Thursday , July 2 2020
Home / News / Infrastruktur / Surabaya Akan Memiliki Underpass Pertama

Surabaya Akan Memiliki Underpass Pertama

Kota Surabaya akan memiliki underpass pertama di Jalan Ahmad Yani. Jalanan bawah tanah ini dibangun untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di bundaran Dolog karena lalu lintas silang dari dua arah Sidoarjo ke Jalan Jemursari, Surabaya.

Underpass ini akan memiliki panjang 860 meter dengan kedalaman 8 meter di bawah tanah. Dengan total biaya pembangunan sekitar Ro 273 miliar, proyek dua jalur ini akan dikerjakan selama 30 bulan. Seluruh biaya pembangunan akan bersumber dari APBN.

Pembangunan jalan underpass ini sudah melalui tahap review desain dan direncanakan akan mulai dibangun pada pertengahan tahun 2017. Pembangunan dimulai dari seberang Kantor Dinas Kesehatan Jawa Timur sebelum lampu merah ke arah Jalan Jemursari. Ujung dari underpass ada di depan Jalan Ahmad Yani. Diharapkan underpass  ini akan mengurangi volum kendaraan yang melintas.

Perlu diketahui bahwa rencana awal pemerintah adalah untuk membangun flyover (jembatan layang) untuk mengurangi kemacetan di perlintasan ini, tapi berdasarkan evaluasi Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Kemenpupera, ternyata lebih baik jika dibangun underpass. Anggaran awal Rp 350 miliar akhirnya berkurang menjadi Rp 273 miliar.

Lihat daftar apartemen di Surabaya di situs Rukamen

Sumber: Housing-Estate

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Synthesis Residence Kemang

Pilihan Apartemen Mewah Baru di Kemang, Synthesis Residence Kemang

Bila Anda saat ini sedang mencari tahu soal hunian mewah di Kemang, apalagi yang termasuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *