Wednesday , July 19 2023
Home / News / Info / Tarif Baru dan Mekanisme Pembayaran di Tol Jakarta-Tangerang-Merak

Tarif Baru dan Mekanisme Pembayaran di Tol Jakarta-Tangerang-Merak

Mulai hari Minggu, 9 April 2017 lalu tepat pukul 00.00 WIB, PT Jasa Marga mulai memberlakukan integrasi sistem transaksi pembayaran di tol ruas Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak dan memberhentikan operasional Gerbang Tol (GT) Karang Tengah.

Mekanisme Pembayaran di Tol Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak

Dari arah Merak, pengguna jalan tol yang menggunakan akses keluar di ruas Tol Jakarta-Tangerang pada GT Kebon Jeruk 1, GT Meruya 1, GT Meruya Utara 2, GT Meruya Utara 3, GT Karang Tengah Barat 1, GT Kunciran 1, GT Tangerang 1, GT Karawaci, GT Karawaci 3, dan GT Bitung 1 membayar tarif tol Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa di akses keluar.

Berikutnya, pengguna jalan dari Merak ke Jakarta menggambil Kartu Tanda Masuk elektronik (KTME) di gerbang masuk ruas jalan tol Tangerang-Merak dan mereka akan membayar dua tarif tol sekaligus, yaitu untuk Tol Cikupa-Merak dan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa di GT Cikupa.

Sementara itu, pengguna jalan Tol Jakarta-Tangerang yang berasal dari akses masuk GT Meruya Utara 1, GT Meruya Utara 4, GT Meruya 2, dan GT Kebon Jeruk 2, GT Bitung 2, GT Karawaci 2, GT Karawaci 4, GT Tangerang 2, GT Kunciran 2, GT Karang Tengah Barat 2 akan membayar tarif tol Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa di akses masuk.

Lalu, pengguna jalan Tol Tangerang ke arah Merak akan mengambil KTME di GT Cikupa dan pada akses keluar jalan tol Tangerang-Merak akan membayar dua tarif tol sekaligus, yaitu untuk tarif tol Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa dan tarif tol Cikupa-Merak.

Baca juga: Pekerjaan Pengganti GT Karang Tengah Selesai Mei 2017

Tarif Baru Tol Jakarta-Tangerang-Merak

Integrasi sistem transaksi ini juga pastinya berpengaruh pada tarif tol. Berikut ini adalah tarif untuk ruas jalan tol Jakarta-Tangerang-Merak dari dan ke Segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa:

  • Kendaraan Gol I Rp 7.000
  • Kendaraan Gol II Rp 9.500
  • Kendaraan Gol III Rp 12.000
  • Kendaraan Gol IV Rp 16.000
  • Kendaraan Gol V Rp 20.000

Pihak Jasa Marga menghimbau pengguna jalan untuk menggunakan e-Toll saat melakukan transaksi pembayaran karena pada GT Karang Tengah Barat 1, GT Karang Tengah Barat 2, GT Kunciran 1, dan GT Kunciran 2 akan diberlakukan sistem pembayaran GTO (Gardu Tol Otomatis) 100 persen.

Untuk mengantisipasi antrian yang padat saat pengalihan pengoperasian bertahap gerbang tol paska integrasi, Jasa Marga juga menyiapkan Petugas Jemput Transaksi (PUTTRA), dimana akan ada personil Jasa Marga yang siap membantu pembayaran selain di gardu tol.

Baca juga: Dampak Positif Penghapusan Gerbang Tol Karang Tengah Terhadap Properti Tangerang

Sumber: Kompas

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *