Friday , May 29 2020
Home / Guide / Tips Berbagi Tugas di Dalam Rumah

Tips Berbagi Tugas di Dalam Rumah

Tinggal di apartemen berarti Anda dan seluruh keluarga harus bekerja sama dalam menjaga kebersihan dan kerapihan rumah. Bagi Anda yang sudah memiliki anak, sudah pasti hal ini bukanlah hal yang mudah.

Karena itu, ikutilah tips membagi tugas di dalam rumah ke seluruh keluarga.

Pastikan kegiatan membersihkan menjadi seru, bukan beban
Jika anak-anak atau suami/istri merasakan kegiatan membersihkan rumah menjadi beban, maka anggota keluarga hanya akan mengerjakannya tidak dengan sepenuh hati.

Buat jadwal
Membuat jadwal pekerjaan rumah setiap hari nya merupakan hal yang adil dan mudah yang bisa dilakukan untuk mengajak seluruh keluarga turut membantu menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Karena itu, cobalah membuat jadwal masing-masing anggota keluarga yang adil. Pekerjaan yang bisa dibagi adalah: menyapu dan mengepel lantai, mencuci piring, membersihkan toilet, dll.

Atur ‘hari bersih-bersih rumah’
Atur satu hari dalam sebulam dimana Anda dan keluarga secara bersama-sama membersihkan seluruh isi rumah. Ini merupakan cara mudah untuk menjaga kedekatan dalam keluarga sembari menjaga kebersihan rumah dan mengajarkan kepada anak-anak tentang tanggung jawab.

Siapkan ‘hadiah’
Hadiah bukan berarti barang saja, tapi sekedar tanda apresiasi verbal atau secara action, seperti misalnya memasak makanan favorit, dll.

Beri pengertian
Sesuaikan semua jadwal yang berhubungan dengan membersihkan rumah tidak mengganggu jadwal sekolah anak-anak atau pekerjaan suami/istri Anda. Contoh, jika salah satu anak Anda memiliki tugas, jangan paksakan anak Anda untuk membersihkan rumah, biarkan dia belajar dan jadwal membersihkan rumah bisa diganti ke adik/kakaknya.

Tips-Berbagi-Tugas-di-Dalam-Rumah-square

Baca tips seputar bersih-bersih apartemen lainnya, baca Blog Rukamen.

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *