Wednesday , July 12 2023
Home / News / Info / Telah Hadir: AC Khusus Untuk Apartemen Dengan Daya Rendah

Telah Hadir: AC Khusus Untuk Apartemen Dengan Daya Rendah

Bagi Anda yang tinggal di apartemen ukuran kecil, pasti tahu rasanya harus berjuang mematikan dan menyalakan listrik satu-satu agar listrik tidak mati. Rata-rata satu unit apartemen memiliki kapasitas daya listrik 1.300 watt dan banyak orang merasa bahwa daya tersebut kurang mencukupi.

Di satu unit apartemen memiliki banyak alat elektronik yang memakan daya tinggi, seperti AC, kulkas, TV, lampu, dan mesin cuci. Sebagian besar alat elektronik ini juga harus beroperasi selama 24 jam tanpa henti, sehingga sangat susah bagi penghuni apartemen jika harus mematikan salah satunya jika ingin menggunakan alat elektronik lainnya.

Perusahaan elektronik Daikin sudah melakukan survei, dan menurut hasil survei, total daya yang dibutuhkan jika ingin menyalakan secara bersamaan adalah 780 watt (60% dari total kapasitas 1.300 watt) termasuk penggunaan AC. Minimal penghuni apartemen menggunakan dua unit AC, di kamar tidur dan ruang tamu. Masing-masing unit AC menggunakan daya 300 watt untuk dioperasikan. Jika ditotal, maka daya yang dibutuhkan adalah 1.560 watt.

Karena daya tidak cukup itulah, penghuni harus memutuskan, apakah harus mematikan salah satu AC atau elektronik lain untuk bisa menikmati AC tersebut. Karena itulah, Daikin menciptakan produk AC multi split yang dibuat khusus untuk penghuni apartemen kelas menengah dan menengah ke bawah di Indonesia. Produk ini adalah hasil dari survei mendalam selama lebih dari dua tahun dimana hasilnya adalah mayoritas apartemen segmen middle-middle dan middle-low di Indonesia menawarkan ruang balkon yang sempit.

Sumber: Kompas Properti
Sumber: Kompas Properti

Produk Multi-S ini lebih hemat daya karena penghuni bisa menggunakan dua unit indoor AC dengan hanya satu sambungan unit outdoor AC sehinggga daya yang dibutuhkan juga lebih rendah. Selain itu, karena hanya menggunakan satu unit outdoor saja, balkon apartemen juga bisa menjadi lebih luas.

Fitur tambahan yang membuatnya semakin menarik adalah fitur New Low Watt Mode dimana Anda bisa memilih tiga pilihan tingkatan daya yang digunakan pada AC: off, on level 1, dan on level 2.  Jika menggunakan level 2, maka daya yang digunakan 380 watt sedangkan di level 1, daya yang digunakan adalah 650 watt. Pada mode off, tidak ada batasan daya sehingga udara dingin lebih terasa.

Pihak Daikin mengatakan bahwa kehadiran AC Daikin multi split ini karena meningkatnya pasokan apartemen di Indonesia. Berdasarkan survei Daikin, saat ini jumlah apartemen di Indonesia adalah sekitar 136.000 unit dan dalam lima tahun ke depan akan dibangun 250.000 unit apartemen. Dari total 250.000 unit tersebut, sekitar 170.000 unit (65%) adalah apartemen dengan ruangan dan daya listrik terbatas (1.300 watt).

Sumber: Kompas Properti dan Berita Satu

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *