Friday , July 14 2023
Home / News / Info / Transportasi Umum Jakarta Tidak Kalah Di Banding LA

Transportasi Umum Jakarta Tidak Kalah Di Banding LA

Setiap Kota Metropolitan itu unik dan memiliki kelebihan & permasalahan yang bermacam-macam.  Misalnya seperti Jakarta yang memiliki permasalahan Kemacetan yang tiada habisnya.

Permasalahan klasik kota Jakarta adalah waktu habis di jalan, mengganti angkutan yang dikarenakan kemacetan.  Ternyata ini bukan masalah hanya untuk kota Jakarta, tapi juga beberapa Kota besar di Dunia. Transportasi Publik menjadi alasan mengapa kemacetan di Kota besar bisa terjadi.

Meskipun begitu, untuk yang mengeluh akan Jakarta dengan semua kemacetannya, Jakarta tidak seburuk yang anda bayangkan. Ternyata kota Los Angeles dan Washington D.C di Amerika Serikat berada di peringkat lebih rendah dibanding Jakarta dalam hal People Near Transit (PNT).

Indeks PNT adalah indikator kualitas ketersediaan angkuatan umum di sebuah kota berdasarkan persentase warga yang dapat menjangkau layanan angkutan massal. Sebuah studi dari Insitute for Transportation and Development Policy (ITDP, New York) dan berdasarkan indeks PNT, Persentase kemudahan dinilai dari jarak rumah menuju halte atau stasiun angkutan massal, dalam 10-15 menit berjalan kaki.

 

Dalam penelitian tersebut, Jakarta di peringkat ke-22 dalam kemudahannya mengakses angkutan massal dengan jarak dekat, dengan 44%. Peringkat Jakarta jauh berada di atas kota besar di Amerika seperti Washington D.C. dan Los Angeles yang berada di peringkat 49 dan 51.

 

Berikut adalah infografik yang lebih lengkap mengenai People Near Transit.

jakarta

Sumber – Beritagar.id

 

Transportasi-umu-jakarta-tidak-kalah-dengan-LA-square

Untuk informasi lebih lanjut mengenai transportasi umum di Jakarta silahkan klik disini.

Untuk daftar apartemen yang berada di sekitar jalur MRT, klik disini.

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *