Monday , October 15 2018
Home / Guide / Seperti Inilah Perabotan Ramah Anak

Seperti Inilah Perabotan Ramah Anak

Apakah Anda memiliki anak di bawah delapan tahun? Jika ya, maka Anda harus mempelajari perabotan yang aman untuk anak-anak Anda untuk di kamar anak, baik itu perabotan besar maupun aksesoris kecil-kecil. Berikut ini adalah perabotan ramah anak yang bisa meminimalisir bahaya bagi anak, seperti terantuk, terkena pecahan kaca, dll.

 

Pilih bahan yang aman

Anak-anak biasanya aktif dan dinamis, mereka sedang dalam masa pertumubhan sehingga rasa ingin tahu nya sangat besar. Anak kecil akan berlari ke seluruh penjuru ruangan tanpa berpikir akan terjatuh, terantuk, sehingga kesakitan. Karena itu, perabotan di kamar anak sebaiknya tidak terbuat dari kaca, tetapi kayu yang lunak dan hangat.

Tidak tajam

Seluruh perabotan dan aksesoris di kamar anak tidak boleh memiliki sudut atau sendi yang tajam, tetapi memiliki ujung yang bulat. Jika tidak bisa dihindari, lapisi ujungnya dengan pengaman yang banyak dijual di pasaran.

Ringan

Aksesoris-aksesoris yang diletakkan di dalam ruangan anak seperti pajangan-pajangan, frame, jam, kotak penyimpanan, lampu baca, tempat duduk, dll sebaiknya tidak tajam, tidak terbuat dari bahan yang mudah pecah, dan tidak berat. Ini karena anak-anak yang masih serba ingin tahu pasti ingin mengangkat semua barang yang ia temui. Jika barang terlalu berat maka akan melukai anak Anda.

Permukaannya tidak menonjol

Desain dan bentuk pembuka laci atau lemari sebaiknya tidak menonjol agar anak tidak terluka ketika berlari-larian dan terbentur atau menariknya. Bentuk pegangan yang berlubang ke dalam atau tidak memiliki tonjolan sama sekali lebih dianjurkan untuk kamar anak.

Beri pelindung pada stop kontak

Soket, stop kontak, dan kabel-kabel harus rapi, aman, stabil, tidak mengelupas, dan tidak kelebihan beban. Di pasaran banyak dijual stop kontak dan soket yang dilengkapi dengan pelindung sehingga aman jika tersentuh anak-anak.

Gunakan stopper

Agar tidak membahayakan anak, gunakan stopper untuk laci, lemari, dan pintu. Pada laci, jika ditarik anak tidak sampai full tertarik sehingga tidak melukai anak.

Cek semua perabot secara berkala

Untuk memastikan semua perabot dan aksesoris masih tetap ramah anak, lakukan pengecekan secara berkala. Pastikan ranjang tetap kokoh, stop kontak dan kabel tetap aman, engsel pintu lemari dan laci-laci masih berfungsi dengan baik, dll.

Baca juga: Ini Dia Inspirasi Untuk Dekorasi Kamar Anak di Apartemen

Sumber: Housing Estate

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Menciptakan Privasi Pada Kamar Anak Yang Berbagi Ruang

Merancang ruangan untuk adik-kakak yang berbagi ruangan memang agak sulit, tapi MAKEcreative dan Tanguy Le …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *