Home / Inspiration / Tips / Keuntungan Berinvestasi Properti Yang Harus Diketahui Pemula

Keuntungan Berinvestasi Properti Yang Harus Diketahui Pemula

Seperti yang sudah diketahui, investasi properti merupakan salah satu instrumen yang banyak dipilih para investor karena dinilai menguntungkan dan minim resiko. Jika dilakukan dengan tepat, investasi properti bisa mendatangkan pengembalian modal yang cepat.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan berinvestasi properti yang harus diketahui bagi pemula yang tertarik ingin investasi properti

Nilai Investasi Selalu Naik

Harga properti cenderung naik dan hampir tidak pernah turun. Ketika terjadi krisis ekonomi, bahkan propertilah yang masih bisa dijual lebih tinggi dari harga beli. Investasi properti tidak akan rugi karena nilainya selalu lebih tinggi dibandingkan tingkat inflasi.

Bisa dibeli dengan kredit

Untuk berinvestasi properti, Anda tidak diwajibkan membayar seluruh harga rumah dengan penuh. Dengan program KPR, ANda bisa membeli properti secara kredit. Dana yang diperlukan paling tidak hanya 20% dari harga properti untuk membayar DP (down payment atau uang muka)

Anda memiliki kendali penuh akan investasi Anda

Berbeda dengan investasi saham, obligasi, reksadana, atau investasi lainnya, Anda bisa memiliki kendali penuh akan properti yang Anda beli dimana Anda bisa menentukan sendiri harga jual yang sesuai dengan kondisi yang ada (berdasarkan harga di sekitar lokasi, keadaan interior dan eksterior rumah, kelengkapan isi rumah, dll).

Nilai jual terus bertambah

Jika kondisi fisik properti yang Anda memiliki dalam keadaan baik dan menarik, maka harga jual bisa terus bertambah. Karena itulah, hanya dengan renovasi kecil saja, Anda bisa mendapatkan harga jual lebih tinggi dari yang sebelumnya.

Mendapatkan pendapatan pasif

Tanpa perlu menjual properti yang Anda beli, Anda tetap bisa mendapatkan pendapatan dengan menyewakan properti Anda. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh pinjaman besar dengan cara refinancing agar bisa membeli properti berikutnya.

Hemat waktu dan tenaga

Dengan cara menyewakan properti atau membuat kos-kosan, Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan tanpa perlu meluangkan waktu dan tenaga dalam mengontrol properti yang Anda miliki

Mudah dijaminkan ke bank

Jika membutuhkan dana segar dari bank, Anda bisa mengajukan permohonan dengan cara menjaminkan properti yang Anda miliki. Properti adalah jaminan utama yang bisa mempermudah pengajuan peminjaman dana karena dinilai sebagai aset yang menguntungkan.

Lebih cepat mengumpulkan aset

Dengan perhitungan yang tepat dan didukung dengan kemampuan keuangan memadai, Anda dapat memiliki beberapa properti sekaligus dengan modal minim. Dengan menggunakan fasilitas KPR, Anda bisa membeli beberapa properti dengan menyediakan dana sebesar 20% saja.

Baca juga: Perawatan Properti Untuk Investasi

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Menjual Tanah agar Cepat Laku

Cari Tahu Cara Menjual Tanah Agar Cepat Laku di Sini

Apa Anda saat ini memiliki sebidang tanah yang ingin Anda jual kepada orang atau pihak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *