Wednesday , November 20 2019
Home / Inspiration / Tips / Perawatan Properti Untuk Investasi

Perawatan Properti Untuk Investasi

Apakah Anda salah satu investor properti yang hobi menyewakan properti Anda untuk mendapatkan uang tambahan? Jika iya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari segi perawatan agar nilainya tetap tinggi setiap tahunnya. Berikut ini adalah jenis perawatan internal dan eksternal berkala yang perlu Anda lakukan pada properti Anda menurut investor properti dan motivator ternama Indonesia, Tung Desem Waringin.

 

Cek saluran air untuk menghindari kebocoran

Saluran air di seluruh ruangan harus dicek secara berkala untuk menghindari kebocoran di kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain. Ganti pipa air dan keran yang rusak dengan yang baru. Pastikan pasokan air teratur dan tangki penyimpanan air dibersihkan agar tidak bocor. Jika pasokan air dari sumur, maka harus dibersihkan secara berkala dan teratur.

 

Periksa jaringan listrik

Lakukan pemeriksaan kelengkapan listrik secara berkala, mulai dari lampu, kabel, dan colokan-colokan listrik. Ganti dan perbaiki jika ada masalah karena gangguan listrik dapat menyebabkan banyak masalah, seperti aktivitas lumpuh hingga kebakaran karena konslet.

 

Mengecek hama

Banyak hama yang bisa ditemukan di rumah dan harus dibasmi, seperti rayap dan tikus. Kedua hama ini dapat menyebabkan kerusakan di bagian rumah, seperti kabel yang rusak dan pintu-pintu, kusen, dan benda-benda lainnya yang terbuat dari kayu menjadi rusak.

 

Jaga keamanan properti

Pelihara pagar, gerbang utama, pintu masuk-pintu masuk atau akses keluar-masuk lainnya agar tidak ada penyusup bisa masuk dengan mudah. Jika Anda mau lebih ekstra hati-hati, jangan lupa untuk mengasuransikan rumah agar terjamin dari segala bentuk kerusakan dari kebaran, bencana alam, huru-hara, banjir, dll.

Rawat taman dan perkarangan

Jika rumah Anda memiliki taman dan perkarangan, maka rumput-rumputnya harus dirawat dengan cara dipangkas secara teratur. Properti yang indah akan menarik penyewa atau pembeli jika ingin dijual kembali sehingga harganya lebih tinggi.

Baca juga: Cara Membersihkan & Merawat Lantai Kayu Solid & Kayu Parket

Sumber: Okezone

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Tips Menghemat Uang Dari Biaya Perbaikan Rumah

Sebagai seorang pemilik rumah, salah satu ketakutan yang umum adalah pengeluaran tidak terduga karena adanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *