Friday , July 14 2023
Home / Inspiration / Tips Aman Meninggalkan Tempat Tinggal Saat Liburan
tips aman meninggalkan tempat tinggal saat lliburan

Tips Aman Meninggalkan Tempat Tinggal Saat Liburan

Tips Aman Meninggalkan Tempat Tinggal Saat Liburan

Menjelang Tahun Baru, pasti banyak dari Anda yang meninggalkan rumah atau apartemen untuk liburan maupun pulang ke kampung halaman.

Namun, tak jarang selama liburan, Anda dibuat was-was karena memikirkan rumah atau apartemen yang Anda tinggalkan tersebut dalam keadaan kosong selama liburan.

Rumah atau apartemen yang kosong, tidak jarang menjadi incaran maling di saat ditinggal penghuninya saat berlibur atau pulang kampung. Berbagai upaya wajib dilakukan demi mengurangi risiko kecurian atau kerugian yang besar. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat Anda meninggalkan rumah atau apartemen dalam keadaan kosong dalam jangka waktu yang cukup lama.

Daripada tidak tenang, jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan rumah atau apartemen Anda. Sudahkah Anda mempersiapkan semuanya? Ini dia 5 tips aman Meninggalkan tempat tinggal saat liburan.

  • Kunci Semua Pintu dan Jendela

2

Hal yang paling penting dilakukan adalah mengunci seluruh pintu dan jendela rumah atau apartemen Anda terlebih dahulu. Bila perlu, pasang keamanan tambahan seperti gembok ber-alarm pada pagar dan pintu-pintu tersebut. Gembok ber-alarm nantinya akan bunyi jika dibuka secara paksa.

Ketika meninggalkan rumah atau apartemen saat mudik, hindari juga menyimpan kunci-kunci di tempat-tempat yang terjangkau oleh pencuri seperti di bawah pot atau keset.

  • Mencabut Aliran Listrik, Gas dan PAM

Sebelum mengunci pintu, ada baiknya jika Anda juga mencabut seluruh aliran listrik dan gas di dalam rumah.

Jangan lupa untuk mencabut kabel dari stop kontak agar tidak terjadi konslet dan mencegah terjadinya pembengkakan tagihan listrik.

Setelah itu, cabut selang regulator dari tabung gas dan kompor. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kebakaran.

Untuk aliran air, matikan juga keran air dan seluruh saluran PAM di rumah agar tidak terjadi kebocoran dan banjir saat rumah ditinggalkan.

3

  • Jangan Menunjukan Kalau Tempat Tinggal Sedang Kosong

Selanjutnya, jangan menunjukan bahwa rumah atau apartemen Anda sedang dalam keadaan kosong. Seperti misalnya, nyalakan beberapa lampu di rumah agar rumah tetap terang. Rumah yang terlihat selalu gelap akan memancing pencuri untuk mendekati rumah atau apartemen Anda tersebut.

Selanjutnya, simpan sandal atau sepatu di depan rumah agar rumah terihat sedang berpenghuni dan tidak kosong. Hal ini akan mengecohkan pencuri yang ingin mencoba masuk.

  • Titipkan Tempat Tinggal ke Tetangga Kepercayaan atau RT/RW Setempat

4

Jangan lupa juga untuk menitipkan rumah Anda ke tetangga kepercayaan dan laporkan ke RT/RW setempat atau ke petugas keamanan di sekitar rumah bahwa Anda dan keluarga akan mudik dan meninggalkan rumah untuk beberapa hari.

Tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan kepada orang-orang di sekitar rumah Anda yang Anda percaya. Tentunya jangan lupa juga berikan kontak Anda yang bisa dihubungi apabila terjadi hal-hal yang darurat.

Bagi Anda yang tinggal di apartemen, jangan lupa juga, sebelum meninggalkan apartemen, ada baiknya Anda menghubungi pihak pengelola apartemen untuk memberitahukan bahwa Anda akan meninggalkan apartemen Anda untuk beberapa hari. Infokan juga nomor telepon Anda yang bisa dihubungi untuk jaga-jaga jika ada sesuatu hal yang penting.

  • Jangan Banyak Mengumbar di Social Media

Tips aman meninggalkan tempat tinggal yang terakhir, jangan banyak mengumbar di social media bahwa Anda sedang meninggalkan rumah atau apartemen Anda saat liburan. Kenapa? Sebab setiap detail yang Anda umbar adalah bersifat publik dan bisa dilihat oleh siapa saja.

Apabila terbaca oleh orang yang berniat jahat atau ingin mencuri, tentunya rumah atau apartemen Anda akan menjadi target kejahatan orang-orang jahat tersebut. Anda tidak mau kan keamanan rumah Anda menjadi terancam karena informasi yang Anda umbar sendiri di social media?

Lebih baik banyak berdoa demi kelancaran dan keselamatan selama di perjalanan dan cek kembali hal-hal yang harus disiapkan selama akan meninggalkan rumah atau apartemen beberapa hari saat liburan.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlindungan dan keamanan untuk diri sendiri dan keluarga. Anda dapat memanfaatkan asuransi perjalanan agar perjalanan mudik Anda lebih aman, nyaman dan terlindungi.

Itulah 5 tips aman meninggalkan tempat tinggal saat liburan. Selamat berlibur dan semoga selamat sampai tujuan.

tips aman meninggalkan tempat tinggal saat liburan

About fadhil

Check Also

Makanan Ramadhan Sehat

Inilah Makanan Ramadhan Sehat yang Perlu Anda Terapkan

Makanan Ramadhan sehat – Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *