Saturday , February 22 2020
Home / News / Info / Sektor Properti Indonesia Tahun 2017 Lebih Menggeliat

Sektor Properti Indonesia Tahun 2017 Lebih Menggeliat

Empat tahun belakangan ini, sektor properti memang mengalami perlambatan. Paling parah terjadi pada tahun 2014-2015. Tapi jangan kuatir, pengembang dan pengamat properti lainnya memprediksikan bahwa kondisi ini akan membaik pada tahun 2017.

Tahun 2016 diprediksikan sektor properti akan mengalami kenaikan, namun Theresia Rustandi, Sekertaris PT Intiland Development mengatakan bahwa pertumbuhan harga properti masih di bawah 10% tahun ini. Direktur Marketing Senior Colliers, Bagus Adikusumo juga mengatakan bahwa para investor masih ragu-ragu  membeli properti karena pertumbuhan ekonomi global tidak signifikan sehingga banyak pihak yang melakukan efisiensi

Direktur Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda mengatakan bahwa hal ini karena siklus properti sudah pada titik terbawah dimana tahap selanjutnya adalah naik. “Saat ini saat turning point, dan mulai semester II 2016 keadaannya akan memulih.

Berdasarkan pengamatan Bagus dan riset oleh IPW di 7 kota besar, akhir semester II tahun ini keadaan baru akan membaik. Bagus mengatakan bahwa ini seiring dengan implementasi kebijakan-kebijakan pemerintah yang mempunyai pengaruh positif bagi sektor properti.

Ali juga mengatakan bahwa walaupun secara umum pasar properti belum pulih, kenaikan transaksi adalah sekitar 3,2 persen. Kenaikan ini berkat penjualan segmen menengah bawah permintaannya tetap tinggi. Potensi pasar paling besar di segmen menengah karena sekitar 40% penduduk Indonesia yang berpenghasilan Rp 5-20 juta per bulan.

Oleh karena itu, penurunan permintaan terjadi pada segmen menengah ke atas, bukan menengah ke bawah. Prediksi Ali adalah triwulan ketiga 2016 jumlah unit properti yang terjual bisa naik lagi. Ia menambahkan bahwa paling tidak, menurutnya setelah Maret 2017 properti akan lebih menggeliat.

Sektor-Properti-Indonesia-Tahun-2017-Lebih-Menggeliat-square

Ikuti perkembangan sektor properti Indonesia lainnya di Blog Rukamen

Sumber: Housing Estate, Kontan

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Investasi Real Estate

Bagaimana Melakukan Investasi Real Estate dengan Tepat?

Mulailah rencana investasi di bidang real estate Anda dari saran-saran kami berikut ini!   #1 Identifikasi Tahap …

4 comments

  1. sebelum 2017 investasi properti dari sekarang banget lah yuk biar ngga ketinggalan.

    Buat kalian yang butuh rumah siap huni bisa langsung cek di sini nih http://citragardenbmw.com/citragarden-bmw-tawarkan-rumah-siap-huni/

  2. sudah pasti… pemerintah sedang giat – giatnya mempromosikan wisata indonesia.. properti di daerah wisata akan menjadi primadona 2017

    kunjungi http://keretasorongkiukiu.com/ untuk kereta sorong berkualitas produksi dalam negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *