Friday , July 14 2023
Home / Inspiration / Tips / 6 Tips Untuk Kulkas Lebih Hemat Energi!

6 Tips Untuk Kulkas Lebih Hemat Energi!

6 Tips untuk Kulkas Lebih Hemat Energi – Lemari es adalah salah satu barang elektronik yang cukup menghabiskan banyak energi listrik. Oleh karena itu, peralatan satu ini biasanya membuat tagihan listrik membengkak akibat konsumsi energi yang meningkat. Tetapi beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda untuk membuat kulkas Anda lebih hemat energi!

Tips untuk Kulkas Lebih Hemat Energi

6-tips-untuk-kulkas-lebihh-hemat-energi-SQUARE
  1. Hindari penempatan lemari es yang terkena paparan panas

Tips untuk kulkas yang pertama adalah untuk menghindari penempatan lemari es di tempat-tempat yang mudah panas. Lemari es sejatinya harus berada cukup jauh dari benda yang dapat menghasilkan panas seperti kompor, oven, atau microwave. Anda bisa berikan jarak minimal 15 cm dari dinding agar lemari es bisa mendapatkan ruang untuk mengeuarkan udara panas.

  1. Jangan berlama-lama membuka pintu lemari es

Tips untuk kulkas berikutnya adalah dengan tidak membuka pintu lemari es berlama-lama. Ketika pintu lemari es terbuka teralu lama maka akan terjadi lonjakan daya yang digunakan lemari es.

  1. Atur lemari es di suhu ideal

Suhu yang sesuai untuk lemari pendingin adalah di kisaran 2-4 derajat celcius, sedangkan untuk freezer adalah -15 derajat celcius. Semakin dingin temperatur lemari es maka semakin lama kompresor bekerja. Ini artinya konsumsi energi listrik juga semakin besar. Oleh sebab itu, jika tidak terlalu terpakai usahakan agar lemari es diatur pada suhu yang sesuai.

  1. Pastikan makanan yang dimasukkan ke dalam lemari es tidak dalam kondisi panas

Tips untuk kulkas berikutnya adalah dengan tidak memasukkan makanan panas. Konsumsi energi berlebih bisa juga terjadi karena hal tersebut. Pasalnya, makanan yang panas akan menaikkan suhu di dalam kulkas sehingga lemari es harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan ke suhu seperti biasa.

  1. Isi lemari es sesuai dengan muatannya dan jangan biarkan kosong

Penyimpanan yang berlebih akan menutup jalur aliran udara dingin dan akan mengganggu sirkulasi udara. Pada akhirnya lemari es akan bekerja lebih berat lagi untuk mencapai suhu yang telah diatur sebelumnya. Sebaliknya, jangan pula biarkan lemari kosong karena pada saat kosong, lemari es akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Maka dari itu, maksimalkan penggunaan lemari es dengan cara tidak memuat barang secara berlebihan atau membuatnya kosong.

  1. Susun isi lemari es dengan teratur

Upaya ini dapat menghindari Anda berlama-lama untuk membuka lemari es akibat isinya yang berantakan. Selain itu, jika dalam keadaan ingin meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, sebaiknya matikan lemari es. Untuk mencegah terbentuknya jamur di dalam lemari es, keluarkan dulu semua isinya.

Source: pinterest.com

Demikianlah tips untuk kulkas berikutnya yang dapat menjadi panduan Anda. Jika Anda ingin menyewakan atau menjual properti Anda tersebut, Anda dapat menaruh listing properti Anda dengan Saleshack yang telah jelas kredibilitas dan reputasinya. Seperti biasa, selalu gunakan jasa Saleshack untuk mempermudah effort Anda di sini. Saleshack adalah jasa mengiklankan dan memasarkan properti yang murah dan efisien. Dengan Saleshack, properti Anda ditayangkan di 15 online channels yang dapat menjangkau lebih banyak calon tenan, semuanya hanya dengan harga IDR 399,000.00/net.

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *