Saturday , July 15 2023
Home / News / Info / Terminal Terbesar Se-Asia Tenggara Resmi Beroperasi di Jakarta Timur

Terminal Terbesar Se-Asia Tenggara Resmi Beroperasi di Jakarta Timur

Terminal Terpadu Tipe A Pulogebang telah diresmikan oleh Kementrian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada hari rabu tanggal 28 Desember lalu. Terminal ini merupakan terminal terbesar di Asia Tenggara dan berada di atas lahan seluas 12,6 hektar dan luas bangunan 5,4 hektar.

Terminal ini terbagi menjadi empat bangunan utama dengan fungsi yang berbeda-beda. Bangunan A sebagai tempat istirahat awak bus, Bangunan B untuk ruang tunggu dan keberangkatan penumpang, Bangunan C untuk kedatangan bus AKAP, terminal bus dalam kota dan kantor pengelola, Bangunan D adalah sebagai halte Transjakarta.

Karena luas dan memiliki banyak gedung, penumpang bus mengaku kebingungan akan alur naik ke atas bus. Ini karena halte bus feeder Transjakarta di bangunan C, sementara keberangkatan penumpang di bangunan B. Sekarang ini penumpang juga diwajibkan membeli tiket sesuai tujuan bus sebelum diperbolehkan masuk ke bangunan B tempat keberangkatan bus.

Pembangunan terlambat 11 tahun, butuh penyesuaian

Terminal Pulogebang di Jakarta Timur ini telah dirancang sejak tahun 2001, tetapi pembangunannya baru selesai 11 tahun kemudian, yaitu tahun 2012. Dengan pengorperasian baru berlangsung enam bulan terakhir, memang operasional terminal ini perlu proses penyesuaian.

Arsitek Paul Tanung Tan mengatakan bahwa hal ini disebabkan karena waktu perencanaan terminal hanya ada 235 operator bus, sementara sekarang ini sudah ada 1.800 operator bus. Selain itu pengelolaan penumpang juga diperlukan karena jumlahnya jauh lebih banyak dibanding saat perencanaan 14 tahun lalu. Karena itulah Manajemen di bawah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta harus dibenahi.

Hal lain yang harus dibenahi adalah larangan untuk merokok dan pengelolaan pedagang karena jika ada kebakaran atau aktivitas pedagang tidak dikontrol, maka tanggung jawab ada di pengelola dan Dishub akan ikutan kewalahan. Pengelola diharapkan bisa mencari solusi dan tindakan tepat tentang cara evakuasi penumpang dalam keadaan darurat.

Diharapkan menjadi contoh bagi terminal lain

Terminal yang disebut sebagai terminal terbesar di Asia Tenggara ini diharapkan akan menjadi contoh bagi terminal lain. Karena itulah diharapkan terminal Pulogebang selalu dijaga kebersihannya, baik dari segi kamar mandi umum, tempat ibadah, ruko, pembuangan sampah, dll.

image

Ikuti berita seputar perkembangan infrastruktur di Indonesia lainnya hanya di Blog Rukamen

Sumber: Warta Kota dan Kompas Properti

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *