Thursday , July 2 2020
Home / News / Info / Transportforjakarta, Satu Peta Untuk Semua Pilihan Transportasi Publik

Transportforjakarta, Satu Peta Untuk Semua Pilihan Transportasi Publik

Apakah Anda pengendara transportasi publik? Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ) baru saja merilis peta jaringan transportasi umum masal Jakarta bernama @TransportforJakarta secara resmi hari Kamis, 18 Oktober 2017.

Peta jaringan transportasi umum masal ini memiliki informasi transportasi publik yang bisa digunakan dari dan ke daerah sekitar Jakarta, yaitu Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Inisiator FDTJ, Fagra Hanif, mengatakan bahwa peta jaringan ini sebagai perwujudan pemberian informasi yang akurat kepada masyarakat dan sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat luas untuk mengenal, merasakan, dan menjadi bagian dari transportasi publik ibukota.

Gabungan dari berbagai macam moda transportasi

Peta jaringan ini merupakan gabungan dari peta berbagai macam moda transportasi massal yang telah dan akan beroperasi, yaitu Peta Transjakarta, Peta Kereta Commuter line Indonesia, Peta Jaringan Kereta Jarak Jauh (wilayah Jabodetabek), hingga peta Transportasi berbasis rel di kawasan Bandara.

Peta ini merupakan peta pertama yang menggabungkan lebih dari 150 rute bus Transjakarta, 7 jaringan kereta Commuter Line, dan moda transportasi publik lainnya (seperti Kereta Api jarak jauh dan angkutan lingkungan terintegrasi Transjakarta.

Ke depannya, FDTJ berencana akan memasukkan juga ino=formasi rute dan pemberhentian moda transportasi LRT (light rail transit) dan MRT (mass rapid transit).

FDTJ akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi setelah merilis peta. Hal ini dikarenakan transportasi publik massal, terutama berbasis jalan, merupakan hal yang dinamis dan terus berubah-rubah.

Terdapat fitur baru yang belum ada di peta Transportforjakarta sebelumnya

Pada peta @Transportforjakarta baru ini terdapat beberapa fitur baru yang bertujuan memperjelas informasi rute atau pemberhentian, serta lingkungan sekitar.

Fitur tersebut di antaranya:

  1. Tampilan dengan warna yang lebih halus, dan memanjakan mata jika dilihat lebih lama.
  2. Rute hari kerja, rute hari libur, perpendekan rute pada saat car free day (CFD) dan rute waktu khusus.
  3. Jalur kereta Commuter Line lengkap dengan pola integrasinya dengan stasiun bus rapid transit (BRT) Transjakarta terdekat.
  4. Informasi perpindahan moda dengan berjalan kaki lengkap dengan prediksi waktu tempuh yang dilengkapi dengan landmark seperti taman kota, waduk, dan landasan pacu bandara.
  5. Transportasi berbasis rel skytrain dari/ke serta di bandara.
  6. Notasi pemberhentian bus yang lebih detail dan mudah untuk dimengerti.
  7. Metode pencarian dengan bantuan grid, membantu pembaca peta untuk mempercepat pencarian pemberhentian awal atau akhir rute.

Semoga peta ini bisa menjadi titik awal warga Jabodetabek dalam mendapatkan info tentang rute terperinci dan mudah dipahami sehingga warga bisa memutuskan untuk menggunakan transportasi publik dalam beraktivitas sehari-hari.

Untuk mendapatkan peta jaringan ini, Anda bisa mengunduhnya di @TransportforJakarta

Baca juga: Daftar Gedung yang Terhubung dengan Stasiun MRT Jakarta

Sumber: Kompas Properti

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Resesi Ekonomi

Mungkinkah Resesi Ekonomi Lebih Mematikan Daripada COVID-19 itu Sendiri?

Seberapa mematikan resesi ekonomi yang diinduksi coronavirus? Satu studi baru-baru ini menunjukkan perlambatan ekonomi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *