Saturday , July 15 2023
Home / Inspiration / Tips / Tips Menggelar Open House di Apartemen Sempit

Tips Menggelar Open House di Apartemen Sempit

Apakah Anda tinggal di apartemen dan berencana ingin melakukan open house di Hari Raya Idul Fitri nanti? Ya, ritual Lebaran ini memang ritual yang paling ditunggu-tunggu karena merupakan kesempatan untuk beramah tamah dan bermaaf-maafan dengan sanak saudara dan kerabat tercinta.

Sebagai tuan rumah, tentunya tugas Anda adalah membuat tamu-tamu merasa nyaman. Jangan bingung jika luas rumah atau apartemen Anda tidak memadai untuk open house, berikut ini adalah trik bagi Anda yang ingin mengadakan open house di rumah luas terbatas.

  • Ubah tata letak ruangan

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur kembali posisi-posisi furnitur di ruangan yang akan digunakan untuk menjamu tamu. Geser sofa-sofa dan meja merapat ke salah satu sudut ruangan dan ciptakan area lapang di tengah-tengah ruangan.

  • Gelar karpet

    Agar lebih banyak orang bisa duduk, gunakan karpet yang diletakkan di tengah-tengah ruangan. Gunakan bagian pinggir-pinggir ruangan untuk meletakkan makanan

  • Siapkan kursi lipat cadangan

    Jika Anda akhirnya kebanjiran tamu sehingga kapasitasnya melebihi kapasitas rumah Anda, maka sediakan kursi lipat agar tamu-tamu bisa tetap menyantap hidangan dan beramah-tamah. Jika memiliki teras, gunakan teras untuk area duduk tambahan. Jika tidak, gunakan area depan unit apartemen atau rumah.

  • Manfaatkan ruang lain

    Jika tamu sudah terlalu banyak, pindahkan tamu-tamu yang merupakan keluarga atau teman-teman dekat yang bisa membawa makanan ke ruangan lain. Jika tidak ada ruangan lain, maka gunakan ruang tidur bagi tamu-tamu yang telah selesai makan dan hendak bercengkrama dengan tamu lain.

  • Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan

    Sementara saat open house, singkirkan barang-barang yang tidak digunakan yang dapat memakan tempat dan membuat ruangan semakin sempit. Barang-barang ini seperti vas, patung-patung dekorasi, pernak-pernik dari kaca, dll.

  • Hindari dekorasi terlalu ramai

    Gunakan area dinding, jendela, dan pintu untuk mendekorasi unit apartemen. Usahakan untuk tidak menggunakan dekorasi standing yang akan memakan ruang lantai.

  • Buat jadwal tamu

    Jika memungkinkan, lakukan open house selama dua hari. Undang tamu berdasarkan grup tertentu pada jam tertentu dan grup berbeda pada hari dan jam berbeda. Berikan pengertian kepada tamu bahwa ruangan tidak memungkinkan untuk menampung seluruh tamu. Tapi, Anda juga harus fleksibel dalam menerima tamu-tamu yang hanya bisa datang pada jam tertentu.

Baca juga: Tips Merawat Furnitur Kayu Lebih Mengkilap Sebelum Lebaran

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Cara Memaksimalkan Ruangan di Apartemen Studio

Cara Memaksimalkan Ruangan Anda di Apartemen Studio

Jika saat ini Anda tinggal di sebuah apartemen studio atau sejenis yang berukuran mungil, maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *