Saturday , July 15 2023
Home / Inspiration / Tips Menjamu Tamu Ala Kate Middleton Untuk Pesta Tahun Baru

Tips Menjamu Tamu Ala Kate Middleton Untuk Pesta Tahun Baru

Walaupun telah menjadi seorang bangsawan, Kate Middleton tidak pernah lupa untuk mengikuti etika ketika menjamu tamu di rumah. Kate Middleton dikenal sebagai sebuah penjamu yang baik – ia suka masak dan selalu secara pribadi melayani tamu-tamu nya. Myka Meier, pendiri Beaumont Etiquette, memberikan tips menjamu tamu dan peraturan-peraturan yang diikuti oleh bangsawan seperti Kate Middleton. Tips ini cocok untuk Anda yang akan menjamu tamu saat pesta tahun baru nanti.

Kirim undangan formal ke tamu

Ketika ingin menjamu tamu, Anda harus mengirimkan undangan. Di era digital ini, Anda tidak perlu mengirimkan undangan yang dicetak dan dikirim ke rumah masing-masing. Bahkan, Kate Middleton menggunakan jasa desain undangan digital dari situs Paperless Post. Jangan lupa menyertakan jam mulai dan selesai pesta agar tamu tidak meninggalkan pesta terlalu malam.

Persiapkan semuanya jauh-jauh hari

Sebagai seorang bangsawan, Kate menyiapkan pesta jauh-jauh hari agar tidak perlu menghabiskan seharian pada hari H. Sehari sebelum acara, tata meja-meja dan masak makanan yang bisa dimasak dulu. Pastikan Anda sudah rileks ketika sudah waktunya menjamu tamu.

Persiapkan meja dengan setting yang formal

Coba terapkan semua yang Anda pelajari tentang tatanan meja formal. Pastikan seluruh peralatan makan diletakkan paling tidak empat sentimeter dari ujung meja.

Sambut tamu dengan ciuman di pipi dan disertai dengan salaman

Seperti adat lokal yang diikuti Kate, ia juga menyambut tamu dengan ciuman di pipi (dari pipi kanan ke pipi kiri) dan jabatan tangan yang erat.

Siapkan satu makanan pembuka untuk tiga tamu

Perbandingan yang tepat untuk makanan pembuka adalah satu untuk setiap tiga tamu. Jika Anda memiliki sembilan tamu, maka Anda harus menyiapkan tiga jenis makanan pembuka yang berbeda. Pastikan untuk menyiapkan makanan vegetarian, serta pilih makanan yang kecil dan bisa habis dalam satu lahapan. Jangan lupa untuk melengkapi tamu dengan tissue dan tusuk gigi untuk makanan berminyak.

Perkenalkan tamu dengan cepat

Sebagai penjamu tamu, salah satu tugas Anda adalah untuk memastikan semua tamu saling berinteraksi. Cari tahu kesamaan antara kedua tamu, sampaikan ke masing-masing orang, lalu pindah ke tamu yang lain. Pastikan semua perkenalan sudah selesai sebelum acara makan dimulai.

Bawa tas di tangan, bukan di bawah ketiak

Membawa tas pesta memang sedikit lebih sulit bagi perempuan, karena itu banyak perempuan yang meletakkan tas di bawah ketiak. Menurut Meier, jika ingin salaman dengan orang lain, pastikan tas ada di tangan yang satu lagi, bukan di ketiak.

Ikuti cara duduk seorang Puteri

gallery-1482344817-ghk-web-duchesssit

Cara duduk seorang bangsawan yang elegan adalah menjaga postur tubuh agar selalu tegak dengan jarak rubuh dengan sandaran kursi sebesar telur, dan dagu paralel dengan latai. Pastikan hak sepatu selalu di lantai, bahkan ketika kaki disilangkan gaya “Cambridge Cross” (kaki yang sedikit ditekuk dengan efek zig zag) agar rok Anda tidak ‘kemana-mana’.

Pegang gelas wine di bagian bawah

Agar tidak membuat cairan wine menjadi hangat, pastikan hanya menuangkan wine di bagian bawah gelas yang paling lebar. Jika Anda menggunakan lipstik, pastikan selalu minum di bagian yang sama agar tidak menciptakan “lingkaran lipstik” di sekitar bibir gelas.

Lipat serbet menjadi dua dengan kerutan menghadap Anda

Jangan letakkan serbet di atas paha sebelum penjamu melakukannya saat ia duduk. Ketika Anda harus membersihkan tangan atau bibir, gunakan bagian dalam dari serbet agar kotoran tidak mengotori pakaian Anda.

Ambil tiga gigitan, lalu berhenti

Seorang bangsawan biasanya hanya mengambil tiga gigitan makanan (maksimal empat), lalu meletakkan sendok garpu. Untuk sup, seorang bangsawan selalu menyendoknya ke arah berlawanan darinya.

Gunakan pisau di tangan kanan dan garpu di kiri

Ketika sedang digunakan, pisau dan garpu diletakkan secara diagonal dengan bentuk jam 4:20 dan mata pisau ke arah dalam.

Tidak perlu mengumumkan ketika harus ke toilet

Cukup mengatakan permisi, lalu lipat serbet di atas meja ketika beranjak berdiri.

Pastikan toilet tamu bersih dan harum

Pastikan toilet tamu sudah bersih dan harum. Gunakan sabun dengan wangi kesukaan dan sediakan juga krim tangan.

Pegang cangkir teh dan cangkir kopi dengan benar

gallery-1482344893-ghk-web-coffeetea

Berikut ini adalah cara memegang cangkir teh dan kopi yang benar.

Jangan biarkan tamu mencuci piring kotor

Tamu yang baik seharusnya menawarkan untuk mencuci piring kotor, tetapi penjamu yang baik tidak boleh menerima tawaran tersebut. Tujuan seorang tamu adalah memastikan tamu merasa rileks dan selalu dibantu.

Tips-Menjamu-Tamu-Ala-Kate-Middleton-Untuk-Pesta-Tahun-Baru-square

Baca tips lainnya di Blog Rukamen

Sumber: Good Housekeeping

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Makanan Ramadhan Sehat

Inilah Makanan Ramadhan Sehat yang Perlu Anda Terapkan

Makanan Ramadhan sehat – Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *